7 Manfaat Treadmill Bagi Kesehatan Fisik Maupun Mental

Hidup Aktif | 17 Mei 2022

Bagikan:

7 Manfaat Treadmill Bagi Kesehatan Fisik Maupun Mental

Olahraga Treadmill adalah salah satu latihan yang cukup populer dan kerap dijadikan sebagai pilihan olahraga di rumah atau dalam ruangan seperti gym. Bukan cuma karena sifatnya yang praktis, tetapi juga lantaran begitu banyaknya manfaat treadmill bagi kesehatan, entah secara fisik maupun mental.

Ya, tanpa harus repot-repot keluar ruangan, Anda bisa memperoleh berbagai manfaat kesehatan dari latihan treadmill seperti di bawah ini. Check it out!

Apa itu Treadmill?

Sebagian dari Anda mungkin masih cukup asing dengan apa itu treadmill. Well, treadmill adalah salah satu peralatan olahraga kardio yang umumnya digunakan di berbagai pusat kebugaran. Ini merupakan latihan berjalan atau berlari di atas mesin dengan mengikuti kecepatan.

Bisa dibilang, treadmill adalah alternatif jika Anda enggan berolahraga seperti lari pagi atau lari sore di luar ruangan. 

Manfaat Treadmill Bagi Kesehatan Tubuh

Apabila Anda baru ingin memulai kebiasaan berolahraga, treadmill adalah pilihan tepat yang bisa Anda coba. Sebab, tak hanya sekadar meningkatkan kebugaran tubuh, namun juga mendatangkan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Apa saja itu? Yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini!

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat lari di treadmill adalah membakar lemak tubuh dengan lebih efektif dibanding sejumlah latihan aerobik lainnya [1]. 

Tak dapat dipungkiri, semakin konsisten Anda berlatih dengan treadmill, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar dalam waktu singkat. Hal ini tentu saja akan sangat membantu Anda menurunkan berat badan secara alami.

2. Membentuk dan Memperkuat Otot

Manfaat treadmill berikutnya ialah membentuk dan memperkuat otot tubuh Anda. Bagaimana tidak, olahraga satu ini akan membuat otot-otot kaki dan paha Anda berkontraksi selama Anda berlatih sekaligus melibatkan otot lainnya, mulai dari punggung, perut, bokong, hingga lengan sekalipun [1]. 

Pastikan Anda selalu mempertahankan postur tubuh dengan ketika berlari di atas treadmill. Hal ini akan melatih otot inti tubuh secara menyeluruh sehingga memberikan hasil yang maksimal.

3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Jarang diketahui, manfaat treadmill bagi kesehatan rupanya dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Bahkan, menurut penelitian, latihan treadmill bisa menurunkan kemungkinan berkembangnya proses radang kronis terkait Diabetes Mellitus Tipe-2.

Baca juga: Apa itu HIIT Cardio? 6 Manfaat dan 5 Gerakannya untuk Pemula

4. Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat treadmill bagi tubuh lainnya ialah menjaga kesehatan jantung. Ya, latihan kardio satu ini terbukti baik dalam meningkatkan kekuatan jantung karena mampu memperlancar sirkulasi darah, mencegah penyumbatan arteri, sekaligus mengatur tekanan darah. Pada akhirnya, ini akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Di samping itu, olahraga treadmill juga dilengkapi dengan monitor detak jantung yang mampu mempertahankan detak jantung tetap stabil dan konstan selama Anda berlatih. Bila Anda merupakan penderita kolesterol tinggi atau masalah kardiovaskular, latihan treadmill bisa jadi pilihan olahraga yang patut dicoba.

5. Meningkatkan Kesehatan dan Memori Otak

Tahukah Anda, latihan treadmill ternyata mampu membantu meningkatkan kesehatan otak dan daya ingat. Pasalnya, ketika berlari di atas treadmill, denyut jantung Anda akan meningkat dan kemudian mendorong pergerakan darah yang membawa oksigen ke otak. Hal inilah yang merangsang pertumbuhan sel-sel otak, meningkatkan fungsi beserta memperkuat jaringannya.

Oleh karenanya, tak heran jika olahraga secara teratur disebut-sebut mampu menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan Skizofrenia.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain meningkatkan kesehatan dan memori otak, manfaat treadmill bagi tubuh juga dinilai bisa memperbaiki kualitas tidur. Sebab, olahraga kardiovaskular satu ini akan meningkatkan pelepasan melatonin dalam tubuh, yakni suatu hormon yang membuat Anda tidur dengan nyenyak di malam hari.

Sehingga, apabila Anda memiliki masalah dengan pola tidur, tak ada salahnya mencoba latihan treadmill secara rutin untuk memperoleh manfaatnya.

7. Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat treadmill yang tak kalah penting ialah membantu menjaga kesehatan mental. Sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga treadmill selama 30 menit mampu menurunkan tingkat depresi dan berdampak secara signifikan terhadap suasana hati seseorang [2]. 

Sebab, ketika Anda melakukan aktivitas fisik seperti berlari, sistem saraf dalam tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang memicu perasaan bahagia. Selain itu, olahraga juga diketahui bisa meningkatkan sensitivitas otak terhadap hormon serotonin dan norepinefrin. Inilah yang kemudian mengurangi kecemasan dan mengatasi gejala stres maupun depresi. 

Tips Latihan Treadmill 

Setelah mengetahui berbagai manfaat treadmill bagi kesehatan, berikut ini terdapat sejumlah tips yang bisa diterapkan agar olahraga Anda memberikan hasil secara optimal.

1. Lakukan Pemanasan dan Pendinginan

Melakukan pemanasan sebelum latihan treadmill adalah bagian penting yang sebaiknya tidak Anda lewatkan, begitu pula dengan gerakan pendinginan setelah olahraga. Ini ditujukan untuk mencegah terjadinya nyeri otot atau cedera.

Anda bisa melakukan pemanasan dan pendinginan dengan jalan santai atau latihan intensitas rendah selama kurang lebih 5 sampai 15 menit.

2. Pelajari Fungsi Alat Treadmill

Mengingat tombol pada treadmill cukup banyak, cobalah pelajari fungsi alat olahraga tersebut dengan baik. Anda dapat meminta bantuan trainer atau petugas untuk menggunakan treadmill bila memang Anda berada di gym. Hal ini akan membantu Anda mengoptimalkan latihan.

Baca juga: 5 Jenis Olahraga Menurunkan Berat Badan, Cepat dan Mudah!

3. Variasikan Kecepatan Treadmill

Jika telah memahami fungsi alat treadmill dengan baik, kemudian Anda bisa memperhatikan gerakan saat berlatih. Cobalah variasikan latihan dengan berbagai jenis lari interval.

Anda bisa mengkombinasikannya dari lari pelan, cepat, hingga pemulihan secara bertahap. Untuk memperoleh manfaat yang maksimal, maka latihan fisik dengan treadmill membutuhkan durasi, frekuensi, dan juga intensitas.

4. Tidak Lompat atau Pindah Posisi Saat Treadmill Sedang Bergerak

Tips yang terakhir ialah tidak melompat atau berpindah posisi ketika treadmill sedang bergerak, terutama saat treadmill bergerak dalam kecepatan tinggi. Hal ini ditujukan untuk menghindari terjadi cedera atau terjatuh. Pastikan treadmill telah berhenti dan cukup aman untuk melakukan sesuatu.

Itulah manfaat treadmill bagi tubuh beserta tips latihan yang bisa Anda coba. Selama berlatih, jangan lupa minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi ya. Pasalnya, aktivitas olahraga akan membuat tubuh kehilangan banyak cairan yang berisiko menurunkan kinerja dan fungsi organ.

Maka dari itu, pastikan Anda selalu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan selalu sedia #AQUADULU kapanpun dan dimanapun.

So, sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. 3 Health Benefits of Treadmills - Buka
  2. 7 Ways Treadmill Workouts Can Benefit Your Health - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.