Logo AQUA

Taman Nasional Wakatobi, Destinasi Wisata untuk Liburan Seru

Bagikan:

Taman Nasional Wakatobi, Destinasi Wisata untuk Liburan Seru

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu taman nasional di Indonesia yang menawarkan keindahan pemandangan di bawah laut. Karena keindahan alamnya, Taman Nasional Wakatobi sering dijadikan sebagai destinasi liburan bagi banyak orang, baik itu solo traveling maupun bersama teman-teman.

Pasalnya, Taman Nasional Wakatobi termasuk sebagai Coral Triangle atau Segitiga Terumbu Karang yang menjadi rumah dari sebagian besar terumbu karang di dunia. Tertarik menjadikan Taman Nasional Wakatobi sebagai destinasi wisata Anda? Yuk, ketahui informasi selengkapnya mengenai Taman Nasional Wakatobi dalam artikel berikut ini!

Mengenal Pulau-Pulau di Taman Nasional Wakatobi

Kepulauan Wakatobi mulai dikategorikan sebagai Taman Nasional Indonesia sejak tahun 1989. Saat itu, Wakatobi masih menjadi kawasan konservasi laut menurut survei dari Direktorat Jenderal Kehutanan dan Konservasi Alam yang berkolaborasi bersama WWF (World Wide Fund for Nature).

Kemudian, Kepulauan Wakatobi berganti nama menjadi Taman Nasional Wakatobi melalui keputusan Menteri Kehutanan pada bulan Juli 1996. Taman nasional ini selanjutnya diresmikan dalam keputusan Menteri Kehutanan Nomor 7651/Kpts-II/2002 pada tanggal 9 Agustus 2002.

Selain terkenal dengan ekosistem terumbu karang di bawah laut, Wakatobi juga menawarkan keindahan pemandangan dari empat pulau besarnya, yaitu Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, serta Pulau Binongko. Berikut penjelasannya.

A. Pulau Wangi-Wangi

Pulau Wangi-Wangi menjadi gerbang pertama para wisatawan untuk memasuki Taman Nasional Wakatobi. Saat masuk ke pulau ini, Anda bisa menyewa perahu di Pelabuhan Sombu atau Mola untuk mengunjungi Tanjung Kapota dan menikmati keindahan pemandangan matahari terbit maupun terbenam.

Jika beruntung, Anda pun bisa melihat kawanan lumba-lumba yang berenang dan berlompatan di sekeliling perahu. Setelah itu, kunjungilah Desa Tradisional Liya Togo untuk mengagumi rumah kayu serta tradisi turun-temurun para warga di area tersebut. Menarik, bukan?

B. Pulau Kaledupa

Pulau Kaledupa merupakan salah satu destinasi wisata di Wakatobi yang dikelilingi oleh pohon kelapa serta hutan mangrove. Pulau ini menawarkan suasana yang damai dan menenangkan, sehingga cocok dikunjungi jika Anda ingin bersantai serta melepas penat sejenak.

Baca juga: 11 Tips Liburan ke Bali untuk Pemula agar Lebih Hemat & Seru 

C. Pulau Tomia

Pulau Tomia menjadi lokasi dalam Kepulauan Wakatobi yang kerap menjadi tujuan para penyelam. Pasalnya, pulau ini memiliki lebih dari 40 situs selam yang menyajikan pemandangan indah di bawah laut.

Adapun salah satu situs selam di Pulau Tomia yang menjadi incaran banyak penyelam adalah Roma. Titik penyelaman ini dipercantik dengan terumbu karang dan rumput laut yang siap memanjakan mata Anda.

D. Pulau Binongko

Pulau Binongko merupakan pulau terjauh di Wakatobi. Di sini, Anda bisa mempelajari berbagai budaya yang dilakukan masyarakat Pulau Binongko, seperti tarian khas dengan musik alunan musik gambus, pembuatan pisau serta parang yang ditajamkan dengan teknik tradisional, dan lain sebagainya.

Rekomendasi Kegiatan Seru di Taman Nasional Wakatobi

Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan ketika berlibur di Wakatobi, mulai dari menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut hingga mencoba kuliner khas Wakatobi. Berikut uraian selengkapnya.

1. Menyelam dan Menikmati Pemandangan Bawah Laut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Kepulauan Wakatobi termasuk sebagai Coral Triangle. Karena itu, Anda bisa menikmati keindahan ratusan spesies terumbu karang yang berada di bawah laut taman nasional ini.

2. Melihat Lumba-Lumba

Bagi Anda para pecinta hewan, menikmati pemandangan lumba-lumba yang berenang dan berlompatan di kawasan Wakatobi bisa menjadi kegiatan seru selama berlibur. Untuk melihatnya, Anda bisa mendatangi Pulau Kapota yang dapat ditempuh dengan jarak sekitar 15 menit dari pusat Pulau Wangi-Wangi.

Perlu dicatat, waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba di perairan Kepulauan Wakatobi yaitu sejak pukul 6 sampai dengan 7.30 pagi. Jadi, jangan sampai terlewat, ya!

3. Berkenalan dengan Masyarakat Suku Bajo

Saat berlibur ke Wakatobi, Anda juga dapat berkenalan dengan masyarakat Suku Bajo yang berada di Kampung Bajo Mola.

Perlu diketahui, Suku Bajo ini merupakan salah satu suku yang sangat terkenal di dunia karena tradisi dan budayanya yang sangat khas, lho. Yup, saat berkenalan dengan masyarakat Suku Bajo, Anda dapat mempelajari cara menyelam hingga membaca rasi bintang.

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga yang Seru, Wajib Coba!

4. Mencicipi Makanan Khas Wakatobi

Tak hanya menawarkan keindahan alam, Kepulauan Wakatobi juga diperkaya dengan berbagai ciri khas yang bisa menarik para wisatawan, salah satunya adalah makanan.

Di Wakatobi, Anda dapat mencicipi kasuami, yaitu tumpeng khas yang terbuat dari singkong. Makanan khas Wakatobi ini biasanya disantap bersama dengan ikan bakar dan sambal colo-colo.

Itu dia ulasan mengenai Taman Nasional Wakatobi yang dapat dijadikan sebagai destinasi wisata untuk mengisi waktu liburan. Jika Anda tertarik untuk berlibur ke Taman Nasional Wakatobi, yuk, ikuti program AQUA 100% Murni 100% Petualangan Indonesia!

Dengan mengikuti program ini, Anda berkesempatan untuk liburan keliling Indonesia secara gratis, lho. Bagaimana caranya? Mudah saja, cukup beli produk AQUA di toko terdekat maupun secara online melalui marketplace, lalu kirimkan bukti pembeliannya ke official account WhatsApp AQUA di 087878700048.

Perlu diingat, program ini hanya berlangsung dari tanggal 29 Mei-30 September 2024. Jadi, jangan sampai terlewat dan segera ikuti programnya dengan membeli produk AQUA sebanyak-banyaknya, ya.

Baca juga: 11 Ide Liburan Akhir Tahun & Tipsnya agar Lebih Menyenangkan

Referensi:

  1. Taman Nasional Wakatobi - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .