Pengertian Mudik Lokal dan Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

Tips Ramadhan | 22 April 2022

Bagikan:

Pengertian Mudik Lokal dan Tips Persiapan Mudik Lebaran 2022

Berbeda dengan 2 tahun terakhir, semarak perayaan hari raya Idul Fitri kali ini diperkirakan lebih meriah. Hal itu dapat dipastikan karena pemerintah akhirnya memperbolehkan mudik lebaran setelah dua tahun sebelumnya, mudik lokal adalah satu-satunya yang diizinkan akibat pandemi Covid-19.

Nah bagi Anda yang sedang melakukan persiapan perjalanan mudik lebaran, jangan lupa untuk sediakan #AQUADULU ya, untuk menemani mudik Anda. Ada baiknya juga untuk menyimak terus artikel berikut. Sebab kali ini, AQUA akan berbagi beberapa tips mudik yang bisa Anda ikuti selama melangsungkan perjalanan nantinya. Check it out!

Apa itu Mudik Lokal?

Seperti yang kita ketahui, pemerintah sempat meniadakan mudik selama 2 tahun terakhir karena alasan pandemi Covid-19. Kendati demikian, pada perayaan hari raya Idul Fitri 2021 lalu, pemerintah membuat pengecualian larangan mudik di beberapa wilayah kabupaten atau kota. Nah, mudik lokal adalah istilah untuk menyebut pengecualian larangan tersebut.

Namun sebenarnya, apa itu mudik lokal? Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, menyatakan bahwa mudik lokal adalah mudik yang diizinkan selama berada di wilayah aglomerasi [1]. Bagi beberapa masyarakat Indonesia, mudik lokal adalah sebuah istilah yang mungkin masih asing.

Secara lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa aglomerasi bermakna pengumpulan atau pemusatan dalam lokasi atau kawasan tertentu. Itu artinya, dalam satu wilayah aglomerasi, mudik lokal adalah dimana warga diperbolehkan melangsungkan perjalanan antar kota atau kabupaten yang saling terhubung.

Contoh mudik lokal adalah misalnya di kawasan Jabodetabek, maka warga Jakarta atau sebaliknya diizinkan bepergian ke Bogor, Depok, Bekasi, maupun Tangerang. Namun pada tahun ini, pemerintah telah mencabut larangan tersebut dan kembali mengizinkan masyarakat untuk melangsungkan persiapan mudik lebaran hari raya Idul Fitri.

Tips Persiapan Mudik Lebaran

Mengingat hari raya Idul Fitri merupakan momen spesial, tentu Anda perlu melakukan beberapa persiapan untuk menyambutnya. Jika masih bingung, ikutilah beberapa tips persiapan mudik lebaran sebagai berikut:

1. Cek fungsi dan keamanan kendaraan

Pertama, jika Anda berencana mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, maka akan sangat disarankan untuk melakukan sejumlah pemeriksaan fungsi dan keamanan kendaraan terlebih dahulu, ya. Hal ini bertujuan untuk memastikan kendaraan Anda berada dalam kondisi prima sehingga siap menempuh perjalanan jauh.

Tentu Anda tidak ingin bila sewaktu-waktu kendaraan mengalami kendala di tengah perjalanan, bukan? Persiapan mudik yang pertama ini bisa Anda lakukan sendiri atau dengan bantuan tenaga profesional, jika diperlukan.

2. Lengkapi vaksin primer dan booster

Dalam keterangan yang dirilis pemerintah, diketahui bahwa salah satu syarat untuk melakukan perjalanan mudik tahun ini adalah melengkapi vaksinasi primer dan menerima vaksin booster. Oleh karena itu, pastikan Anda dan keluarga telah memperoleh vaksin primer lengkap serta mendapatkan vaksin booster sebelum mudik lebaran.

Pastikan juga untuk membawa sertifikat vaksin selama perjalanan. Di samping itu, Anda pun dapat menunjukkan sertifikat vaksin yang tertera di aplikasi Peduli Lindungi. Jadi jangan lupa untuk mengunduhnya di ponsel pribadi Anda, ya!

Baca juga: 12 Persiapan Sebelum Vaksin Covid-19 yang Harus Dilakukan

3. Bawa obat-obatan dan pakaian hangat

Tips persiapan mudik lebaran selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan yaitu memastikan tersedianya obat-obatan dan juga pakaian hangat. Anda bisa membawa obat-obatan sederhana seperti obat antimual, sakit kepala, diare, dan juga peralatan P3K.

Sebagai catatan, jenis obat-obatan ini pun dapat Anda sesuaikan dengan kondisi kesehatan pribadi, ya. Siapkan juga aneka vitamin pendukung untuk menunjang performa tubuh selama melakukan perjalanan mudik.

Di samping itu, pastikan juga untuk membawa sejumlah pakaian hangat untuk menghalau suhu udara yang bisa jadi sangat dingin di malam hari atau saat hujan. Bila Anda mudik dengan kendaraan pribadi, sebaiknya letakkan pakaian hangat seperti jaket atau sweater di tempat yang mudah di jangkau.

4. Cek rute perjalanan dan periksa lokasi faskes terdekat

Jika mudik dengan kendaraan pribadi, Anda juga sangat disarankan untuk melakukan cek rute perjalanan yang akan ditempuh nantinya. Periksa juga beberapa fasilitas kesehatan, SPBU, tempat istirahat, hingga restoran di sepanjang rute perjalanan.

Cari tahu juga apakah ada alternatif rute yang bisa Anda lewati. Hal ini dimaksudkan guna mengantisipasi adanya perubahan rute di tengah puncak arus mudik, sehingga Anda pun dapat menghemat waktu karena telah mengetahui rencana rute terbaik sejak awal.

Persiapan mudik lebaran ini dapat dilakukan secara mudah dengan memanfaatkan aplikasi navigasi seperti Google Maps yang sudah bisa melacak rute mana sajakah yang sedang ramai ataupun lengang. Alhasil, Anda pun dapat menghindari kemungkinan macet di rute tertentu.

5. Perhatikan kondisi kesehatan sebelum berangkat

Persiapan mudik lebaran kali ini sangat dianjurkan bagi pemudik lansia, ibu hamil, dan juga mereka yang memiliki sejumlah masalah kesehatan untuk berkonsultasi ke dokter. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kondisi kesehatan tubuh sebelum melakukan perjalanan jauh.

Dapatkan rekomendasi terbaik dari dokter tentang apa saja yang perlu Anda lakukan guna menunjang kesehatan tubuh sebelum berangkat mudik, ya.

Baca juga: 15 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Terhindar dari Penyakit

6. Selalu bawa air mineral

Mengingat jarak tempuh mudik yang umumnya jauh dan membutuhkan waktu lama, tentu penting bagi Anda untuk memperhatikan tingkat terpenuhinya kebutuhan hidrasi. Apabila Anda sedang menjalankan ibadah puasa, rutinitas minum AQUA mungkin akan sedikit berbeda karena Anda tidak bisa makan dan minum begitu saja selama perjalanan.

Kuncinya, selalu jaga kebutuhan air dalam tubuh sesuai jumlah yang dianjurkan yaitu sebanyak 2 liter per hari atau setara dengan 8 gelas. Anda bisa menggunakan pola 2-4-2, yaitu minum 2 gelas saat sahur,  4 gelas sampai malam hari sebelum tidur, dan 2 gelas saat berbuka puasa.

Itulah beberapa tips persiapan mudik lebaran yang bisa Anda lakukan sekarang. Kini, Anda sudah tahu bukan bila mudik lokal adalah pengecualian larangan mudik tahun lalu? Intinya, tahun ini Anda sudah diizinkan untuk melangsungkan persiapan mudik lebaran dengan beberapa syarat tertentu.

Selama melakukan perjalanan nantinya, jangan biarkan pikiran Anda kosong, ya. Tetap jaga fokus dengan minum #AQUADULU dalam jumlah cukup. Nah bila Anda sedang kehabisan stock AQUA, segera singgah ke Alfamart atau Indomaret dan dapatkan 2 botol AQUA 600ml dengan harga Rp6.400 saja. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mudik!

Referensi:

  1. Begini Penjelasan Pengertian Mudik Lokal di Wilayah Aglomerasi - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.