Hidup Sehat

Manfaat Hidrasi Sehat Bantu Turunkan Berat Badan

By Hidup Sehat | February 10, 2020 No Comments
hidrasi-yang-lebih-baik

Supaya bisa menikmati kualitas hidup yang baik dengan tubuh sehat, seringkali dikaitkan dengan berat badan ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas bisa mengganggu target yang ingin diraih tersebut. Penting diketahui, obesitas terkait dengan beragam penyakit. Risiko mengalami sejumlah penyakit dan gangguan mulai dari diabetes, hipertensi, sakit jantung, liver, kantung empedu, hingga tingkat kolesterol tinggi akan meningkat kalau berat badan berlebih. Begitu pula halnya masalah persendian dan tulang serta berbagai jenis kanker (1).

Banyak cara untuk memerangi obesitas. Bisa dari menjaga pola makan, rutin melakukan olahraga, dan beristirahat yang cukup(2). Langkah-langkah tersebut sebenarnya juga belum lengkap. Banyak yang masih melupakan hidrasi sehat ketika hendak menurunkan berat badan. Padahal, kecukupan cairan di dalam tubuh juga berpengaruh penting dalam menurunkan berat badan.

PERAN HIDRASI SEHAT

Hidrasi sehat bisa diraih dengan asupan cairan yang cukup di dalam tubuh baik melalui makanan maupun minuman. Kementerian Kesehatan RI (2013) merekomendasikan pria dewasa mengonsumsi cairan sebanyak 8 gelas per hari dan wanita dewasa sebanyak 7 gelas per hari (3)Ketika tubuh mendapat cairan cukup, manfaat yang dirasakan begitu besar. Sejumlah fungsi fisik dan kognitif tubuh bakal berjalan normal. Selain itu, suhu tubuh juga akan terjaga dengan baik (4).

Bersamaan dengan itu, hidrasi sehat juga memastikan air yang dikonsumsi mencukupi. Ini ternyata berperan krusial dalam penurunan berat badan. Karena, minum air yang cukup akan meningkatkan tingkat metabolisme. 

Dua buah riset menyebutkan hanya dengan meminum 0,5 liter air sudah mampu mengangkat metabolisme tubuh hingga 24-30% hanya dalam waktu 1,5 jam. Dengan demikian, jika minum air 2 liter per hari, otomatis bakal meningkatkan jumlah kalori yang dibakar sebesar 96 kalori per hari (5). Lumayan bukan?

Bukan itu saja, minum air akan menghadirkan rasa kenyang. Hal ini sangat berguna ketika hendak membatasi asupan makanan demi penurunan berat badan. Porsi makan bakal berkurang dengan sendirinya karena perut sudah terasa penuh (5).

CARA MEMAKSIMALKAN HIDRASI SEHAT

Agar hidrasi sehat berdampak besar dalam meraih berat badan idaman, manfaatkan asupan air secara tepat.  Salah satu langkah sederhana memaksimalkan hidrasi sehat adalah dengan meminum air setengah jam sebelum makan. Selain berfungsi membantu sistem pencernaan, efektivitasnya dalam membantu penurunan berat badan ternyata sangat tinggi. Sebuah riset memperlihatkan orang yang meminum setengah liter air setengah jam sebelum makan bisa kehilangan berat badan 44 persen lebih banyak hanya dalam tiga bulan (2).

Namun, pastikan memilih air yang berkualitas. AQUA merupakan pilihan tepat untuk memenuhi hidrasi sehat. Komitmen AQUA untuk menghadirkan air mineral berkualitas dari sumber air pegunungan terpilih di Indonesia telah dilakukan lebih dari 45 tahun. Itulah yang membuat air AQUA spesial. 

Kemurnian dan kebaikan air AQUA sudah pasti dijamin. Semua bisa terjadi karena AQUA melindungi keseimbangan alami ekosistem di sekitar sumber air. Mereka melakukannya dengan program PIJAR (Pilih, Jaga, Rawat).

Berkat itu, semua mineral alami yang bermanfaat bagi tubuh terus terjaga di dalam air AQUA. Konsumen bisa menikmatinya tanpa khawatir ada kontaminasi. Terlebih lagi, air mineral AQUA telah melewati lebih dari 400 cek kualitas untuk memastikan kemurniannya sampai di tangan Anda. 

Maka, bisa dipastikan manfaat air AQUA untuk kesehatan akan semakin besar seiring dengan hidrasi sehat yang diraih. Sudah minum AQUA hari ini? 

 

Referensi:

  1. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000348.htm

  2. https://www.healthline.com/nutrition/30-ways-to-lose-weight-naturally#section15

  3. https://www.hydrationforhealth.com/en/why-hydration/everyday-hydration/list-everyday-hydration/article-your-daily-water-requirements/

  4. https://www.naturalhydrationcouncil.org.uk/hydration-facts/

  5. https://www.healthline.com/nutrition/7-health-benefits-of-water#section7