9 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet, Tetap Sehat dan Enak!

Hidup Sehat | 18 April 2022

Bagikan:

9 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet, Tetap Sehat dan Enak!

Selama ini, masyarakat Indonesia sudah akrab dengan nasi sebagai salah satu makanan pokok sehari-hari. Namun sebenarnya, ada banyak alternatif makanan pengganti nasi putih yang juga bisa Anda konsumsi guna memenuhi kebutuhan karbohidrat harian, terutama saat menjalani diet atau karena alasan lain untuk menjaga kesehatan.

Aneka makanan pengganti nasi putih pun sebenarnya mudah ditemukan, lho! Apa saja? Cari tahu pilihan selengkapnya dalam artikel berikut ini. Check it out!

9 Makanan Pengganti Nasi

Beberapa rekomendasi makanan pengganti nasi putih yang bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat, di antaranya yaitu:

1. Nasi merah

Tahukah Anda, nasi merah sebenarnya mengandung serat yang lebih tinggi daripada nasi putih, lho! Diketahui, per 100 gram nasi merah dapat menyediakan sekitar 0,7 gram serat. Sementara per 100 gram nasi putih hanya mengandung sebanyak 0,4 gram serat [1].

Selain itu, nasi merah juga merupakan kelompok karbohidrat kompleks. Itu artinya, nasi merah dapat dicerna lebih lama sehingga membuat Anda tidak mudah lapar. Sangat cocok dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung, bukan?

2. Shirataki

Kemudian ada shirataki yang juga bisa Anda manfaatkan sebagai makanan pengganti nasi untuk diet. Mengapa demikian? Sebab sebagian besar komposisi shirataki terdiri dari air, sehingga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Sebagai tambahan, shirataki terbuat dari glucomannan, yaitu sejenis serat yang diperoleh dari akar tanaman konnyaku [2]. Olahan shirataki sendiri umumnya tersedia dalam bentuk kemasan berupa mie ataupun nasi.

3. Roti gandum utuh

Roti gandum termasuk salah satu makanan tinggi serat yang juga bisa dijadikan sebagai pengganti nasi putih. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab sepotong roti gandum yang setara dengan 46 gram diketahui mengandung serat sebanyak 4 gram [1].

Di samping itu, roti gandum juga mempunyai indeks glikemik lebih rendah daripada nasi putih yang mampu membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu mengontrol kadar gula dalam tubuh [2]. Jadi, tak mengherankan bukan bila roti gandum termasuk makanan pengganti nasi untuk penderita diabetes yang disarankan?

Baca juga: Ini Cara Menurunkan Gula Darah dengan Air Putih Secara Alami

4. Nasi beras coklat

Nasi beras coklat adalah makanan pengganti nasi putih yang disukai oleh banyak orang akibat kandungan magnesiumnya cukup tinggi, dimana hal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, otot, jantung, dan otak. Perlu diketahui nasi beras coklat termasuk karbohidrat kompleks sehingga cocok dijadikan pilihan menu untuk diet.

5. Oat

Dilansir dari Healthline, oat merupakan biji-bijian paling sehat karena kandungan mineral, vitamin, dan antioksidannya yang cukup tinggi [3]. Diketahui, oat termasuk salah satu sumber riboflavin atau vitamin B12 sehingga baik untuk mendukung proses pengubahan karbohidrat menjadi energi sekaligus membantu sel darah merah dan pertumbuhan.

6. Kentang

Di balik rasanya yang enak, kentang ternyata juga cocok lho untuk dijadikan sebagai makanan pengganti nasi untuk diet, karena kalorinya cukup rendah. Selain itu, indeks glikemiknya pun juga tak setinggi nasi putih sehingga sangat membantu untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Nah agar manfaat makanan pengganti nasi untuk penderita asam lambung ini semakin maksimal, cobalah olahan kentang rebus, kukus, ataupun panggang tanpa tambahan minyak atau keju yang berlebihan. Bagaimana, tertarik mencobanya?

7. Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan pengganti nasi yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Di balik itu, jagung ternyata juga kaya akan berbagai vitamin lho! Diketahui, 100 gram jagung mengandung berbagai jenis vitamin B seperti vitamin B1, B3, B5, dan B9 [1].

Tak hanya itu, jagung juga menyediakan magnesium, fosfor, serat, dan juga vitamin C yang tentunya baik untuk tubuh. Bahkan kandungan serat dalam jagung pun lebih tinggi bila dibandingkan dengan nasi putih sehingga dapat membantu untuk menurunkan kolesterol.

8. Ubi jalar

Selain termasuk makanan pengganti nasi putih, ubi jalar juga termasuk salah satu pilihan asupan yang kaya akan beta karoten, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, dan kalium. Alhasil, ubi jalar pun dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan usus, mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL), mencegah kerusakan sel, dan meningkatkan fungsi otak.

Baca juga: 14 Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Secara Alami

9. Singkong

Mudah ditemukan, makanan pengganti nasi dari singkong adalah sejenis tanaman umbi beragam nutrisi seperti protein, serat, vitamin B, vitamin C, kalium, magnesium, selenium, dan zat besi. Beberapa contoh makanan pengganti nasi dari singkong adalah tapai, cenil, peuyeum, getuk, iwel-iwel, hingga brownies.

Itulah 9 makanan pengganti nasi putih yang bisa Anda coba. Mengetahui aneka sumber karbohidrat selain nasi, akan sangat membantu Anda untuk membuat menu makanan sehari-hari semakin berwarna. Selain itu, pastikan untuk mengonsumsi AQUA, satu-satunya air mineral berkualitas yang telah terjaga kemurniannya selama lebih dari 45 tahun.

Apalagi saat Anda ingin melakukan diet, air putih merupakan satu elemen penting dalam diet. Minum air putih sebelum makan berfungsi untuk menjaga nafsu makan, dan melancarkan sistem pencernaan. Minumlah AQUA 30 menit sebelum makan untuk merasakan manfaatnya.

Sebagai catatan, air mineral berkualitas dapat membantu melindungi tubuh tetap sehat. Di samping itu, kandungan magnesium dalam air mineral juga akan menarik air ke dalam rongga usus, sehingga membuat proses pencernaan dalam tubuh semakin lancar dan maksimal. Jadi, jangan lupa minum #AQUADULU ya setelah makan asupan pengganti nasi di atas!

Referensi:

  1. Data Komposisi Pangan Indonesia - Buka
  2. 11 Healthy Alternatives to Rice - Buka
  3. 12 High Carb Foods That Are Incredibly Healthy - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.