9 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh & Cara Mengolahnya

Hidup Sehat | 31 Mei 2022

Bagikan:

9 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan Tubuh & Cara Mengolahnya

Tahukah Anda, Moringa Oleifera atau umumnya kita kenal sebagai daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman yang diketahui menyimpan segudang khasiat dalam menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu, jangan heran jika selama bertahun-tahun banyak orang menggunakan manfaat daun kelor untuk menjadi obat-obatan herbal tradisional.

Tak dapat dipungkiri, tanaman tropis satu ini memiliki beragam kandungan nutrisi, mulai dari protein, vitamin, hingga mineral yang baik bagi kesehatan. Nah, agar tidak penasaran, kali ini AQUA telah merangkum sejumlah manfaat daun kelor dan cara mengolahnya. Simak, yuk!

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Sebelum lebih lanjut membahas apa manfaat daun kelor, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu berbagai nutrisi yang terkandung di dalamnya.

  • Protein
  • Asam amino esensial
  • Antioksidan
  • Vitamin, seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin A
  • Mineral, seperti zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium

Apa Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan?

Menurut penelitian, ada begitu banyak manfaat daun kelor untuk kesehatan karena ia memiliki sifat antivirus, antijamur, antiinflamasi, dan antidepresan. Inilah alasan mengapa daun kelor kerap dipakai sebagai komposisi utama dalam suplemen atau bahkan jamu-jamuan.

Adapun manfaat daun kelor yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsinya ialah sebagai berikut.

1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Jika Anda seorang penderita diabetes, maka daun kelor merupakan pilihan tepat untuk Anda konsumsi. Sebab, manfaat daun kelor untuk kesehatan adalah mengontrol kadar gula darah karena mengandung senyawa bernama chlorogenic. Selain asam chloregnic, senyawa isothiocyanate juga telah dikaitkan dengan perlindungan alami terhadap penyakit diabetes.

Penelitian menyebutkan bahwa senyawa tersebut dapat meningkatkan efektivitas produksi dan fungsi insulin, hingga akhirnya membantu mengatasi gula darah tinggi yang Anda alami.

2. Menurunkan Kolesterol

Selain mengontrol gula darah, manfaat daun kelor juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ya, penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini memiliki efek terhadap kolesterol tinggi. Bagaimana tidak, daun kelor memiliki kandungan antioksidan dan antiradang yang dapat melawan berbagai radikal bebas di dalam tubuh Anda.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat daun kelor untuk kesehatan lainnya adalah meningkatkan kesehatan jantung. Seperti dijelaskan sebelumnya, daun kelor bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi bahaya oksidasi karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. Hal ini tentu saja sangat baik bagi kesehatan jantung Anda

Baca juga: 8 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan yang Kaya Antioksidan.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jika Anda bertanya apa manfaat daun kelor, maka salah satunya ialah menjaga daya tahan tubuh. Ini karena daun kelor sangat kaya akan vitamin C yang berfungsi meningkatkan imunitas tubuh serta melindunginya dari segala jenis infeksi. Jangan salah, daun kelor bahkan diketahui memiliki kandungan vitamin C tujuh kali lebih banyak dibanding buah jeruk.

5. Mencegah Kanker

Manfaat daun kelor berikutnya adalah mencegah kanker. Penelitian menyebutkan bahwa ekstrak daun dan kulit batang pohon kelor dapat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Lagi-lagi karena antioksidan yang terkandung di dalamnya berperan mencegah kerusakan sel akibat serangan radikal bebas.

6. Mengatasi Inflamasi atau Peradangan

Mengatasi peradangan atau inflamasi merupakan manfaat daun kelor untuk kesehatan yang sudah tak perlu Anda ragukan lagi. Ini dikarenakan senyawa isothiocyanates di dalam daun kelor memiliki sifat antiinflamasi, sehingga akan membantu mengatasi masalah infeksi atau cedera.

7. Menjaga Fungsi dan Kesehatan Otak

Siapa sangka jika tanaman tropis satu ini berperan dalam menjaga fungsi dan kesehatan otak. Bahkan, asupan antioksidan yang Anda peroleh dengan mengonsumsi daun kelor akan membantu menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Parkinson. Pasalnya, penelitian menyebutkan bahwa daun kelor sangat baik bagi memori dan keja otak.

8. Melindungi Sekaligus Menutrisi Kulit dan Rambut

Manfaat daun kelor yang terakhir adalah melindungi sekaligus menutrisi kulit dan rambut lantaran kandungan vitamin C-nya yang cukup tinggi berperan penting bagi kesehatan kulit. Selain itu, daun kelor kerap digunakan dalam produk kecantikan karena memiliki kandungan protein yang berperan menghidrasi, detoksifikasi, serta melindungi sel-sel kulit dari kerusakan.

9. Membantu Produksi ASI Berkualitas

Daun kelor juga baik untuk ibu menyusui mengingat tanaman ini mengandung protein, zat besi, dan Vitamin C. Selain itu ada juga unsur flavonoid yang manfaatnya membantu ibu menyusui menghasilkan ASI lebih banyak. Kandungan protein tersebut dapat membuat ASI menjadi lebih berkualitas.

Cara Mengolah Daun Kelor

Untuk mendapatkan berbagai manfaat daun kelor di atas, Anda bisa mengonsumsinya dalam banyak cara, entah itu dari suplemen ekstrak daun kelor atau mengolahnya sendiri di rumah. Berikut cara mengolah daun kelor yang bisa Anda ikuti.

Sajikan Sebagai Teh

Anda bisa menyajikan daun kelor sebagai teh. Gunakan saja daun kelor yang masih berbatang untuk kemudian digantung menggunakan tali dalam suatu ruangan tertutup namun memiliki ventilasi. Biarkan daun tersebut layu selama kurang lebih 3 hari. Jika sudah kering, Anda bisa menghaluskannya dan kemudian mengolahnya menjadi kantong teh celup. Terakhir, seduh dengan air panas dan sajikan.

Rebus

Anda dapat merebus daun kelor lalu mengonsumsinya bersama makanan lain. Atau, meminum air rebusan tanaman ini juga bisa jadi pilihan. Namun, pastikan Anda tidak merebus daun kelor terlalu lama agar antioksidan di dalamnya tak terbuang.

Baca juga: 15 Manfaat Minum Air Hangat Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Demikianlah ulasan mengenai manfaat daun kelor dan cara mengolahnya yang patut Anda ketahui. Meskipun ia memiliki segudang khasiat untuk kesehatan, namun ada baiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu bersama dokter sebelum mengonsumsinya. Sebab, daun kelor nyatanya mempunyai efek samping, salah satunya pada ibu hamil.

Selain itu, jangan lupa imbangi konsumsi makanan sehat satu ini dengan rutin minum air putih yang cukup. Sebab, meskipun daun kelor cukup efektif dalam menjaga kesehatan, akan tetapi hal tersebut tak akan berarti jika asupan cairan tubuh Anda tidak terpenuhi.

Minum air putih juga menyimpan sederet manfaat yang tak kalah penting dari jenis makanan lainnya, mulai dari menjaga kesehatan jantung, ginjal, beserta organ tubuh lainnya. Oleh karena itu, selalu sediakan #AQUADULU di rumah agar kesehatan dan fungsi tubuh tetap optimal setiap hari.

AQUA sendiri mengandung air mineral berkualitas yang kemurniannya terjaga selama lebih dari 49 tahun. AQUA berasal dari sumber air pegunungan pilihan dan telah melalui berbagai proses penyaringan alami oleh lapisan batuan vulkanis. Kealamian ekosistem di sekitar sumber air AQUA juga senantiasa terjaga sehingga Anda tak perlu lagi meragukan keasliannya.

Nah, untuk mendapatkan AQUA pun sangat mudah. Anda tinggal mengunjungi berbagai minimarket terdekat atau memesannya melalui layanan AQUA Home Service (AHS). Hanya dengan Rp1.000 per liter, Anda sudah bisa mengonsumsi air mineral berkualitas seperti AQUA setiap harinya!

Referensi:

  1. 6 Science-Based Health Benefits of Moringa oleifera - Buka
  2. What makes moringa good for you? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.