Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

6 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh Anda

Kebaikan AirHidup Sehat | 29 September 2021
6 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan Tubuh Anda

Bagi beberapa orang, lari pagi bisa menjadi sesuatu yang menantang. Alasan utamanya adalah sulit untuk bangun pagi hari dan mengumpulkan semangat untuk menjalani olahraga tersebut. Namun, banyak manfaat yang bisa didapatkan dari lari pagi terlebih udara yang masih bersih dan segar memberikan dampak yang baik untuk tubuh.

Lari pagi atau jogging menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari dan tidak membutuhkan banyak biaya. Selain itu, lari pagi memiliki segudang manfaat yang bisa anda rasakan, salah satunya adalah membantu menjaga mood sepanjang hari. Ini berdasarkan penelitian yang membuktikan bahwa olahraga teratur dapat membuat Anda merasa lebih tenang, berenergi dan lebih produktif.

Untuk lebih jelasnya, Inilah beberapa manfaat lari pagi yang dapat membantu kecemasan Anda dan membantu Anda menjalani hari:

Anda menjadi lebih tenang

Setiap orang memiliki rasa cemas yang dapat menyerang kapan saja: mungkin ketika kita sedang bersosialisasi atau menghadapi suatu masalah tertentu. Karena rasa cemas yang berlebihan, Anda jadi mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi. Dengan membiasakan lari pagi hari, Anda akan merasa lebih tenang dalam menyikapi sesuatu dan menyingkirkan semua pikiran negatif di awal hari.

Kualitas Tidur jadi Lebih Baik

Telah ditemukan banyak studi yang menunjukan bahwa lari pagi dapat membuat kualitas tidur jadi lebih baik. Salah satunya dari sebuah jurnal bernama Vascular Health and Risk Management yang menyatakan bahwa lari pagi memberikan kontribusi yang banyak untuk membuat tidur jadi lebih nyenyak.

Selain itu, studi yang ditemukan dalam jurnal bernama Sleep Medicine 2017, lari atau olahraga apapun di pagi hari sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur dan dapat menjadi solusi bagi mereka yang mengalami kesulitan tidur. (3)

Meningkatkan imunitas

Lari pagi diketahui mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan memicu tumbuhnya sel-sel pertahanan tubuh yang akhirnya membantu pembentukan sel imun yang baik. Dengan imun yang meningkat, maka tubuh pun memiliki perlindungan yang lebih kuat dari berbagai macam virus, bakteri, dan parasit berbahaya yang bisa membuat seseorang sakit.

Membuat Anda lebih fokus

Manfaat lari pagi selanjutnya adalah mampu meningkatkan stamina dalam menjalani aktivitas seharian penuh sehingga daya fokus tetap terjaga. Hal ini juga dapat membantu keseharian kita lebih produktif dan efektif baik dalam pekerjaan ataupun bersosialisasi.

Meningkatkan tingkat produktivitas

Bagi Anda yang gemar melakukan planning for the day, lari pagi merupakan salah satu pilihan terbaik dalam memulai hari Anda. Lari pagi juga bisa menjadi saat yang tepat untuk berpikir lebih jernih atas apa yang akan anda kerjakan di hari itu. Selain itu, Anda akan merasa memiliki waktu yang lebih panjang karena sudah beraktivitas atau produktif di pagi hari.

Anda merasa bisa mencapai apa saja

Ketika Anda sudah terbiasa lari pagi mungkin seminggu atau sebulan, Anda akan merasa bahwa tubuh menjadi lebih kuat setiap harinya, Anda dapat berlari lebih jauh dan lebih jauh. Rasa pencapaian ini memberikan sinyal positif ke otak yang membantu memicu pelepasan endorfin, hormon yang membuat Anda merasa bahagia. Setelah Anda menyadari bahwa Anda dapat mencapai sesuatu, Anda akan lebih percaya diri dalam kehidupan Anda(1)

Itulah tadi 6 manfaat lari pagi untuk mencegah diri Anda dari stres. Jadi mulailah hidup sehat dengan membiasakan lari di pagi hari, pasang alarm di jam 5 atau 6 pagi dan mulai sesi lari pagi yang tidak hanya menyenangkan tapi juga memberi banyak manfaat, khususnya untuk kesehatan mental Anda.

Apabila Anda ingin melakukan olahraga lari pagi, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan. Selain 5M, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, terutama dari cara pemakaian masker. Salah satu tips lari pagi saat pandemi adalah memakai masker yang nyaman dipakai saat lari. Anda juga bisa mengurangi intensitas lari Anda menjadi slow jogging atau easy run supaya penggunaan masker tidak mengganggu.

Selama berolahraga, jangan lupa tetap jaga hidrasi tubuh dengan air minum berkualitas seperti AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis.

AQUA juga memiliki Tiga Perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.

Mulai gaya diet sehat Anda dengan air terbaik. Pilih AQUA untuk dukung hidrasi sehat Anda!


Source:
https://www.thehealthjournals.com/morning-run-therapy/
https://www.kompas.com/sains/read/2021/05/24/103200323/manfaat-lari-pagi-bagi-kesehatan-bisa-kurangi-stres
https://www.merdeka.com/trending/10-manfaat-lari-pagi-yang-baik-untuk-kebugaran-dan-pahami-waktu-yang-tepat.html?page=1