Kebaikan Air

Menciptakan Kebiasaan Hidup Sehat dengan Minum Air Putih

By Kebaikan Air | February 7, 2020 No Comments
apa-yang-terjadi-pada-tubuh-bila-dehidrasi_42__DSC6393

Tidak dapat dipungkiri bahwa air putih merupakan salah satu kebutuhan yang paling vital bagi kita. Sebab apabila asupan air pada tubuh berada pada tingkat yang rendah, maka akan menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi sendiri merupakan salah satu gejala yang menyebabkan berbagai dampak negatif bagi tubuh. Seperti misalnya memperlambat sistem kerja metabolisme, tubuh terasa mudah lelah, timbul berbagai penyakit, tingkat konsentrasi menurun, dan berbagai dampak negatif lainnya. Agar kita dapat terhindar dari dehidrasi, maka kita harus membangun kebiasaan hidup sehat dengan cara rutin minum air putih.

Namun untuk mengonsumsi air putih pun ada beberapa aturan yang sebaiknya diikuti, untuk mendapatkan dampak positif secara maksimal dari air putih. Simak berbagai tips berikut untuk mengetahui seperti apa cara mengonsumsi air putih dengan baik dan benar.

  • Ketahui jumlah asupan air yang perlu Anda konsumsi

Salah satu anjuran kesehatan yang cukup terkenal ialah minum air delapan gelas sehari. Sebenarnya, anjuran ini bisa dianggap tidak sepenuhnya benar karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Ada berbagai faktor yang menyebabkan kebutuhan air setiap orang menjadi beda, seperti umur, berat badan, rutinitas, dan lainnya.

Oleh karena itu ada baiknya Anda mengenali dulu berapa banyak konsumsi air putih yang perlu anda dapatkan per hari nya. Salah satu cara untuk mengetahui hal ini adalah dengan mengunjungi AQUA Hydration Calculator pada website Sehat AQUA yang akan membantu Anda dalam mengetahui jumlah takaran air putih yang perlu Anda dapatkan per harinya.

  • Biasakan untuk duduk saat minum

Barangkali anjuran yang satu ini terdengar seperti hal yang sepele. Namun sebenarnya minum air putih saat duduk memberikan berbagai dampak positif bagi tubuh. Seperti memperlancar sistem pencernaan, karena ketika minum sambil duduk, air akan turun ke usus secara lebih perlahan dan juga akan menyebabkan lambung lebih mudah mencerna makanan. Sebaliknya, jika Anda sering minum sambil berdiri dapat membahayakan kesehatan ginjal. Sebab air yang masuk dari mulut, akan cenderung langsung menuju saluran kandung kemih tanpa adanya penyaringan.

  • Kurangi konsumsi air dingin

Air dingin, apalagi yang mengandung es punya probabilitas untuk menyebabkan kontraksi pada pencernaan. Hal ini dapat terjadi karena adanya perbedaan suhu yang jauh antara tubuh dengan air yang dikonsumsi. Oleh karena itu ada baiknya ketika minum air putih, konsumsilah yang memiliki temperatur sesuai dengan ruangan Anda berada. Atau akan lebih baik lagi bila yang dikonsumsi adalah air hangat.

  • Buat jadwal 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda. Bila Anda sudah mengetahui seberapa banyak air putih yang harus dikonsumsi, maka ciptakanlah jadwal untuk mengonsumsinya, tanpa perlu harus menunggu Anda merasa haus.

Misalnya, pada pagi hari setelah bangun, minumlah 1 gelas air. Lalu satu gelas lagi sebelum dan sesudah sarapan. Pada siang hari lagi konsumsi lagi sebelum dan sesudah makan siang. Lalu pada saat malam hari, satu gelas lagi sebelum tidur. Dengan minum air putih secara rutin dan terjadwal maka asupan tubuh Anda pun akan selalu terpenuhi oleh kebutuhan air putih secara maksimal dan kelak memberikan berbagai kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Namun perlu diingat, jangan minum air putih secara satu gelas langsung. Cobalah untuk mengonsumsi air putih secara bertahap, yakni seteguk demi seteguk, telan, ambil nafas, lalu ulangi lagi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari tenggorokan merasakan tersedak dan juga perut yang kaget karena terlalu banyaknya asupan air putih yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk menciptakan kebiasaan hidup sehat dengan air putih, maka tentunya air yang dikonsumsi pun haruslah yang terbaik. pilihlah air putih dengan kualitas terbaik pada AQUA yang dapat menjaga dan meningkatkan kondisi tubuh yang sehat. Sebab hanya AQUA yang melindungi keseimbangan alami ekosistem di sekitar sumber airnya, untuk melindungi kekayaan dan kealamian mineral di setiap tetes AQUA

Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

 

Referensi:

  1. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/5-manfaat-rajin-minum-air-putih/

  2. https://www.fimela.com/beauty-health/read/3776693/resolusi-pola-hidup-sehat-tahun-2018-minum-air-putih-lebih-banyak

  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/7-waktu-yang-tepat-untuk-minum-air-putih/

  4. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180306162205-255-280887/10-manfaat-minum-air-putih-saat-perut-kosong