13 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Coba!

Hidup Aktif | 28 April 2022

Bagikan:

13 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Fisik dan Mental, Yuk Coba!

Yoga adalah olahraga tubuh dan pikiran yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan belakangan ini cukup diminati oleh banyak orang. Hal ini didukung dengan fakta bahwa meski gerakan yoga terbilang sederhana, manfaat dibaliknya ternyata cukup beragam dan tak bisa dianggap remeh begitu saja.

Pada dasarnya, yoga melatih Anda untuk mengendalikan tubuh dan pikiran sehingga kerap dijadikan sebagai salah satu bentuk meditasi. Simak terus artikel berikut guna mengetahui lebih lanjut apa manfaat yoga untuk kesehatan fisik dan mental. Check it out!

13 Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat sederet manfaat yoga bagi tubuh dan mental yang akan Anda peroleh bila melakukannya secara rutin. Beberapa di antaranya yaitu [1]:

1. Meningkatkan fleksibilitas

Fleksibilitas adalah salah satu komponen penting dari kesehatan fisik. Namun perlu diketahui, secara alami, fleksibilitas akan menurun seiring bertambahnya usia seseorang. Sebuah studi di tahun 2019 menemukan bahwa manfaat yoga dapat memperlambat kehilangan fleksibilitas dan bisa meningkatkannya pada orang dewasa [2].

2. Mengurangi peradangan

Tahukah Anda, hampir semua masalah kesehatan berkaitan dengan peradangan berkepanjangan yang tidak ditangani secara serius? Melansir Healthline, sebuah ulasan yang memeriksa 15 penelitian telah menemukan bahwa melakukan yoga dalam berbagai gaya, intensitas, maupun durasi dapat membantu mengurangi peradangan. 

3. Menurunkan kecemasan

Banyak orang mulai berlatih yoga sebagai salah satu cara untuk mengatasi perasaan cemas. Menariknya, ada cukup banyak penelitian yang menunjukkan manfaat yoga ternyata dapat membantu mengurangi kecemasan.

Dalam satu penelitian, 34 wanita yang didiagnosis dengan gangguan kecemasan berpartisipasi dalam kelas yoga dua kali seminggu selama dua bulan. Hasilnya, ditemukan bahwa mereka yang berlatih yoga memiliki tingkat kecemasan yang jauh lebih rendah daripada kelompok kontrol.

4. Meningkatkan kekuatan

Di samping melatih kelenturan tubuh, yoga ternyata juga dapat meningkatkan kekuatan Anda, lho! Sebagai catatan, manfaat yoga satu ini bergantung pada tingkat kelas dan metode yang Anda pilih. 

Hal ini juga didukung oleh beberapa penelitian yang telah menunjukkan bahwa seseorang mengalami peningkatan kekuatan tubuh setelah melakukan yoga secara rutin [1].

5. Membantu menghilangkan stres

Selama ini, yoga dikenal karena kemampuannya yang dianggap efektif untuk meredakan stres. Pernyataan tersebut didukung dengan beberapa penelitian yang telah menunjukkan bahwa manfaat yoga dapat menurunkan kortisol, yaitu sejenis hormon stres [1].

Sementara itu, studi lain pada 131 orang juga menemukan bahwa rutin melakukan yoga selama 10 minggu mampu membantu mengurangi stres sekaligus meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan mental [1].

6. Menjaga fungsi kardiovaskular

Beberapa orang menyukai yoga lantaran variasi gerakannya yang dianggap mampu melatih pernapasan. Secara khusus, latihan teknik pernafasan yoga ini ternyata dapat membantu meningkatkan beberapa fungsi dalam tubuh, termasuk salah satunya yaitu kardiovaskular.

Hal ini juga didukung dengan fakta bahwa kesehatan sistem kardiovaskular sangat dipengaruhi oleh bagaimana Anda mengendalikan ritme pernapasan [1].

7. Membuat tidur lebih nyenyak

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, yoga secara khusus sangat membantu Anda untuk mengendalikan stres sekaligus memperoleh ketenangan mental. Sehubungan dengan itu, yoga juga telah terbukti mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang [1].

Studi lain menemukan adanya manfaat yoga pada tidur pada pasien dengan limfoma yaitu berupa pengurangan gangguan tidur, peningkatan kualitas dan durasi tidur, dan penurunan kebutuhan akan obat tidur.

8. Mempertahankan postur tubuh

Sebagai masyarakat modern, banyak orang yang tanpa sadar terjebak dalam sedentary lifestyle, dimana mereka menghabiskan lebih banyak untuk duduk dan tidak aktif bergerak. Penelitian baru-baru ini menemukan manfaat yoga untuk kesehatan yaitu peningkatan fungsi otak di pusat yang bertanggung jawab untuk intersepsi dan postur tubuh [2].

9. Menjaga kesehatan tulang

Beberapa gerakan yoga seperti Warrior II dan asana diketahui mampu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis [1]. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa hanya dengan 12 menit yoga per hari secara signifikan dapat membantu Anda dalam menjaga kesehatan tulang [3].

10. Meningkatkan fungsi otak

Sebelumnya, telah disebutkan bahwa yoga merupakan olahraga tubuh dan pikiran yang cukup efektif. Secara lebih lanjut, diketahui bahwa dalam hal ini, manfaat yoga bagi tubuh berkaitan dengan mengaktifkan area otak yang bertanggung jawab untuk motivasi, fungsi eksekutif, perhatian, dan neuroplasticity [2].

11. Mengatasi kelelahan

Di tengah pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, terdapat sebuah penelitian yang mengamati kelelahan pada tenaga kesehatan. Hasilnya, disimpulkan bahwa intervensi meditasi berbasis yoga dapat membantu mengurangi efek kelelahan dengan meningkatkan interoseptif secara signifikan [1].

12. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Tahukah Anda, stres kronis ternyata dapat memberikan dampak negatif bagi sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, Anda pun lebih rentan terserang penyakit. Namun seperti yang dibahas sebelumnya, yoga dianggap sebagai metode alternatif yang didukung secara ilmiah untuk meredakan stres.

Hasil akhir dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 lalu juga menunjukkan bahwa  berlatih yoga secara rutin dapat menurunkan tingkat penanda inflamasi secara lebih efektif [1].

13. Mempertahankan keseimbangan

Jarang disadari, keseimbangan sebenarnya sangat penting bagi Anda untuk menjalani aktivitas sehari-hari seperti mengambil sesuatu dari lantai, meraih rak, ataupun menuruni tangga. Dalam hal ini, telah terbukti bahwa meningkatkan keseimbangan dan kinerja tubuh secara keseluruhan merupakan bagian dari manfaat yoga untuk kesehatan [1].

Itu dia 13 manfaat yoga untuk kesehatan tubuh dan pikiran yang dapat diperoleh bila Anda melakukannya secara rutin. Kesimpulannya, manfaat yoga sangat berkaitan erat dengan baiknya kondisi kesehatan tubuh. Namun tentunya, hal ini harus dibarengi penerapan budaya hidup sehat, salah satunya yaitu dengan minum #AQUADULU dalam jumlah cukup.

Apalagi mengingat saat berolahraga, tubuh akan kehilangan banyak cairan lewat keringat. Jadi agar tidak dehidrasi, pastikan untuk selalu membawa AQUA di setiap jadwal yoga Anda, ya. Bagaimana, apakah semakin tertarik untuk memasukkan yoga dalam rutinitas olahraga harian?

Referensi

  1. Benefits of Yoga That Are Supported by Science - Buka
  2. What Has Neuroimaging Taught Us on the Neurobiology of Yoga? A Review - Buka
  3. Twelve-Minute Daily Yoga Regimen Reverses Osteoporotic Bone Loss - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.