8 Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Kesehatan, Apa Saja?

Hidup Aktif | 29 November 2022

Bagikan:

8 Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Kesehatan, Apa Saja?

Sepak bola adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati di Indonesia. Namun, di balik popularitasnya, tahukah Anda apa manfaat bermain sepak bola?

Olahraga yang satu ini memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi orang dewasa tetapi juga baik untuk tumbuh kembang anak-anak.

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sepak bola juga memberikan peluang besar bagi Anda untuk bersosialisasi dengan orang lain.

Tanpa berlama-lama, yuk simak penjelasan mengenai sejumlah manfaat bermain sepak bola dalam ulasan di bawah ini!

Manfaat Bermain Sepak Bola bagi Kesehatan

Sepak bola adalah olahraga yang dapat dimainkan oleh siapa saja, karena tidak memerlukan keahlian khusus.

Jenis olahraga ini mampu membantu meningkatkan beragam kemampuan, termasuk komunikasi, kedisiplinan, serta kerja sama tim.

Tidak hanya itu, masih banyak manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari bermain sepak bola. Berikut masing-masing penjelasannya.

1. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Sama halnya dengan manfaat olahraga pada umumnya, bermain sepak bola selama satu sesi, atau 90 menit di ladapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Memiliki tubuh yang bugar akan membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit atau infeksi virus maupun bakteri. 

Sepak bola merupakan permainan yang mengharuskan Anda untuk bergerak cepat menggunakan kaki, seperti menendang, menggiring, dan berlari.

Nah, berbagai gerakan tersebut akan membantu Anda melatih kecepatan dan stamina tubuh. Dengan bermain sepak bola secara rutin, maka tubuh akan lebih bugar dan sehat.

Baca Juga: 4 Teknik Dasar Menendang Bola yang Patut Anda Kuasai

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bermain sepak bola selanjutnya adalah menjaga kesehatan jantung. Dalam permainan sepak bola, Anda dituntut untuk terus berlari, setidaknya hingga 1-2 km selama 90 menit. 

Berjalan dan berlari secara konsisten dapat menjaga detak jantung tetap stabil, hal ini karena Anda akan lebih sering bernapas sehingga mampu mengoptimalkan kinerja jantung.

Apabila Anda rutin bermain sepak bola, maka risiko untuk terserang berbagai penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan serangan jantung akan menurun.

3. Bantu Mengontrol Berat Badan

Manfaat olahraga sepak bola yang lainnya yaitu bantu mengontrol berat badan. Olahraga ini mampu membakar lemak karena dapat melatih otot dan jantung.

Sepak bola juga dapat membangun massa otot dan membakar lebih banyak lemak dengan menyerap serat otot.

Berat badan yang tidak terkontrol dapat menyebabkan obesitas, di mana kondisi ini akan berdampak kurang baik terhadap kesehatan.

Jadi, Anda bisa menggunakan sepak bola sebagai salah satu pilihan olahraga yang dapat membantu Anda menjaga berat badan tetap ideal.

4. Melatih Kekuatan Tulang

Sepak bola membutuhkan berbagai gerakan seperti berlari dan menendang untuk mendukung kekuatan otot dan tulang.

Kepadatan tulang seseorang akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Nah, manfaat bermain sepak bola salah satunya meningkatkan kekuatan kerangka tulang.

Baca Juga: Teknik Menggiring Bola dalam Sepak Bola, Ini Tips Menguasainya

5. Membangun Kekuatan Otot

Selain melatih kekuatan tulang, meningkatkan kekuatan otot juga menjadi salah satu manfaat sepak bola.

Saat bermain sepak bola, Anda akan memerlukan otot bagian bawah untuk menendang, berlari, melompat, hingga melakukan tekel pada lawan.

Semantara, otot bagian atas dibutuhkan untuk menahan lawan, melindungi bola, melempar bola (khusus kiper), serta berkontribusi pada kekuatan tubuh secara keseluruhan.

Memiliki otot yang kuat akan membantu Anda mengurangi risiko cedera ketika sedang menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sekilas para pemain sepak bola hanya banyak menggunakan kakinya, namun sebenarnya olahraga ini membuat semua bagian tubuh bergerak. 

Karena itu tidak heran jika orang yang rutin bermain sepak bola bisa meningkatkan massa otot dan kekuatan tulangnya.

6. Meningkatkan Kerja Otak

Dalam permainan sepak bola, Anda tidak hanya dituntut untuk menggunakan kekuatan tubuh, tetapi juga menggunakan otak untuk membuat keputusan.

Saat berada di tengah lapangan, Anda perlu menyusun strategi untuk mengalahkan lawan dan memenangkan pertandingan.

Melalui latihan-latihan tersebut, maka nantinya Anda akan terbiasa berpikir secara cepat dan tepat dalam segala hal.

7. Bantu Tingkatkan Konsentrasi

Sama halnya dengan pembahasan sebelumnya, selain diperlukan ketepatan dan kecepatan dalam berpikir, sepak bola juga mengharuskan Anda untuk selalu fokus.

Selama permainan berlangsung Anda tidak boleh lengah, di mana pikiran harus selalu tertuju pada permainan sepak bola.

Jadi, selain melatih ketepatan dalam berpikir, manfaat bermain sepak bola juga dapat meningkatkan konsentrasi.

Baca juga: Perlu Dipahami, Ini 8 Perbedaan Futsal dan Sepak Bola

8. Baik untuk Kesehatan Mental

Terakhir, manfaat bermain sepak bola adalah mengatasi rasa cemas dan depresi. Mengapa begitu?

Ya, olahraga di luar ruangan dapat membantu Anda mengatasi stres, karena pada dasarnya selama olahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang memberikan rasa bahagia. 

Sejumlah penelitian juga membuktikan kalau aktivitas fisik seperti olahraga, bisa melepaskan neurotransmitter yang bertanggung jawab mengatur suasana hati dan kebahagiaan.

Di samping itu, olahraga yang bersifat kompetitif seperti halnya sepak bola dapat membantu Anda mengatur emosi.

Nah, itu dia sederet manfaat bermain sepak bola yang bisa Anda dapatkan. Selain memberikan banyak manfaat, sepak bola juga cukup mudah untuk dimainkan.

Tak heran, baik itu pria maupun wanita, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa banyak yang menyukai jenis olahraga lapangan ini.

Olahraga memang memberikan banyak manfaat bagi tubuh, namun Anda tentunya akan membutuhkan banyak tenaga saat melakukannya. Keringat yang dihasilkan tubuh pun meningkat. Ini artinya Anda harus lebih ekstra dalam mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Maka dari itu, jangan lupa untuk membawa AQUA botol 1500 ml di dalam tas olahraga Anda. Ukurannya yang besar bisa membantu menghilangkan rasa haus di sela-sela olahraga. 

Karena AQUA telah melalui proses yang sangat selektif, yaitu dengan 9 kriteria, 5 tahapan, dan 1 tahun penelitian, maka kesegarannya pun akan tetap terasa sampai ke tangan para konsumen.

Selain itu, AQUA juga telah melewati berbagai uji kualitas hingga 400 pengecekan tanpa tersentuh tangan manusia untuk memastikan keasliannya. Jadi, kualitasnya pun tak perlu diragukan lagi.

Oleh karenanya, yuk sedia #AQUADULU saat berolahraga!

Baca Juga: 10 Manfaat Bermain Bola Basket bagi Kesehatan Fisik & Mental

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.