Hidup Aktif

Mengajarkan Anak Akan Pentingnya Olahraga Bagi Tubuh

By Hidup Aktif | January 23, 2020 No Comments

Rutin berolahraga terbukti membawa banyak dampak positif bagi tubuh. Bukan hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak.  Aktivitas fisik terbukti dapat memperkuat otot dan tulang anak, mencegah penambahan berat badan yang berlebihan, dan mengurangi risiko diabetes, kanker, dan kondisi lainnya. Bukan hanya bermanfaat secara fisik saja, tapi juga untuk kesehatan mental anak.[5,6]

Anak-anak memang identik dengan aktivitas fisik tinggi seperti saat mereka bermain. Tapi berbeda dengan aktivitas fisik yang berarti olahraga. Terlepas dari aktivitas harian, penting untuk membiasakan olahraga sebagai kegiatan yang rutin dilakukan anak-anak.

Ada berbagai banyak manfaat yang diberikan oleh olahraga kepada anak-anak, beberapa di antaranya adalah [1]:

  • Meningkatkan kebugaran.

  • Memicu pertumbuhan pada tulang dan otot.

  • Meningkatkan koordinasi gerak 

  • Meningkatkan tingkat keseimbangan tubuh.

  • Membantu membentuk postur tubuh yang ideal.

  • Menurunkan risiko obesitas atau kelebihan berat badan.

  • Meningkatkan kemampuan sosial dan kedisiplinan.

Namun bagaimana cara mengenalkan pentingnya olahraga bagi tubuh kepada anak? Simak beberapa tips yang bisa Anda lakukan melalui artikel ini.

  • Kenali Kebutuhan Fisik Anak Terhadap Olahraga

Dengan usia yang berbeda, berbeda juga kebutuhan fisik Anak terhadap olahraga. Oleh karena itu penting bagi Anda mengenali kebutuhan fisik sesuai usia anak Anda

  • Usia TK

Pada umur ini, anak membutuhkan petunjuk olahraga yang singkat, jelas, dan sederhana untuk dilakukan.Olahraga pada jenjang ini lebih difokuskan untuk membantu perkembangan motoriknya.[1] Beberapa olahraga yang sesuai untuk anak pada usia ini antara lain ada lari, bermain bola, atau mengendarai sepeda.

  • Usia sekolah

Mulai di usia ini, Anda bisa coba mencari tahu minat (dan juga bakat) anak Anda dalam berolahraga. Setelah mengetahuinya, Anda bisa membantu anak Anda untuk mendalami olahraga yang Ia sukai dengan berbagai cara.

Seperti misalnya menyediakan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk melakukan olahraga tersebut dengan tujuan agar anak termotivasi untuk giat berolahraga. Atau juga dengan cara mendaftarkannya ke klub olahraga tertentu agar ia mempunyai komitmen yang lebih besar terhadap olahraga yang digemari oleh anak Anda.

  • Jelaskan mengapa olahraga penting untuk kesehatan

Hal yang satu ini barangkali cukup sulit dilakukan, apalagi bila anak Anda masih berada di usia yang kecil dan belum dapat menerima informasi dengan mudah. Namun tetap penting untuk memberitahukan berbagai alasan mengapa olahraga itu penting bagi kesehatannya. Ini penting dilakukan agar anak setidaknya mempunyai pengetahuan tentang hal tersebut.

  • Jadikan olahraga sebagai kegiatan yang rutin dilakukan bersama

Untuk membuatnya gemar berolahraga maka jadikanlah olahraga sebagai kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama-sama. Anda bisa membantu anak Anda dengan membuat jadwal rutin untuk berolahraga bersama keluarga agar Ia merasa tidak sendirian ketika berolahraga. Seperti misalnya lari pagi bersama di sekitar wilayah perumahan. Atau juga mengizinkannya berolahraga bersama teman-temannya. 

  • Kenalkan berbagai jenis olahraga

Cara lain untuk mengenalkan pentingnya berolahraga kepada anak adalah dengan mengenalkan berbagai macam olahraga yang ada. Di zaman serba digital ini, Anda dapat dengan mudah mencari tahu informasi mengenai berbagai olahraga, dan kemudian menceritakan olahraga tersebut kepadanya. Atau juga Anda bisa menampilkan tayangan di televisi atau internet mengenai olahraga-olahraga tertentu. Hal ini ditujukan untuk memberikan referensi jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh anak Anda.

Selain itu juga bisa mengenalkan anak Anda terhadap berbagai atlet-atlet yang mempunyai kemampuan hebat dalam berbagai cabang olahraga. Misalnya melalui cuplikan-cuplikan video ketika seorang atlet tengah bermain.

Dengan menampilkan figur-figur yang berprestasi dalam dunia olahraga, dapat menjadi motivasi bagi dirinya untuk semakin rajin berolahraga. Itulah tadi beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengenalkan anak tentang pentingnya olahraga bagi tubuh. Untuk membuatnya semakin sehat, jangan lupa juga untuk memberikannya asupan hidrasi yang penting secara rutin.

Sebagai anjuran, berikanlah asupan air minum dengan jumlah yang disarankan [7]:

  • Untuk anak usia di bawah 4-6 tahun, berikanlah setidaknya 5-6  gelas per harinya

  • Untuk anak usia di atas 6-12 tahun berikanlah setidaknya 6-7 gelas per harinya

Yang bisa menjadi pilihan untuk memenuhi asupan hidrasi adalah AQUA, yang telah lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya dan melewati lebih dari 400 cek kualitas sehingga kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya

Referensi:

  1. https://www.halodoc.com/ajarkan-anak-olahraga-sejak-dini-kenapa-tidak-

  2. https://doktersehat.com/cara-mengajari-anak-untuk-membiasakan-olahraga/

  3. https://www.webmd.com/parenting/guide/kids-healthy-hydration#1

  4. https://healthy-kids.com.au/parents/children-hydration/ 

  5. https://www.healthline.com/health-news/exercise-benefits-children-physically-and-mentally#1

  6. Zahl T, et al. Pediatrics. 2016;doi:10.1542/peds.2016-1711

  7. Kementerian Kesehatan RI. Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan bagi Bangsa Indonesia. 2013