9 Manfaat Lompat Tali Secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Hidup Aktif | 19 April 2022

Bagikan:

9 Manfaat Lompat Tali Secara Rutin bagi Kesehatan Tubuh

Selama ini, lompat tali mungkin dikenal luas sebagai salah satu olahraga untuk membantu menambah tinggi badan yang efektif. Namun sebenarnya, manfaat lompat tali jauh lebih kompleks daripada itu, lho! Meski terlihat sederhana, lompat tali merupakan salah satu latihan yang dinilai mampu melatih serta mengembangkan kekuatan otot secara maksimal.

Di samping itu, lompat tali juga termasuk olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan. Yuk simak terus artikel berikut sampai akhir untuk mengetahui lebih lanjut apa manfaat lompat tali bagi tubuh!

Manfaat Lompat Tali bagi Kesehatan Tubuh

Lompat tali adalah latihan yang dapat melatih seluruh tubuh. Maka dari itu, tak mengherankan bila dilakukan secara rutin, beberapa manfaat lompat tali bagi tubuh di antaranya yaitu:

1. Memperkuat otot

Jika sedang ingin melatih seluruh tubuh secara efektif, maka cobalah lompat tali. Sebab gerakan lompat tali bergantung pada otot tubuh bagian bawah (misalnya betis, paha, dan bokong), tubuh bagian atas (seperti bahu dan bisep), serta otot perut.

Dalam jangka panjang, manfaat lompat tali bagi tubuh yaitu membantu meningkatkan kekuatan sekaligus daya tahan otot. Secara lebih lanjut, hal ini dapat membuat Anda kuat berolahraga lebih lama sehingga juga bisa meningkatkan tingkat kemampuan fisik [1].

2. Membangun kepadatan tulang

Lompat tali adalah aktivitas fisik berintensitas tinggi yang berfokus pada tulang sehingga dalam jangka panjang akan membuatnya lebih kuat [1]. Ini karena saat seseorang melompat, secara otomatis tubuh akan merespon tekanan sementara pada tulang tersebut dengan membangun kepadatannya kembali sehingga lebih kuat dan padat.

Sebuah studi selama 22 minggu menemukan manfaat lompat tali untuk tinggi badan dengan adanya peningkatan signifikan yang ditemukan dalam kepadatan mineral tulang dari tulang belakang lumbar dan leher femoralis (bagian dari tulang paha) setelah berpartisipasi dalam 20 menit lompat tali selama dua kali seminggu [1].

3. Meningkatkan koordinasi dan keseimbangan

Menambahkan lompat tali ke rutinitas latihan sehari-hari bisa menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keseimbangan dan koordinasi Anda. Pasalnya, lompat tali melibatkan koordinasi lengan, kaki, dan dada sambil menjaga ritme yang konstan.

Selain itu, Anda juga harus memiliki keseimbangan yang tepat untuk mempertahankan pusat gravitasi dan membiarkan kaki terdorong dari tanah secara berulang [1]. Saat memutar atau mengayunkan tali pun, secara tanpa sadar, sebenarnya Anda sedang membangun koordinasi dan keseimbangan tubuh [1].

4. Melindungi kinerja kardiovaskular

Tahukah Anda, gerakan melompat secara terus menerus selama jangka waktu tertentu membutuhkan lebih banyak darah dan oksigen untuk dipompa ke otot-otot tubuh yang bekerja. Akibatnya, untuk mengakomodasi peningkatan permintaan suplai darah dan oksigen tersebut, terjadilah peningkatan laju pernafasan dan detak jantung.

Lalu apa manfaat lompat tali ini adalah dapat memperkuat jantung sekaligus meningkatkan kapasitas paru-paru yang nantinya memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama. Dengan kata lain, lompat tali merupakan latihan yang sangat baik untuk meningkatkan kebugaran kardio Anda [1].

Baca juga: 10 Olahraga Kardio di Rumah dan Manfaatnya untuk Kesehatan

5. Melatih kecepatan dan kelincahan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa lompat tali berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai [2]. Sebagai tambahan, bentuk lompat tali yang tepat membantu Anda mengembangkan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan.

Manfaat lompat tali bagi tubuh satu ini akan sangat membantu jika Anda memainkan olahraga apa pun yang memerlukan untuk mengubah arah dengan cepat seperti tinju, bola basket, dan bola voli. 

6. Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, lompat tali mengaktifkan hampir setiap otot di tubuh sehingga membantu meningkatkan detak jantung dengan cepat dan untuk waktu yang lama akan membantu tubuh Anda membangun daya tahan kardiovaskular [3].

Secara lebih lanjut, menurut seorang pelatih profesional bola basket, cara terbaik untuk memaksimalkan manfaat latihan lompat tali adalah dengan melakukannya sekitar 20-30 menit per sesi [3].

7. Membakar lebih banyak kalori

Penelitian telah menunjukkan bahwa lompat tali dapat membantu Anda membakar lebih dari 1.000 kalori per jam [2]. Diketahui, lompat tali dapat membakar hingga 1.300 kalori per jam. Bahkan lompat tali selama sepuluh menit pun dapat dianggap setara dengan berlari sejauh delapan menit [2].

Bila dibandingkan dengan aktivitas lain, lompat tali adalah salah satu bentuk latihan paling efisien yang dapat Anda lakukan untuk membakar kalori. Jadi jika berencana memulai program penurunan berat badan, jangan lewatkan manfaat lompat tali yang satu ini, ya!

8. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Manfaat lompat tali bagi tubuh bukan hanya sekadar untuk membantu menurunkan berat badan saja, namun juga berguna demi mempertahankan kesehatan Anda secara keseluruhan. Bahkan sebuah studi menunjukkan aktivitas fisik seperti lompat tali, meningkatkan beberapa area kesehatan seperti [2]: 

  • Kualitas tidur
  • Kemampuan mengatasi stres
  • Ketajaman mental
  • Kepercayaan diri
  • Kesempatan mendapat teman baru
  • Produktivitas

Selain itu lompat tali juga baik untuk kesehatan otak, karena olahraga ini melibatkan koordinasi, ritme, dan strategi. Terutama apabila Anda berlatih dan melakukan beberapa trik lompat tali.

Baca juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit

9. Membuat olahraga menjadi menyenangkan

Bagi banyak orang, olahraga merupakan aktivitas yang cukup melelahkan. Di sisi lain, lompat tali bisa menjadi salah satu pilihan latihan fisik menyenangkan namun juga sangat efektif bagi kesehatan Anda. Faktanya, semakin Anda menikmati olahraga tersebut, maka semakin besar pula kemungkinan untuk dapat melakukannya dalam jangka panjang [1].

Nah sekarang, Anda sudah tahu bukan apa manfaat lompat tali bagi kesehatan tubuh? Mengingat berbagai manfaatnya, tentu akan sangat disayangkan sekali bila Anda menyia-nyiakannya begitu saja. Oleh karena itu, segera pertimbangkan untuk memasukkan lompat tali dalam daftar rutinitas harian, ya.

Sesudah berolahraga. Tubuh Anda pasti akan mengeluarkan keringat dan membutuhkan air mineral untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Itulah sebabnya, selalu sediakan AQUA sebagai teman berolahraga Anda sehingga hidrasi tubuh tetap terjaga setiap saat.

Hanya AQUA yang setiap tetes kemurnian sekaligus kesegarannya tetap terjaga serta telah melalui lebih dari 400 cek kualitas dan dikemas langsung dari sumbernya. Jadi, sudahkah Anda minum #AQUADULU hari ini?

Referensi:

  1. The Benefits of Jumping Rope Go Beyond Weight Loss - Buka
  2. Jump Rope Benefits: The Unique Results of Jump Rope Training - Buka
  3. Jump Rope Benefits That Make It Totally Worth the Sweat - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.