Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

10 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas

Kebaikan AirHidup Sehat | 08 Oktober 2021
10 Makanan Sehat untuk Tingkatkan Imunitas

Saat ini, Pemerintah memperbolehkan kita untuk kembali beraktivitas diluar rumah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan 5M. Sangat dianjurkan kita juga membekali diri kita dengan tetap menjaga kondisi tubuh terutama sistem imun selama kembali beraktivitas.

Sistem imun bisa diartikan secara sederhana sebagai sistem kerja tubuh untuk melawan penyakit. Sistem yang terdiri dari organ, sel, dan jaringan lainnya secara bersamaan melakukan perlawanan terhadap zat asing (patogen) seperti virus dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi atau penyakit.

Oleh karena itu, sistem daya tahan tubuh harus dijaga agar terhindar dari virus menular atau penyakit lainnya. Salah satu cara yang mudah dilakukan dalam menjaga daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan sehat dengan gizi yang seimbang.

Makanan apa yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

Makanan yang sehat dengan gizi seimbang memainkan peran penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan tetap sehat. Berikut makanan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh:

1. Blueberry

Blueberry mengandung sebuah zat antioksidan (flavonoid) yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Sebuah studi tahun 2016 mencatat bahwa flavonoid memiliki peran penting dalam sistem pertahanan kekebalan di saluran pernapasan.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi flavonoid lebih kecil kemungkinannya terkena infeksi saluran pernapasan atas, atau flu biasa, dibandingkan mereka yang tidak (1).

2. Dark Chocolate

Dark Chocolate mengandung theobromine, zat antioksidan yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat menyebabkan penyakit. Namun perlu diketahui bahwa cokelat hitam mengandung kalori tinggi dan lemak jenuh, jadi sebaiknya dikonsumsi secara tidak berlebihan. (1)

3. Brokoli

Sayuran ini adalah salah satu makanan paling sehat yang bisa Anda konsumsi karena kaya akan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya.

Salah satu cara untuk mendapatkan berbagai manfaat yang diberikan brokoli adalah adalah memasaknya tidak terlalu lama. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengukus adalah cara terbaik untuk menyimpan lebih banyak nutrisi dalam makanan pada brokoli. (1)

4. Bayam

Bayam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena mengandung banyak nutrisi penting dan antioksidan, termasuk flavonoid, karotenoid, serta vitamin C dan E yang mendukung terjaganya sistem kekebalan tubuh.

5. Jahe

Banyak orang yang menggunakan jahe dalam berbagai hidangan dan makanan penutup, serta juga dalam teh. Menurut sebuah penelitian, jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang memberikan berbagai manfaat kesehatan. (2)

6. Bawang Putih

Bawang putih dapat ditemukan di hampir setiap olahan masakan apapun. Sejak jaman dahulu, bawang putih digunakan untuk melawan bakteri atau virus jahat dalam tubuh mengandung konsentrasi tinggi senyawa yang mengandung belerang, seperti allicin. (2). Bukti lain juga menemukan bahwa makanan ini dapat memperlambat pengerasan arteri dan membantu menurunkan tekanan darah.

7. Kacang almond

Ketika terkena flu, vitamin E dapat membantu mengembalikan imun tubuh. Namun, Vitamin E merupakan vitamin yang larut dalam lemak sehingga membutuhkan asupan lemak untuk diserap dengan baik. Kacang-kacangan, seperti almond, dikemas dengan vitamin dan juga memiliki lemak sehat. (1)

8. Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang sarat dengan vitamin C. Anda dapat mendapatkan dua kali lipat jumlah vitamin C yang dibutuhkan perhari dalam satu buah pepaya berukuran sedang. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek anti-inflamasi. Pepaya mengandung potasium, magnesium, dan folat, yang mana zat-zat ini bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. (1)

9. Teh hijau

Selain dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, teh hijau juga mengandung sedikit kafein, sehingga orang dapat menikmatinya sebagai alternatif teh hitam atau kopi. Teh yang satu ini mengandung kadar epigallocatechin gallate (EGCG) yang cukup tinggi, sebuah antioksidan yang menurut penelitian baik bagi tubuh. Teh hijau juga merupakan sumber asam amino L-theanine yang baik. L-theanine dapat membantu dalam produksi senyawa pelawan kuman di sel T Anda. (2)

10. Kunyit

Warna kuning yang berada pada kunyit berasal dari zat bernama kurkumin, sebuah antioksidan yang berperan dalam menunjang fungsi sistem kekebalan tubuh. Kurkumin juga diketahui memiliki sifat anti radang yang diyakini dapat membantu mengatasi osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. (3)

Itulah tadi beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk tingkatkan tingkat imunitas, terutama di saat pandemi ini di mana kondisi tubuh harus selalu bugar agar terhindar dari penyakit.

Selain mengonsumsi beberapa makanan di atas, pastikan juga Anda memiliki asupan hidrasi yang baik dengan air mineral berkualitas seperti AQUA yang hadirkan berbagai kebaikan untuk kesehatan Anda. AQUA memastikan keluarga Indonesia bisa mendapatkan air minum berkualitas, yang baik untuk kesehatan keluarga karena tidak semua air itu sama. AQUA memastikan hal ini, dimulai dari sumber airnya yang dipilih secara seksama melalui 9 kriteria, 5 tahapan, dan 1 tahun masa penelitian.

 


Source:

https://www.healthline.com/health/food-nutrition/foods-that-boost-the-immune-system#green-tea
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322412#which-foods-boost-the-immune-system
https://www.alodokter.com/tingkatkan-sistem-kekebalan-tubuh-dengan-makanan-dan-kebiasaan-ini