Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh

Kebaikan AirHidup Sehat | 29 September 2021
Manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh

Pentingnya air putih bagi tubuh masih menjadi pengetahuan yang minim bagi banyak orang. Sejatinya, tubuh membutuhkan asupan cairan yang cukup agar dapat bekerja secara optimal. Normalnya, disarankan untuk minum air sebanyak 2 liter atau 8 gelas perhari agar hidrasi tubuh tercukupi[1].

Dilansir dari The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) oleh Prof. Dr. Ir. Hardinsyah, M.S. menemukan bahwa setidaknya 46,1% dari 1200 penduduk Indonesia di DKI Jakarta, Jawa Barat, Timur, dan Sulawesi Selatan mengalami tahap dehidrasi ringan [2]. Dehidrasi ringan sendiri ditandai dengan tenggorokan atau bibir kering, badan lemas, hingga meningkatnya suhu tubuh. Kurang minum juga dapat mengurangi tingkat konsentrasi dalam kegiatan sehari-hari [2]. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga asupan cairan kedalam tubuh agar aktivitas harian kita berjalan dengan lancar dan menjaga fungsi organ tubuh.

Selain menghilangkan rasa haus, ternyata minum air putih memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Yuk, ketahui apa saja manfaat dari air putih:

Mencegah dehidrasi

Manfaat pertama dari minum air putih tentunya mencegah tubuh dari kekurangan cairan atau dehidrasi. Meski terlihat ringan, kondisi dehidrasi yang tidak segera ditangani dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal, kejang, dan bahkan syok yang dapat membahayakan nyawa [3].

Menjaga kesehatan sendi dan otot

Manfaat selanjutnya mengonsumsi air putih secara rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan kelenturan sendi dan otot tubuh. Dengan demikian, otot tidak kaku dan tubuh pun tidak cepat lelah saat bergerak atau beraktivitas [3].

Menurunkan berat badan

Air putih membantu sistem pencernaan untuk membuang limbah dari dalam tubuh. Karenanya, manfaat air putih dianggap dapat membantu menurunkan berat badan. Air putih pun membantu perut terasa kenyang sehingga seseorang akan makan lebih sedikit [4].
Menurut studi di Journal of Clinical and Endocrinology and Metabolism tahun 2008, minum setengah liter (17 ons) air putih bisa meningkatkan metabolisme sebesar 24-30 persen selama 1,5 jam.
Memelihara kesehatan kulit

Sebanyak 50% - 60% persen jaringan tubuh terdiri dari air, termasuk sel-sel kulit. Kurangnya cairan tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar kulit tetap terhidrasi serta menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit [4].

Menjaga konsentrasi

Kekurangan cairan tubuh juga berdampak pada terganggunya fungsi otak, terutama kemampuan untuk fokus dan konsentrasi. Hal ini tentu berdampak pada aktivitas dan produktivitas Anda sepanjang hari.

Sebuah studi yang diterbitkan di British Journal of Nutrition menyebutkan bahwa 1,59 persen hilangnya cairan tubuh pada pria muda dapat memengaruhi kerja memori dan meningkatnya rasa cemas dan kelelahan [4].

Menjaga kesehatan pencernaan

Apakah Anda sering mengalami sembelit? Hati-hati bisa jadi itu merupakan tanda Anda kekurangan asupan cairan. Untuk mencegahnya, Anda disarankan untuk rutin mengonsumsi air putih [3].

Dengan rutin mengonsumsi air putih semua manfaat air putih yang telah dijelaskan diatas dapat Anda rasakan. Tetapi, semua manfaat air putih harus didukung dengan kualitas air yang terjaga. Baik dari segi pengolahan, kandungan, hingga segala prosesnya hingga sampai dikonsumsi oleh masyarakat. Sehingga, pola hidup sehat yang ingin diterapkan menjadi optimal.

Untuk itu pilihlah AQUA yang secara konsisten melakukan berbagai penelitian untuk mendapatkan air mineral yang berkualitas. Lebih dari 17 sumber air pegunungan terpilih Indonesia dari Sabang sampai Merauke telah melalui uji klinis oleh para ahli geologi dan geohidrologi. Melewati proses panjang untuk uji kualitas, menjadikan AQUA sebagai pilihan air mineral berkualitas yang ada di Indonesia.

Sumber mata air pegunungan AQUA merupakan pegunungan vulkanis yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air.

Sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

 

Sumber:
https://www.merdeka.com/trending/13-manfaat-banyak-minum-air-putih-baik-untuk-jaga-kesehatan-amp-kecantikan-sejak-dini-kln.html
https://www.sehataqua.co.id/10-manfaat-air-putih-bagi-kesehatan-tubuh-manusia/
https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3623228/jangan-malas-minum-air-putih-ini-manfaatnya