5 Makanan Sehat untuk Jantung, Baik Dikonsumsi Sejak Dini!

Hidup Sehat | 11 Mei 2022

Bagikan:

5 Makanan Sehat untuk Jantung, Baik Dikonsumsi Sejak Dini!

 

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang tergolong membahayakan. Oleh karena itu, ada baiknya apabila Anda mulai menjaga kesehatan jantung sejak dini. Salah satunya yakni dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung secara rutin.

Sebut saja sayur-mayur, buah-buahan, rempah-rempah hingga air putih yang cukup. Selalu sajikan #AQUADULU di setiap hidangan. Sehingga, tak hanya jantung, tubuh secara keseluruhan pun bisa merasakan kebaikan yang didapat dari kandungan-kandungan AQUA. 

Jadi, sudah siap menyantap berbagai makanan sehat untuk jantung? Jika iya, yuk simak daftarnya di bawah!

Daftar Makanan Sehat untuk Jantung

Sebenarnya untuk mengkonsumsi makanan sehat, Anda tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Justru makanan sehat untuk jantung adalah jenis makanan yang sangat mudah ditemui dan harganya terjangkau. Berikut ini adalah makanan sehat yang apabila dikonsumsi setiap hari dapat membantu menjaga jantung Anda:

1. Tahu

Perlu Anda ketahui bahwa tahu adalah salah satu makanan sehat bagi tubuh yang ternyata juga mampu membantu mencegah penyakit jantung. Makanan ini berbahan dasar kedelai yang sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda. Di dalamnya terdapat senyawa saponin dan senyawa lain yang begitu kaya manfaat bagi kesehatan [3].

2. Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran berwarna hijau adalah makanan sehat untuk jantung yang baik dikonsumsi setiap hari. Beberapa contoh sayuran berwarna hijau yang baik untuk jantung antara lain seperti bayam, brokoli, selada, dan daun singkong.

Makanan-makanan ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dan harga yang murah. Anda bisa memasaknya menjadi berbagai macam menu lezat untuk keluarga. Sayuran hijau banyak mengandung zat seperti kalium dan folat sehingga sangat baik untuk menyehatkan jantung [1].

3. Buah Alpukat

Jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat sebaiknya juga mengkonsumsi buah alpukat. Buah yang satu ini mengandung senyawa beta-sitosterol yang bisa membantu mengatasi masalah kolesterol dalam darah [3]. 

Buah ini memang kaya manfaat terutama bagi para penderita darah tinggi serta kolesterol tinggi. Buah alpukat memiliki rasa yang unik dan dapat dikreasikan menjadi berbagai macam menu makanan dan minuman lezat. 

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Jantung Berdebar Kencang dengan Cepat

4. Rempah Segar

Ketika sedang memasak sebaiknya Anda menggunakan rempah-rempah segar karena ternyata rempah-rempah termasuk ke dalam kategori makanan sehat untuk jantung. 

Rempah-rempah yang sering digunakan untuk memasak antara lain seperti bawang putih, bawang merah, jahe, dan daun salam. Bahan alami tersebut akan membantu mengurangi efek negatif yang muncul dari penambahan garam serta gula.

5. Ikan Berlemak Baik

Ikan seperti salmon, sarden makarel, tuna dan yang lainnya termasuk ikan berlemak baik. Lemak pada ikan kaya akan omega-3 sehingga bisa dikatakan sebagai makanan sehat untuk jantung [3]. 

Dengan mengkonsumsi ikan tersebut maka Anda akan mendapatkan nutrisi yang cukup untuk membantu menyehatkan jantung dan menurunkan kadar kolesterol.

Mengkonsumsi makanan yang sehat seperti ini ini akan membuat Anda tetap bugar dan terjaga sampai nanti. Banyak orang yang saat ini kurang mempedulikan kesehatan jantung, padahal masalah jantung tidak bisa dianggap remeh. 

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja dengan berbagai usia. Oleh karena itu, mulai sekarang konsumsi makanan sehat dan bergizi agar terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Proses Detoksifikasi dan Cara Melakukannya

Jaga Kesehatan Jantung dengan Mengkonsumsi Air Mineral

Selain mengkonsumsi makanan bergizi dan sehat, Anda juga harus mengkonsumsi air putih yang cukup. Paling tidak dalam satu hari Anda harus mengkonsumsi sekitar 2 Liter atau 8 gelas air putih.

Ada begitu banyak manfaat yang didapatkan jika kebutuhan cairan terpenuhi secara optimal. Air mineral dapat membantu untuk melunturkan zat tidak berguna di dalam tubuh serta menyegarkan sel-sel tubuh. Jantung juga akan semakin sehat apabila cairan tubuh terpenuhi [2].

Sekarang apabila Anda ingin mengkonsumsi air putih yang cukup bisa memilih AQUA. AQUA memiliki tiga perlindungan. Perlindungan yang pertama adalah melindungi ekosistem sumber air. 

Perlindungan yang kedua yaitu melindungi kandungan mineral sehingga Anda akan mendapatkan air mineral yang menyehatkan. Perlindungan yang ketiga adalah melindungi setiap produk dan konsumen dengan proses pembuatan serta pengemasan produk yang seksama.

Mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung memang begitu penting, namun harus diimbangi dengan olahraga serta mineral yang cukup. Mulailah untuk melakukan gaya hidup sehat agar Anda tidak menyesal di kemudian hari. Bersama AQUA, nikmati kesegarannya dan rasakan kemurniannya!

Referensi:

  1. Makanan Sehat untuk Pasien Penyakit Jantung, Plus Cara Mengolahnya - Buka 
  2. Manfaat Minun Air Putih - Buka 
  3. Mudah Didapat, Ini 7 Makanan yang Menyehatkan Jantung - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.