7 menu diet sehat malam hari bantu dapatkan berat badan ideal

Kebaikan AirHidup Sehat | 25 Maret 2022

Bagikan:

7 menu diet sehat malam hari bantu dapatkan berat badan ideal

Memiliki berat badan yang ideal memang bukan hal yang mudah, karena untuk memiliki badan yang diimpikan dan juga sehat bukanlah hal yang instan. Selain berolahraga, makanan yang akan dikonsumsi juga perlu diperhatikan bagi mereka yang sedang menjalankan program penurunan berat badan. Meski begitu, bukan berarti Anda tidak diperkenankan sama sekali mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat, kalori, gula dan sebagainya. Tapi Anda perlu mengatur menu diet sehat untuk makan setiap hari, baik sarapan, makan siang atau makan malam.

Selama ini, mungkin Anda takut makan di malam hari, bisa membuat tubuh lebih gendut. Namun ternyata, ada beberapa jenis makan malam untuk diet, yang aman dikonsumsi karena prinsip utama menurunkan berat badan yaitu memastikan kalori yang terbakar lebih besar dibandingkan yang masuk. Anda bisa mencapai hal ini dengan menghitung kebutuhan kalori, lalu mengonsumsi makanan berdasarkan zat gizi dan kalorinya [1].

Bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan, biasanya disarankan untuk makan malam antara pukul 5 sore hingga 7 malam. Jam makan tersebut dianggap paling tepat agar ketika mau tidur, tubuh sudah selesai mencerna makanan dengan sempurna. Aturan makanan ini juga berlaku untuk siapa saja karena dengan memberi jeda 3-4 jam antara makan malam dan waktu tidur juga dapat mencegah gejala GERD dan sleep apnea [2].

Makan malam terkadang sulit untuk dilewatkan, menu makanan berikut ini justru sehat dan aman dikonsumsi ketika diet, lho!

1. Telur rebus

Menu makan malam pertama yang bisa Anda konsumsi adalah telur, yang termasuk makanan terbaik untuk diet karena mengandung protein dan lemak yang menyehatkan. Bahan makanan ini juga mengenyangkan sehingga Anda tidak perlu khawatir akan merasa lapar kembali pada malam hari [1].

2. Sayuran berbonggol yang ditumis

Menu makan malam untuk diet Anda sebaiknya juga menyertakan sayuran yang satu ini. Sayuran berbonggol dari keluarga cruciferous seperti kol, brokoli, dan kembang kol termasuk jenis sayuran yang sangat padat akan serat.

Sayuran ini juga termasuk sayuran tinggi serat dan protein yang akan menjaga perut Anda tetap kenyang. Pada saat yang sama, kalorinya yang rendah dapat membantu menurunkan berat badan [2].

3. Daging panggang tanpa lemak

Siapa bilang ketika diet kita tidak boleh makan daging? Daging sapi dan ayam bukanlah musuh diet. Sebaliknya, daging justru dapat membantu menurunkan berat badan berkat kandungan tinggi protein. Protein merupakan zat gizi yang paling mengenyangkan dan bisa membakar lebih banyak kalori [2].

4. Sup bening

Sup adalah makanan rendah kalori, tapi tinggi kandungan air dan zat gizi. Ini merupakan kombinasi tepat dari menu makan malam untuk diet. Pasalnya, Anda bisa memenuhi kebutuhan gizi dan cepat kenyang tanpa harus mendapatkan kalori berlebih [2].

5. Alpukat tanpa tambahan gula

Alpukat memang mengandung banyak lemak, tapi tak perlu khawatir. Lemak buah alpukat merupakan asam lemak tak jenuh yang bermanfaat bagi tubuh. Sejumlah studi bahkan membuktikan bahwa lemak ini dapat membantu menurunkan berat badan.

Asam lemak tak jenuh juga membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Tak hanya itu, serat dan air pada alpukat juga membuat buah ini rendah kalori sehingga tidak menambahkan kalori berlebih bagi orang yang sedang diet [2].

6. Salmon dan tuna

Meski dikenal sebagai ikan berlemak, salmon dan tuna justru tidak membuat berat badan naik. Kedua ikan ini kaya akan protein yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.
Ikan juga mengandung yodium, mineral penting yang dibutuhkan dalam fungsi kelenjar tiroid [2].

7. Kentang kukus

Kentang dikenal sebagai pengganti nasi selama diet. Padahal, fungsinya bukan hanya itu. Sumber karbohidrat yang satu ini baik dikonsumsi selama diet karena membuat perut cepat kenyang dan mengandung hampir semua zat gizi yang tubuh butuhkan.
Jika Anda mengukus kentang, coba biarkan kentang yang sudah matang hingga agak dingin. Ini akan memicu pembentukan serat yang disebut pati tahan cerna. Serat ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan mempercepat penurunan berat badan [2].

8. Kacang dan biji-bijian

Jangan lupa tambahkan kacang dan biji-bijian ke dalam menu makan malam untuk diet Anda. Kacang dan biji-bijian merupakan sumber serat dan protein nabati yang sangat baik. Seperti kentang, makanan ini juga mengandung serat tahan cerna [2].

Setelah mengetahui deretan menu makan malam yang sehat dan aman untuk dikonsumsi ketika sedang diet kini Anda sudah mengetahui bahwa yang terpenting adalah pemilihan bahan makanan yang sehat, tidak banyak karbohidrat dan memperbanyak sayur serta buah jangan lupa juga untuk memperhatikan jam makannya.

Selain menu makanan diatas Anda juga perlu mengonsumsi banyak air mineral. Sama halnya dengan menu makan malam memilih air mineral untuk dikonsumsi ketika sedang menurunkan berat badan juga tidak boleh sembarangan. Perlu diperhatikan juga kandungan, kualitas dan sumbernya. Hanya AQUA yang memiliki 3 perlindungan yaitu melindungi ekosistem sumber airnya, sehingga mineral nya terjaga dan juga di proses secara seksama sehingga keaslian nya terjaga hingga ke tangan kita. Praktis banget, kita perlu untuk selalu sedia AQUA botol di dimanapun dan kapanpun biar tidak lupa untuk mendapatkan hidrasi.

 

Sumber:

  1. 8 Menu Makan Malam untuk Diet yang Tidak Bikin Gemuk - buka
  2. Makan Malam untuk Diet - buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.