Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Manfaat push up setiap hari ternyata dapat memperbaiki postur tubuh, lho!

Kebaikan AirHidup Sehat | 19 November 2021
Manfaat push up setiap hari ternyata dapat memperbaiki postur tubuh, lho!

Apakah Anda sering memperhatikan bagaimana postur tubuh Anda selama ini? Postur tubuh seseorang menggambarkan posisi tubuh saat berdiri, duduk, atau berbaring. Postur tubuh yang baik dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kesehatan tubuh seseorang.

Menurut sebuah artikel yang dimuat di Cleveland Clinic, postur tubuh yang baik dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi. Secara spesifik, posisi tubuh yang baik memiliki dampak positif seperti berikut.

  • Mencegah sakit punggung dan otot [1].
  • Menghindari rasa lelah karena otot digunakan dengan lebih efisien.
  • Mencegah tulang punggung berada pada posisi yang abnormal.
  • Mengurangi ketegangan pada ligamen di tulang belakang.
  • Membantu mencegah kerusakan sendi yang dapat menjadi penyebab radang sendi

Ada satu gerakan olahraga yang dipercaya dapat mengatasi postur tubuh yang kurang baik yaitu push up. Tidak hanya menguatkan otot, ternyata rutin push up setiap hari dapat memperbaiki postur tubuh. Berikut ini manfaat lengkap dari push up kepada tubuh Anda:.

Meningkatan Kekuatan Sendi

Manfaat push up yang pertama adalah peningkatan kekuatan sendi. Push up sangat efektif untuk memperkuat otot di sekitar sendi bahu dan siku. Otot dan tendon di area bahu bertanggung jawab untuk menjaga tulang lengan atas di soket bahu [2].

Peningkatan Kekuatan Tubuh dan Kekuatan Otot

Ada beberapa variasi push up, dan setiap jenis push up mengaktifkan otot dengan cara yang berbeda [2]. Gerakan push up membantu meningkatkan kekuatan otot bagian atas tubuh, seperti trisep, dada, dan bahu. Walaupun terfokus pada tubuh bagian atas, namun push up juga dapat memperkuat bagian tubuh lainnya, seperti otot perut, punggung, dan tungkai [3]. Berikut adalah beberapa jenis push up yang dapat Anda lakukan secara rutin untuk merasakan manfaat push up.

  • Push Up Standard: Kedua tangan terpisah selebar bahu dan langsung sejajar dengan bahu. Tubuh bagian atas, sejajar dengan kaki, dan seluruh tubuh tetap kaku.
  • Pushup Lebar: Jarak antara kedua tangan dua kali lipat dari jarak di push up standard.
    Narrow Push Up: Tangan berada di bawah tengah tulang dada, atau tulang dada, dengan ibu jari dan telunjuk masing-masing tangan bersentuhan.
  • Forward Push Up: Kedua tangan terpisah selebar bahu tetapi 20 cm di depan bahu.
    Backward Push Up: Kedua tangan terpisah selebar bahu tetapi 20 cm di belakang bahu.

3. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Kekuatan otot yang meningkat dapat mengurangi risiko seseorang terkena penyakit kardiovaskular. Beberapa penelitian telah mengaitkan kekuatan otot dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular [2].

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa gerakan push up ternyata dapat membantu memperbaiki postur tubuh. Berbagai aktivitas sehari-hari seperti bekerja dan mengurus rumah dapat mengakibatkan postur tubuh kita bisa menjadi kurang baik, seperti pundak yang menunduk dan tulang belakang yang membungkuk. Bila dilakukan dengan benar, push up bisa memperbaiki postur tubuh tersebut [2].

5. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Sudah dijelaskan sebelumnya tentang manfaat push up pada sendi dan otot. Nah, akibat sendi makin kuat, keseimbangan tubuh pun akan meningkat. Keseimbangan ini akan berdampak pada keseharian kita, seperti saat berjalan kaki, berolahraga lari, menggendong anak, ataupun menenteng kantong belanja yang berat [2].

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Tak hanya bisa dilakukan di pagi atau sore hari, Anda yang memiliki jadwal yang sibuk bisa mencoba melakukan push up sebelum tidur. Pasalnya, ada manfaat push up sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan, misalnya adalah meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia [2].
Jangan lupa untuk mempelajari bagaimana melakukan gerakan push up yang benar agar tidak mengalami cedera.

Setelah push up, tubuh Anda membutuhkan air mineral untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Anda bisa membawa AQUA saat olahraga sehingga hidrasi tubuh tetap terjaga setiap saat. AQUA dipercaya sebagai pelopor air mineral berkualitas karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 parameter cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis.

AQUA juga memiliki Tiga Perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.
Jadikan push up sebagai aktivitas harian dan penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan air mineral berkualitas seperti AQUA!

 

Sumber:
https://hellosehat.com/muskuloskeletal/postur-tubuh-yang-baik/
https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-push-up/
https://www.alodokter.com/ini-dia-empat-manfaat-push-up