11 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Hidup Aktif | 18 Mei 2022

Bagikan:

11 Manfaat Jalan Kaki untuk Kesehatan yang Jarang Disadari

Jarang diketahui, ternyata manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh sangatlah banyak. Tak hanya berpengaruh bagi kesehatan fisik namun juga kesehatan mental. Seperti yang kita tahu, jalan kaki termasuk olahraga ringan dan bahkan bisa dilakukan oleh semua orang dari segala usia.

Lantas apa saja manfaat jalan kaki yang ditawarkan bagi kesehatan tubuh? Simak terus ulasan berikut untuk mengetahui penjelasannya.

Manfaat jalan kaki bagi kesehatan

Olahraga jalan kaki kerap kali dipilih oleh sebagian orang karena mudah dilakukan. Bahkan, tanpa disadari sebenarnya Anda sudah melakukannya setiap hari. Olahraga ini tak membutuhkan peralatan banyak, Anda hanya perlu menggunakan sepatu running atau bahkan cukup menggunakan sepatu yang nyaman untuk dipakai berjalan, dan meluangkan waktu kurang lebih 30 menit.

Nah, di bawah ini merupakan deretan manfaat jalan kaki bagi kesehatan fisik dan mental yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan energi

Tahukah Anda, manfaat jalan kaki pagi hari ternyata bisa meningkatkan energi, lho! Bahkan ini dinilai lebih efektif ketimbang minum secangkir kopi. Berjalan kaki bisa membuat aliran oksigen ke seluruh tubuh jadi meningkat. Selain itu, jalan kaki juga dapat meningkatkan kadar kortisol, epinefrin, dan norepinefrin, dimana ini merupakan hormon yang membantu meningkatkan energi.

2. Membakar kalori

Manfaat jalan kaki pagi hari maupun sore hari tentunya dapat membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Pembakaran kalori tersebut berguna untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan.

Adapun faktor yang mempengaruhi pembakaran kalori antara lain kecepatan berjalan, jarak yang Anda tempuh, berat badan, dan medan (kalori akan semakin banyak terbakar apabila Anda berjalan di jalanan menanjak dibandingkan jalanan datar).

Itulah mengapa jika Anda ingin membakar kalori dengan maksimal, Anda bisa berjalan di rute yang mencakup perbukitan, bergantian antara jalan cepat dan lambat. Kemudian tantang diri Anda untuk berjalan di rute sama di hari berbeda, apakah Anda dapat lebih cepat dari waktu sebelumnya.

3. Memperkuat jantung

Berjalan setidaknya 30 menit per hari selama lima hari dalam satu minggu dapat mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung koroner sekitar 19% [1]. Risiko tersebut bisa berkurang lagi ketika Anda meningkatkan durasi atau jarak Anda berjalan per harinya.

Tak hanya itu, penelitian lain juga menyebutkan bahwa orang yang berjalan kaki cukup untuk memenuhi pedoman aktivitas fisik memiliki risiko 30% lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung atau stroke dibandingkan mereka yang tidak berjalan kaki secara teratur.

4. Meringankan nyeri sendi

Berikutnya, manfaat jalan kaki sore hari atau pagi hari adalah dapat meringankan nyeri sendi. Hal ini dikarenakan olahraga tersebut bisa membantu melumasi dan memperkuat otot-otot yang menopang persendian.

Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa manfaat jalan kaki bisa mengurangi rasa sakit pada penderita arthritis. Berjalan sekitar 8-9 km selama seminggu bahkan dapat mencegah terjadinya radang sendi [3].

5. Membantu menurunkan gula darah

Tingginya gula darah dan tekanan darah merupakan salah satu faktor sejumlah penyakit kronis seperti diabetes, jantung, dan stroke. Sementara jalan kaki dapat meningkatkan penyerapan glukosa ke dalam otot sehingga menurunkan kadar glukosa di dalam darah.

Itulah alasannya aktivitas ini direkomendasikan oleh American Diabetes Association untuk menurunkan gula darah dan risiko terkena penyakit diabetes.

Baca juga: Tips Menerapkan Pola Hidup Sehat yang Benar, Ini Manfaatnya!

6. Meningkatkan mood

Tak hanya bagi kesehatan fisik, manfaat jalan kaki pagi hari maupun sore hari juga baik bagi kesehatan mental Anda, lho! Menurut penelitian, itu dapat mengurangi kecemasan, depresi, dan suasana hati yang buruk [4]. Penelitian lain menunjukkan bahwa berjalan selama 10 menit bisa meningkatkan semangat Anda [5]. 

Mood atau suasana hati yang baik tentu akan berdampak pada hari-hari Anda menjadi terasa lebih positif dan produktif.

7. Meningkatkan kreativitas

Ketika Anda merasa buntu di tempat kerja atau sedang mencari solusi untuk masalah yang rumit, cobalah berjalan-jalan sebentar. Sebuah studi menyatakan bahwa jalan-jalan bisa memicu kreativitas [6]. Peneliti memberikan tes berpikir kreatif pada subjek saat duduk dan berjalan. Hasilnya, pejalan kaki memiliki pikiran lebih kreatif daripada orang yang duduk.

8. Memperpanjang hidup

Manfaat jalan kaki yang satu ini mungkin jarang diketahui oleh banyak orang. Yup, berjalan kaki setiap menitnya dapat memperpanjang hidup seseorang 1,5 hingga 2 menit. Sebuah penelitian menemukan bahwa berjalan dengan kecepatan rata-rata dibandingkan langkah lambat bisa mengurangi 20% risiko dari kematian.

Namun, berjalan dengan langkah cepat, setidaknya 4 mil per jam, mampu mengurangi risiko hingga 24%. Studi ini melihat hubungan antara berjalan lebih cepat dengan faktor-faktor seperti penyebab kematian secara keseluruhan, penyakit kardiovaskular, dan kematian akibat kanker.

Baca juga: 4 Manfaat Lari Sore bagi Kesehatan Tubuh yang Perlu Diketahui

9. Melancarkan sistem pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan juga termasuk salah satu dari sekian banyak manfaat jalan kaki bagi kesehatan. Setelah makan, usahakan untuk menghindari tidur setelahnya. Sebab hal itu bisa mengganggu kinerja sistem pencernaan Anda.

Daripada tidur atau duduk, ada baiknya Anda berjalan-jalan sebentar guna melancarkan sistem pencernaan. Lagipula, berjalan kaki setelah makan juga dapat membantu meningkatkan penyerapan kadar glukosa ke dalam otot sehingga glukosa di dalam darah akan menurun.

10. Memperkuat otot paha dan betis

Manfaat jalan kaki sore hari atau pagi hari yang tak boleh dilewatkan adalah dapat memperkuat otot paha dan betis. Pasti Anda tidak ingin memiliki paha bergelambir akibat lemak, bukan? Oleh sebab itu, Anda bisa olahraga jalan kaki agar penampilan paha dan betis Anda menjadi lebih baik.

11. Memperbaiki kualitas tidur

Berolahraga secara teratur bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Ini dikarenakan tidur secara alami bisa meningkatkan efek melatonin, yakni hormon tidur.

Penelitian terbaru menemukan bahwa orang dewasa sehat yang berjalan kaki setiap hari memiliki dampak positif signifikan terhadap kualitas dan lama tidur [7]. Terlebih lagi, berjalan kaki juga bisa membantu mengurangi rasa sakit dan stres yang dapat menyebabkan gangguan tidur.

Itulah 11 manfaat jalan kaki untuk kesehatan fisik dan mental yang dapat Anda rasakan. Yang terpenting adalah Anda melakukannya dengan rutin agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Selain olahraga jalan kaki, guna menjaga badan tetap sehat tentunya Anda perlu memastikan tubuh terhidrasi dengan baik, salah satunya yaitu dengan minum #AQUADULU dalam jumlah cukup. Terlebih ketika berolahraga tubuh akan cenderung kehilangan banyak cairan. Yuk ganti cairan tubuh dengan air mineral yang berkualitas dari mata air pilihan seperti AQUA!

Referensi:

  1. Quantifying the dose-response of walking in reducing coronary heart disease risk: meta-analysis - Buka
  2. Walking Compared with Vigorous Exercise for the Prevention of Cardiovascular Events in Women - Buka
  3. 5 surprising benefits of walking - Buka
  4. Exercise for Mental Health - Buka
  5. Experimental effects of brief, single bouts of walking and meditation on mood profile in young adults - Buka
  6. Give Your Ideas Some Legs: The Positive Effect of Walking on Creative Thinking - Buka
  7. The effect of daily walking exercise on sleep quality in healthy young adults - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.