Hidup Sehat

Manfaat Air Putih untuk Ginjal dan Tubuh Yang Sehat

By Hidup Sehat | March 23, 2020 No Comments

Bukan rahasia lagi bahwa air merupakan komponen utama dalam tubuh manusia sehingga asupan air sangat penting untuk kehidupan. Tanpa air makhluk hidup tidak mungkin tumbuh dan berkembang.

 

Pada pria dewasa, 55%-60% berat tubuhnya adalah air. Sedangkan pada perempuan dewasa 50%-60% berat tubuhnya adalah air. Komponen air sebanyak itu dalam tubuh manusia  tentu memiliki berbagai macam fungsi sehingga organ-organ pada tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Sebut saja fungsi air beberapa di antaranya ialah sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, media transportasi, media eliminasi toksin sisa metabolisme, pelumas dan bantalan, pelarut, serta pelarut suhu.

Seringkali disebutkan bahwa minum banyak air, artinya menjaga kesehatan ginjal. Tentu saja, mengkonsumsi air secara rutin sesuai dengan jumlah yang disarankan sangat berpengaruh untuk menjaga kondisi ginjal tetap prima.

Ginjal merupakan organ yang terletak di sepanjang dinding otot bagian belakang (otot posterior) rongga perut. Untuk menggambarkannya secara mudah, bentuk dari ginjal ini menyerupai kacang mete atau kacang merah, namun berukuran sebesar kepalan tangan, dengan lebar 6 cm dan panjang sekitar 12 cm.

Fungsi dari ginjal sendiri memegang salah satu peranan penting dalam kesehatan tubuh, yaitu memfilterisasi zat-zat buangan (zat yang tidak dibutuhkan tubuh), baik yang berasal dari makanan dan minuman, obat, maupun zat yang dapat memberikan dampak beracun bagi tubuh lainnya.

Setiap harinya, ginjal menyaring sekitar 200 liter darah. Dari sekian jumlah darah yang disaring, terdapat sekitar 2 liter zat buangan yang nantinya akan dikeluarkan melalui urine. Oleh karena fungsi ini, ginjal dilengkapi dengan sepasang ureter, kandung kemih, dan uretra yang akan membawa urine keluar melalui proses buang air kecil.

Selain itu, organ tubuh satu ini juga berfungsi menyerap zat-zat yang memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh. Sebut saja beberapa zat seperti asam amino, gula, natrium, kalium, dan nutrisi lainnya. Salah satu kelenjar pada ginjal, yakni kelenjar adrenal juga punya fungsi yang cukup penting, yaitu menyerap kalium dari urine menuju pembuluh darah, agar bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Mengingat fungsi ginjal yang sangat penting bagi tubuh, maka sangat dianjurkan agar kita selalu memenuhi kebutuhan air mineral dengan mengonsumsinya secara rutin, dengan takaran yang dianjurkan. 

 

KONSUMSI AIR PUTIH YANG CUKUP

Anjuran mengonsumsi setidaknya 8 gelas air mineral dalam sehari tidak dapat diterapkan untuk semua orang. Memang angka ini cukup mudah diingat dan cukup mewakili kebutuhan rata-rata harian orang dewasa pada umumnya.

Nyatanya setiap orang memiliki kondisi yang berbeda sehingga membutuhkan asupan air mineral yang berbeda pula. Selain jumlah yang harus dikonsumsi, memerhatikan kualitas air minum juga penting untuk ginjal demi tubuh yang sehat. 

Untuk hal ini, pilihan paling tepat adalah mengonsumsi air mineral AQUA yang sudah lebih dari 45 tahun berperan sebagai pelopor air minum di Indonesia.  AQUA secara aktif melindungi sumber air pegunungan untuk keseimbangan mineral terkandung yang terjaga dengan baik, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air berkualitas untuk tubuh yang terlindungi setiap hari.

Dengan segala kualitas tersebut, AQUA dapat menjadi partner Anda dalam menjaga kesehatan ginjal. Yuk, rutin minum kemurnian AQUA mulai dari sekarang!

 

Referensi:

  1. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017
  2. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/keep-kidneys-healthy
  3. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/function-kidneys 
  4. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/butuh-minum-air-putih-8-gelas-per-hari/