5 Manfaat Renang Gaya Dada Bagi Kesehatan, Begini Tekniknya

Hidup Aktif | 15 Juni 2022

Bagikan:

5 Manfaat Renang Gaya Dada Bagi Kesehatan, Begini Tekniknya

Jika Anda baru saja mulai belajar berenang, maka gerakan renang gaya dada adalah pilihan tepat. Sebab, jenis olahraga kardio satu ini cukup sederhana dan tergolong paling mudah dipelajari sehingga kerap direkomendasikan untuk para pemula. Di sisi lain, manfaat renang gaya dada sangat beragam, satu di antaranya ialah memperkuat tulang dan otot tubuh.

Nah, kali ini AQUA akan membahas satu-satu mengenai berbagai manfaat renang gaya dada bagi kesehatan beserta cara melakukannya. Yuk simak ulasannya sampai habis!

Panduan Gerakan Renang Gaya Dada untuk Pemula

Gerakan renang gaya dada atau juga biasa dikenal sebagai gaya katak merupakan salah satu teknik berenang yang cukup sederhana dan mudah. Oleh karena itu, tak heran jika teknik ini kerap direkomendasikan bagi pemula sebagai latihan awal.

Pasalnya, gerakan renang gaya dada memungkinkan kepala Anda tetap berada di atas permukaan air sehingga Anda pun tidak perlu merasa takut atau panik lantaran belum terbiasa menenggelamkan kepala ke dalam air. Jika Anda ingin mempelajari teknik renang tersebut, maka Anda wajib simak langkah-langkah melakukannya dengan benar di bawah ini.

  1. Pertama, posisikan bagian depan tubuh Anda menghadap ke lantai kolam renang
  2. Pastikan tubuh Anda lurus dan merasa serileks mungkin, namun usahakan pergelangan kaki tetap berada di bawah permukaan air
  3. Kemudian, satukan kedua telapak tangan dengan posisi tangan lurus ke depan sebagai persiapan meluncur
  4. Lalu, lakukan gerakan meluncur dengan cara mendorong tubuh Anda menggunakan telapak kaki yang menempel pada tembok kolam renang
  5. Bersamaan dengan gerakan meluncur, mulai buka kedua telapak tangan Anda ke arah luar hingga tubuh membentuk huruf Y
  6. Putar tangan ke arah dalam hingga kedua tangan menyatu dan lurus kembali di depan dada Anda
  7. Di sisi lain, buka kedua paha Anda dan tekuk lutut hingga tumit mengarah ke area bokong layaknya gerakan kaki katak ketika berenang
  8. Apabila tangan telah berada di depan dada dan bersiap membuka kembali, angkat kepala serta bahu Anda permukaan air untuk mengambil napas
  9. Sembari tangan mulai terbuka atau mengayuh lagi, kepala dan bahu Anda sudah harus berada di bawah air kembali
  10. Lakukan gerakan di atas secara berulang hingga selesai

Baca juga: 7 Manfaat Treadmill Bagi Kesehatan Fisik Maupun Mental

Manfaat Renang Gaya Dada Bagi Kesehatan

Setelah mengetahui cara melakukannya, berikut ini terdapat sejumlah manfaat renang gaya dada bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan jika rutin melatihnya.

1. Memperkuat Tulang dan Otot

Salah satu manfaat renang gaya dada adalah meningkatkan kekuatan tulang dan otot. Bagaimana tidak, Anda pastinya terus-menerus menggerakan seluruh bagian tubuh saat berenang, mulai dari kepala hingga ujung kaki.

Nah, bila gerakan ini Anda lakukan secara rutin dan teratur, maka kekuatan otot tubuh akan terus meningkat hingga akhirnya mempertahankan massa otot Anda dalam jangka panjang. Hal tersebut juga sekaligus menjaga kesehatan tulang serta membantu mengurangi risiko osteoporosis di hari tua.

Selain itu, renang juga dikenal sebagai low impact exercise yang aman bagi tulang dan persendian terlebih bagi pasien geriatri dan obesitas.

2. Membakar Lemak dengan Efektif

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, gerakan renang gaya dada bisa jadi salah satu solusinya. Sebab, olahraga ini diketahui mampu membakar lemak-lemak di dalam tubuh secara efektif. Anda bisa menghilangkan sebanyak 60 kalori dengan melakukan teknik renang gaya katak bolak-balik selama 10 menit atau 200 kalori untuk 30 menit [1].

Manfaat renang gaya dada dalam membakar lemak diketahui jauh lebih efektif dibanding berjalan kaki pada durasi yang sama. Sehingga, Anda bisa melakukan olahraga ini secara rutin setidaknya 30 menit sehari untuk menurunkan berat badan dengan cepat. 

Namun, jika Anda masih pemula, Anda bisa mulai dengan durasi 10 menit terlebih dahulu, lalu tingkatkan secara bertahap. Semakin cepat dan jauh jarak yang Anda tempuh selama berenang, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Jika Anda kerap merasa mudah lelah atau kehabisan napas walau tidak melakukan aktivitas berat, bisa jadi hal tersebut merupakan pertanda masalah kebugaran jantung maupun paru-paru. nah, Anda bisa mengatasi persoalan tersebut dengan rutin melakukan gerakan renang gaya dada.

Ya, manfaat renang gaya dada diketahui dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan juga paru-paru. Sebab, saat berenang, detak jantung Anda akan meningkat hingga akhirnya melatih kekuatan otot jantung. Dengan begitu, pembuluh darah mampu menyalurkan lebih banyak darah secara cepat dan membuat aliran oksigen ke setiap sel tubuh menjadi optimal.

Di sisi lain, berenang juga melatih pola pernafasan anda sehingga meningkatkan kapasitas paru Anda. Dampaknya, jantung dan paru-paru bisa bekerja dengan lebih baik dan stabil. Anda pun a akan tidak lagi mudah merasa lelah atau kesulitan bernapas saat melakukan aktivitas fisik.

Baca juga: 13 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Coba!

4. Menjaga Tensi dan Kadar Gula Darah Tetap Normal

Manfaat renang gaya dada berikutnya adalah membuat tensi dan juga kadar gula darah normal dan lebih terkontrol. Hal ini juga berkaitan dengan kebugaran jantung karena rutin berenang, di mana kinerja jantung Anda menjadi lebih efisien dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Akhirnya, tekanan darah pun tetap terjaga dengan baik.

Di sisi lain, aktivitas fisik secara rutin akan meningkatkan penggunaan glukosa dan memicu pembongkaran cadangan gula yang disimpan di dalam sel tubuh. Alhasil, gula darah akan terjaga dengan baik. Bahkan, menurut sebuah penelitian, olahraga renang disebut bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam pembuluh darah [1].

5. Menurunkan Risiko Penyakit Kronis

Manfaat renang gaya dada yang terakhir adalah membantu mencegah risiko berbagai penyakit kronis. Pasalnya, fungsi jantung yang sehat, kuat, dan stabil mampu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh, hingga menjauhkan Anda dari kemungkinan sakit punggung bawah, penyakit jantung, diabetes, atau stroke [1]. 

Itu dia berbagai manfaat renang gaya dada dan cara melakukannya. Jika ingin memperoleh manfaat renang gaya dada tersebut, Anda disarankan melatihnya secara rutin dan teratur. Selain itu, jangan lupa imbangi dengan pola makan sehat serta minum air putih yang cukup.

Pastikan minum air putih setidaknya 2 liter atau setara 8 gelas setiap hari demi mencegah tubuh Anda mengalami dehidrasi yang nantinya bisa menimbulkan masalah kesehatan serius. Agar lebih mudah dan tidak lupa, Anda dapat menyediakan air mineral AQUA sebagai minuman andalan di segala aktivitas.

Sebab, AQUA memiliki berbagai kemasan yang praktis dibawa kemanapun untuk menemani kegiatan Anda di luar. Anda tinggal pilih sesuai keperluan, salah satunya ialah jenis kemasan AQUA Click & Go 750ml dengan sports cap yang memudahkan Anda untuk minum air mineral terbaik ketika berolahraga.

Yuk, dapatkan manfaat air mineral berkualitas dengan minum #AQUADULU kapanpun dan dimanapun!

Referensi:

  1. Panduan Teknik Renang Gaya Dada, Plus Manfaatnya Bila Rutin Anda Lakukan - Buka
  2. Memahami Teknik dan Manfaat Renang Gaya Dada - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.