Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung

Kebaikan AirHidup Sehat | 20 November 2021
Makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung

Menjaga kesehatan jantung penting dilakukan untuk menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung koroner (PJK), gagal jantung maupun serangan jantung. Penyakit ini disebabkan oleh masalah yang terjadi pada pembuluh darah arteri sehingga jantung tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik yaitu mengalirkan darah yang penuh oksigen ke seluruh tubuh. Dengan gaya hidup sehat dan pola makan gizi seimbang, mampu menjaga kesehatan organ tubuh untuk berfungsi optimal.

Mengubah kebiasaan mengonsumsi makanan sehat akan memberi dampak positif bagi kesehatan tubuh. Seperti beberapa makanan yang baik untuk jantung memainkan peran utama dalam diet sehat dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Faktanya, makanan tertentu dapat memengaruhi tekanan darah, trigliserida, dan kadar kolesterol yang semuanya merupakan faktor risiko penyakit jantung [1].

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan sehat yang baik untuk kesehatan jantung:

1. Sayuran hijau

Tentunya berbagai jenis sayuran hijau akan mudah untuk ditemui. seperti bayam, kangkung, sawi, dan sayur hijau lainnya. Sayuran tersebut terkenal dengan kekayaan vitamin, mineral dan antioksidan. Secara khusus, sayuran hijau merupakan sumber vitamin K yang baik dalam membantu melindungi arteri dan meningkatkan pembekuan darah secara tepat [2]. Selain itu, sayuran hijau ini tinggi nitrat yang telah terbukti mengurangi tekanan darah.

2. Gandum utuh

Makanan kedua yang bagus untuk kesehatan jantung adalah Biji-bijian utuh yang umum termasuk beras merah, gandum dan oat. Dibandingkan dengan biji-bijian olahan, gandum utuh ini lebih tinggi seratnya [2].

3. Ikan salmon

Ikan salmon memiliki kandungan asam omega 3 yang efektif untuk menurunkan tekanan darah dan menghindari pembekuan darah yang mengganggu aliran darah. Selain itu, kandungan asam omega 3 juga mampu menurunkan kadar trigliserida dalam darah yang meningkatkan risiko penyakit jantung [1].

4. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan beta sitosterol yang menjaga kesehatan jantung. Buah Ini adalah buah dengan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat untuk jantung [2].

5. Edamame

Edamame adalah kata Jepang untuk kedelai. Protein kedelai dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Konsumsi semangkuk edamame atau setara 8 gram serat per hari dapat membantu menyehatkan jantung [1].

6. Tomat

Sayuran ini dianjurkan untuk dikonsumsi sehari-hari karena sarat dengan likopen atau pigmen tumbuhan alami yang sifat antioksidannya kuat memberikan manfaat baik untuk peredaran darah. Tomat masuk dalam daftar makanan yang cocok dikonsumsi agar jantung tetap sehat [2].

7. Tahu dan tempe

Kandungan kacang kedelai pada tahu mampu menurunkan risiko terjadinya gangguan jantung. Selain itu, tahu juga memiliki kandungan saponin, kandungan senyawa yang menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan [2].

Selain mengkonsumsi makanan sehat, Anda juga harus memastikan konsumsi air mineral secara baik dan teratur. Sediakan air mineral dari sumber air terlindungi sebagai air minum Anda sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan cairan yang hilang.

Untuk itu pilihlah AQUA yang memiliki 21 mata air pegunungan di Indonesia dan telah melalui uji klinis dan penelitian oleh para ahli hidrogeologi dan geologi. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air

AQUA secara konsisten menghasilkan air minum dari pegunungan dengan kualitas terbaik hingga sampai ke tangan konsumen. Ada 9 kriteria dan 5 tahapan seleksi yang melibatkan para ahli geologi dan geohidrologi untuk memilih mata air.

 

Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/mudah-didapat-ini-makanan-yang-menyehatkan-jantung
https://www.merdeka.com/trending/17-makanan-yang-baik-untuk-jantung-patut-dikonsumsi-demi-cegah-sakit-amp-kambuh-kln.html