Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Makanan Terbaik Untuk Ibu Menyusui Bikin Anak Jadi Cerdas

Makanan Terbaik Untuk Ibu Menyusui Bikin Anak Jadi Cerdas

Menyusui merupakan kegiatan yang tidak lepas bagi para ibu yang baru saja melahirkan, melalui kegiatan tersebut para ibu akan memberikan nutrisi melalui ASI atau air susu ibu. Tidak heran banyak ibu yang menjadi rajin dan teratur untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar bayi mendapatkan ASI berkualitas dan gizi yang baik.

Seperti yang dikatakan oleh Ahli gizi Winda Ekayanti, M.Nut&Diet, APD dari University of Sydney, Australia, bahwa pola makan yang buruk bisa memicu stunting pada anak. Untuk itu para ibu menyusui perlu menjaga pola makan dan memperhatikan jadwal juga porsi makan. Jadwal makan ibu menyusui harus teratur untuk mencukupi kebutuhan kalori harian. Jadwal meliputi, tiga kali makan besar (pagi, siang, malam) dan maksimal tiga kali makan camilan [1].

Perlu diingat bahwa kalori satu kali makan besar yang dibutuhkan ibu menyusui sekitar 350 sampai 500 kalori. Sementara, satu kali makan camilan sekitar 150 kalori [1].

Berikut ini makanan-makanan untuk ibu menyusui yang baik dikonsumsi:

1. Gandum utuh dan beras merah

Nasi dan roti merupakan sumber karbohidrat yang pada umumnya dikonsumsi banyak orang terutama ibu menyusui, apalagi pada ibu dengan diabetes yang rentan mengalami kekurangan gula darah. Para ibu menyusui juga dapat mengganti sumber karbohidrat dengan gandum utuh yang lebih kaya serat.

Gandum utuh juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi ibu dan bayi karena kaya akan asam folat. Anda juga bisa mencampur gandum utuh dengan beras merah untuk menjaga tingkat energi, seperti nasi cokelat bisa dijadikan alternatif karena mampu menyediakan kalori untuk memproduksi ASI dengan kualitas yang tinggi [2].

2. Telur dan ikan

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah makanan dengan kandungan protein seperti, daging dan telur. Telur mengandung vitamin D yang berperan sebagai pembentuk tulang bayi. Pilihlah telur yang diperkaya DHA untuk mendapatkan kandungan asam lemak esensial yang lebih tinggi. Selain itu ibu juga bisa mendapatkan protein dengan mengonsumsi ikan, sedikitnya dua porsi seminggu. Pilihlah ikan salmon yang kaya akan DHA untuk perkembangan sistem saraf bayi [2].

3. Buah dan sayuran

Sudah tidak diragukan buah dan sayuran memiliki segudang manfaat seperti aneka mikronutrien yang berperan penting dalam perkembangan ibu dan anak. Serat dalam kandungan buah dan sayuran sangat baik bagi sistem pencernaan ibu menyusui [2].

4. Produk susu rendah lemak

Produk susu merupakan bagian penting dari menyusui yang sehat. Susu dapat meningkatkan penguatan tulang karena kandungan vitamin D, protein dan vitamin B. Baik yoghurt, susu, keju, dan produk susu rendah lemak lainnya merupakan salah satu sumber kalsium terbaik yang dapat membantu pertumbuhan tulang pada bayi Anda [2].

Hal yang paling penting dalam memilih makanan ibu menyusui adalah untuk menghindari makanan olahan sebanyak mungkin karena biasanya makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi, sarat gula berlebih dan mengandung lemak tidak sehat [2].

Selain makanan di atas, tidak kalah penting juga ibu menyusui untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh selama menyusui dengan rutin mengonsumsi air mineral. Ibu menyusui harus mengonsumsi lebih banyak air mineral dibandingkan orang pada umumnya, demi memperlancar produksi ASI. Ibu menyusui harus mengonsumsi sekitar 13 gelas air mineral setiap harinya, berbeda dengan orang pada umumnya yang rata-rata dianjurkan minum sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap hari.

Minum air mineral yang cukup selama menyusui dapat membantu memperlancar produksi ASI. Minum air mineral juga dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium yang merupakan salah satu nutrisi utama dalam produksi ASI [3].

Untuk itu, AQUA merupakan pilihan tepat sebagai air mineral karena AQUA memberikan kualitas air mineral yang baik dan alami di setiap tetesnya. Hal ini didukung dengan tiga perlindungan yang dilakukan oleh AQUA: melindungi ekosistem di sekitar sumber air, melindungi kealamian mineral yang terkandung di dalam air, serta proses pengemasan secara seksama tanpa sentuhan tangan manusia [4]. Oleh karena itu, kehigienisan dan kualitas AQUA tidak perlu diragukan lagi.

AQUA juga hadir dengan berbagai kemasan untuk mempermudah konsumsi air mineral di setiap saat. Terutama untuk konsumsi air mineral keluarga, AQUA menyediakan kemasan galon 19 liter untuk memenuhi hidrasi harian keluarga. AQUA galon juga menggunakan galon guna ulang yang bisa dipakai berulang kali. Galon-galon yang digunakan akan dikembalikan ke pabrik AQUA untuk dibersihkan secara khusus dengan standar tinggi, jadi tidak perlu mengkhawatirkan kehigienisannya, dan aman untuk dikonsumsi.

Jangan ragu lagi untuk selalu sedia AQUA dirumah untuk kebutuhan hidrasi keluarga.

 

Source:

  1. https://www.haibunda.com/menyusui/20210106134123-54-184002/10-makanan-yang-dianjurkan-untuk-ibu-menyusui-simak-pantangannya-juga-yuk
  2. https://www.alodokter.com/makanan-ibu-menyusui-yang-direkomendasikan
  3. https://www.alodokter.com/memahami-pentingnya-minum-air-mineral-saat-hamil-dan-menyusui