Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Minum Air Putih selama ISOMAN Dapat Membantu Proses Penyembuhan lho!

Kebaikan AirHidup Sehat | 09 September 2021
Minum Air Putih selama ISOMAN Dapat Membantu Proses Penyembuhan lho!

Apabila Anda terpapar virus Covid-19 namun hanya mengalami gejala ringan atau bahkan tidak memiliki gejala sama sekali, Anda dianjurkan untuk melakukan tindakan isolasi mandiri, atau lebih sering disingkat dengan isoman.

Sebagai salah satu langkah perawatan, Isoman dapat menjaga kesehatan sekaligus mencegah penularan virus corona pada orang lain dengan jangka waktu yang disarankan selama 14 hari. Selain untuk mencegah penularan infeksi, isoman juga dilakukan agar orang yang terpapar kamu bisa fokus beristirahat guna menunjang kesembuhan.

Selama ISOMAN, penting untuk kita memenuhi asupan vitamin dan mengonsumsi makanan sehat untuk daya tahan tubuh. Selain itu ternyata air putih juga memiliki peran penting dalam tubuh kita. Salah satunya adalah membantu penyerapan nutrisi. Dalam pemecahan makanan, nantinya air akan membantu pemisahan vitamin, mineral, dan nutrisi lain dari makanan yang kita konsumsi untuk kemudian dikirimkan ke seluruh tubuh [1].

Kandungan air dalam tubuh manusia sekitar 2/3 atau sekitar 60% - 70% dari berat tubuh. Kekurangan konsumsi air bisa membuat kita dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Menurut WHO gejala umum yang sering terjadi pada pasien yang terkena COVID-19 adalah demam, diare, sakit kepala dan kelelahan [2]. Menurut Kemenkes, kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda. Pada orang dewasa, konsumsi air putih yang disarankan, yaitu sekitar delapan gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter [3]. Untuk itu penting minum air putih yang cukup selama ISOMAN.

Selain menjaga hidrasi harian tubuh, menjaga asupan air putih juga memberikan manfaat yang besar selama anda isolasi mandiri. Berikut adalah manfaat yang bisa anda dapatkan:

Membantu proses penyerapan nutrisi dan suplemen

Selama isolasi mandiri, Anda akan cenderung mengonsumsi obat atau suplemen untuk mempercepat proses penyembuhan. Selain itu, makanan yang Anda konsumsi akan lebih sehat sehingga nutrisi tubuh tetap terjaga. Air putih dapat membantu proses pelarutan dan penyerapan sehingga dapat diterima tubuh dengan lebih baik [8].

Membantu mengembalikan imun tubuh

Air putih juga memiliki peran penting dalam proses penyembuhan dan meningkatkan imun tubuh. Dengan mengonsumsi air mineral yang bermanfaat, ada banyak zat yang bisa diserap oleh tubuh seperti kandungan Magnesium, Kalsium, dan Kalium [7].

Lalu kapan waktu yang terbaik untuk minum air putih selama ISOMAN? [3].

  • Setelah bangun di pagi hari (1-2 gelas).
  • Sebelum makan (1 gelas).
  • Setelah makan (1 gelas).
  • Menjelang sore hari (1 gelas, bisa digunakan sebagai pengganti kopi atau teh).

Selama ISOMAN pastinya Anda tidak mau salah memilih air minum kemasan. Untuk itu pilihlah AQUA, air minum berkualitas yang sudah terjamin sumber, kebersihanya dan sudah sesuai syarat yang telah dikeluarkan Kemenkes. AQUA juga telah melewati proses panjang untuk uji kualitas, menjadikan AQUA sebagai pilihan terbaik air mineral yang ada di Indonesia.

Sumber mata air pegunungan AQUA merupakan pegunungan vulkanis yang menyaring air secara alami oleh lapisan batuan vulkanis dengan kemurnian yang baik bagi konsumen. AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber airnya itu sendiri. Hal ini ditujukan untuk melindungi kealamian mineral pegunungan, serta menjaga keberlangsungan sumber air.

Jadi, sedia selalu AQUA dirumah untuk menjamin kesehatan Anda selama ISOMAN

 

Sumber:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3623228/jangan-malas-minum-air-putih-ini-manfaatnya
https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answers-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19
https://www.halodoc.com/artikel/kapan-waktu-terbaik-untuk-minum-air-putih
Badan Pusat Statistik. 2017. Presentase Rumah Tangga berdasarakan Provinsi dan Sumber Air Minum.
http://www.p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi-penyakit-jantung-dan-pembuluh-darah/apa-saja-syarat-syarat-air-minum
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20210629201821-255-661015/7-cara-genjot-imun-agar-cepat-negatif-saat-isoman/2
https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-putih-yang-bermanfaat-bagi-tubuh-anda/
https://www.sehataqua.co.id/pentingnya-minum-air-putih-selama-isoman/