10 Manfaat Jogging Pagi Sore bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Hidup Aktif | 21 April 2022

Bagikan:

10 Manfaat Jogging Pagi Sore bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Lari santai atau jogging adalah salah satu olahraga kardio yang murah, mudah, dan dapat dilakukan oleh siapapun tanpa memandang jenis kelamin maupun usia. Oleh karena itu, tak mengherankan bila selama ini jogging menjadi latihan fisik yang disukai oleh banyak orang. Namun sebenarnya, apa manfaat jogging bagi kesehatan?

Dilansir dari Healthline, manfaat jogging pagi ataupun sore berkaitan erat dengan kondisi kesehatan fisik dan mental Anda [1]. Yuk simak terus artikel berikut untuk mengetahui lebih detail apa manfaat jogging selengkapnya!

10 Manfaat Jogging

Beragam manfaat jogging menunjukkan bahwa menjalani budaya hidup sehat memang tak harus mahal dan bukan merupakan hal sulit. Adapun beberapa manfaat jogging, yaitu:

1. Menguatkan tulang

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 675 pelari maraton menemukan bahwa mereka memiliki tingkat arthritis yang lebih rendah daripada orang lain [1]. Dalam jangka panjang, manfaat jogging ini mungkin terjadi karena lutut dan punggung pelari sama-sama dipengaruhi secara positif.

Secara lebih lanjut, studi tersebut juga mengungkapkan bahwa semakin banyak Anda berlari, maka semakin rendah pula kemungkinan Anda mengalami masalah punggung seiring bertambahnya usia.

2. Membantu menurunkan berat badan

Sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa penurunan berat badan akan semakin maksimal bila seseorang meningkatkan kemampuan kecepatannya, dimana salah satunya yaitu dengan berlari atau jogging [1]. Manfaat jogging setiap hari yang satu ini tentu akan semakin optimal bila Anda mengimbanginya dengan defisit kalori.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dilansir dari Healthline, olahraga ringan seperti jogging sebenarnya dapat memperkuat respon tubuh Anda terhadap penyakit [2]. Secara khusus, hal ini berlaku bagi penyakit-penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, maupun parasit, misalnya ispa.

Di samping itu, manfaat jogging pagi dan sore juga dapat dilihat dari adanya peningkatan produksi limfosit serta makrofag yang mampu melawan infeksi dalam tubuh, termasuk infeksi bakteri maupun virus.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Seperti yang telah diketahui bersama, baiknya kualitas tidur sangat penting bagi kesehatan Anda. Pasalnya selama tidur, tubuh akan melakukan proses regenerasi terhadap sel-sel. Maka dari itu, tak mengherankan bila di pagi hari, Anda akan bangun dengan perasaan segar.

Dalam hal ini, manfaat jogging sore ataupun pagi secara teratur dapat membuat tubuh sekaligus pikiran Anda lebih rileks sehingga menurunkan risiko insomnia.

Baca juga: 13 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

5. Menurunkan resistensi insulin

Resistensi insulin adalah salah satu penanda prediabetes, dimana sel-sel dalam tubuh Anda sama sekali tidak merespons insulin. Sebagai catatan, insulin ini adalah hormon yang menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2015 menemukan salah satu manfaat jogging setiap hari atau secara teratur mampu menurunkan resistensi insulin [2]. Para peneliti mencatat bahwa hal ini kemungkinan besar dipengaruhi oleh adanya penurunan lemak tubuh dan juga peradangan.

6. Mengurangi efek negatif stres dan depresi

Manfaat jogging sore dan pagi secara teratur yang terakhir yaitu ditemukan adanya perlindungan dari efek negatif stres. Hal tersebut didasarkan pada penelitian di tahun 2013 yang menemukan bahwa latihan aerobik seperti jogging berpotensi meningkatkan fungsi eksekutif dan melindungi otak dari penurunan yang berkaitan dengan penuaan dan stres [2].

7. Menjaga kesehatan secara keseluruhan

​​Meski sederhana, ternyata rutin melakukan olahraga seperti jogging mampu membantu Anda untuk terhindar dari berbagai masalah kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, obesitas, atau bahkan jantung [2].

Bahkan sebuah studi di tahun 2015 mengungkapkan bahwa mereka yang berlari dengan kecepatan ringan secara teratur dapat memiliki umur lebih panjang daripada mereka yang tidak [2].

8. Mempertahankan daya ingat

Jika Anda merasa memiliki masalah dengan kemampuan daya ingat, coba rutin lakukan jogging. Sebab, manfaat jogging ternyata mempengaruhi fungsi otak Anda, baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa latihan aerobik seperti jogging dianggap mampu meningkatkan detak jantung dan membuat Anda berkeringat. Dengan peningkatan supply aliran darah maka otak juga akan mendapatkan pasokan nutrisi dan oksigen yang digunakan dalam metabolisme sel-sel otak.

9. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jogging adalah salah satu latihan kardio terbaik yang dapat Anda lakukan. Perlu diketahui, berlari setidaknya 10 menit sehari dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular secara signifikan [1].

Manfaat jogging juga diketahui dapat mengontrol detak jantung yang merupakan indikator penting dari kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan. Pasalnya, terkontrolnya frekuensi detak jantung berarti semakin efisien pula detak jantung Anda.

10. Meningkatkan suasana hati

Banyak orang berlari karena ingin merasa lebih baik. Hal ini tak mengherankan sebab jogging dapat membantu meningkatkan suasana hati, konsentrasi, dan kualitas hidup Anda secara keseluruhan [1].

Tak hanya itu, selama melakukan jogging, tubuh Anda juga akan melepaskan hormon endorfin yang mampu membantu meningkatkan semangat serta menciptakan perasaan positif.

Baca juga: 9 Manfaat Lompat Tali Secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Sekarang, Anda sudah tahu bukan apa manfaat jogging setiap hari bagi kesehatan? Nah, di samping memahami apa manfaat jogging setiap hari, penting juga bagi Anda untuk selalu minum #AQUADULU demi mempertahankan hidrasi tubuh baik sebelum maupun setelah melakukan aktivitas jogging.

Perlu diingat, keringat yang Anda keluarkan selama berolahraga merupakan bagian dari cairan tubuh yang hilang sehingga harus segera digantikan dengan air mineral berkualitas seperti AQUA. Maka dari itu, selalu sedia dan jadikan AQUA sebagai pendamping olahraga sehari-hari, ya!

Referensi:

  1. How Running Improves Your Health - Buka
  2. All About That Pace: The Benefits of Jogging - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.