Selain Memacu Adrenalin, Ini Manfaat Olahraga Paralayang

Hidup Aktif | 30 November 2022

Bagikan:

Selain Memacu Adrenalin, Ini Manfaat Olahraga Paralayang

Olahraga paralayang akhir-akhir ini mulai populer dan diminati, tak heran bila banyak orang penasaran ingin mencobanya untuk menantang adrenalin.

Olahraga yang satu ini juga bisa Anda jadikan sebagai salah satu kegiatan untuk self healing, pasalnya olahraga ini mampu membuat pikiran lebih segar.

Masih banyak lagi manfaat olahraga paralayang yang bisa Anda dapatkan, tidak hanya secara fisik tetapi juga mental. Apa saja itu? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Olahraga Paralayang?

Olahraga paralayang adalah salah satu jenis olahraga yang cukup unik, yaitu dilakukan dengan cara meluncur dari atas permukaan menggunakan parasut.

Bagi sebagian orang, olahraga semacam ini sangat menyenangkan. Dari atas, Anda dapat melihat pemandangan indah yang terbentang luas.

Namun, tidak sedikit yang menganggap olahraga ini menakutkan, terlebih bagi mereka yang takut akan ketinggian.

Meski tergolong dalam olahraga ekstrem, Anda tidak perlu khawatir karena akan ada pendamping profesional yang bertugas mengendalikan parasut secara aman.

Dibalik itu semua, rupanya olahraga paralayang memiliki manfaat yang cukup beragam, baik secara fisik maupun mental. Dan yang lebih menyenangkan lagi, Anda bisa merasakan sensasi terbang tinggi di langit.

Manfaat Olahraga Paralayang

Tak hanya menyenangkan dan seru, berikut penjelasan mengenai berbagai manfaat olahraga paralayang yang bisa Anda dapatkan.

1. Meredakan Stres

Jika Anda sedang mencari aktivitas yang dapat menghilangkan stres, maka olahraga satu ini bisa menjadi solusinya.

Saat sedang berada di atas, Anda akan memiliki perspektif baru yang cukup memukau, sehingga kekhawatiran Anda akan mereda.

Fokus yang intens dan derasnya aliran adrenalin ketika sedang paralayang akan membuat seseorang merasa lebih sehat secara fisik maupun mental.

Baca Juga: 10 Olahraga Kardio di Rumah yang Mudah Dilakukan, Ini Manfaatnya

2. Mengatasi Rasa Takut

Bagi seseorang yang memiliki ketakutan akan ketinggian, mungkin akan berpikir untuk menghindari olahraga ini.

Namun, jika Anda sedang berusaha untuk mengatasinya, maka melakukan olahraga paralayang bisa menjadi pilihan terbaik.

Olahraga yang satu ini akan menyadarkan Anda, bahwa Anda lebih kuat dari apa yang dipikirkan, sehingga ke depannya bisa menjadi lebih berani. 

3. Melatih Keseimbangan

Paralayang dapat melatih keseimbangan karena otot perut dan panggul bekerja penuh untuk memastikan postur tubuh tetap seimbang.

Dengan kata lain, olahraga ini membantu Anda memperkuat otot-otot tubuh serta mengurangi risiko cedera saat beraktivitas sehari-hari.

4. Melatih Kekuatan Tubuh Bagian Atas

Melakukan paralayang membutuhkan kedua tangan Anda untuk mengendalikan parasut agar tetap terarah.

Dengan begitu, tubuh bagian atas akan terlatih dan menjadi lebih fleksibel serta punya rentang jarak yang optimal.

Semakin Anda menekuni olahraga yang satu ini, maka kekuatan tubuh atas terutama bagian lengan menjadi lebih kuat.

5. Bantu Bakar Kalori

Tahukah Anda bahwa olahraga ini juga cukup efektif untuk membakar kalori? Ya, Satu sesi paralayang mampu membantu tubuh membakar 230 kalori per jam.

Hal ini dikarenakan, ketika sedang meluncur ke udara secara pesat, hormon adrenalin akan meningkat secara signifikan sehingga proses pembakaran kalori lebih cepat.

Hormon ini juga bekerja dengan meningkatkan detak jantung dan tekanan darah secara aman, sehingga Anda akan merasa lebih berenergi.

Baca Juga: 8 Manfaat Olahraga Panahan untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

6. Meningkatkan Pikiran Positif

Jangan heran bila Anda merasa bisa lebih berpikir positif setelah melakukan olahraga paralayang. 

Hal ini disebabkan oleh sensasi dari berada di ketinggian yang akan membuat Anda memiliki pemikiran baru yang tak terlintas sebelumnya. 

Pengalaman saat berada di ketinggian bisa menjadi salah satu sumber inspirasi yang dapat membuat Anda berpikir lebih jernih. 

7. Meningkatkan Rasa Percaya Diri 

Melakukan paralayang dapat membantu Anda meningkatkan rasa percaya diri sekaligus keberanian.

Mengapa? Karena ketika Anda berhasil mengalahkan rasa takut saat berada di ketinggian, maka selanjutnya Anda lebih percaya diri untuk melakukan tantangan lainnya. 

Melalui olahraga yang satu ini, Anda akan menyadari betapa serunya saat berhasil mengalahkan ketakutan.

Nah, itu dia sederet manfaat olahraga paralayang yang sayang untuk Anda lewatkan. Kini, penyedia fasilitas olahraga yang satu ini sudah semakin banyak. So, tertarik mencobanya?

Ketika sedang berolahraga, satu hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kebutuhan cairan dalam tubuh.

Ya, selain menghabiskan tenaga, olahraga paralayang ini juga memicu adrenalin yang mungkin membuat Anda gugup sehingga membutuhkan lebih banyak air minum.

Maka dari itu, di mana pun aktivitas olahraga Anda, selalu sediakan #AQUADULU untuk bantu penuhi kebutuhan cairan tubuh.

Air minum yang berasal dari 100% air pegunungan asli ini telah tersedia dalam berbagai kemasan botol yang cocok dan praktis dibawa saat berolahraga. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan, mulai dari AQUA botol 330 ml, 600 ml, atau 1500 ml.

Yuk, siapkan AQUA botol di tas olahraga Anda!

Baca Juga: 7 Manfaat Olahraga Golf bagi Kesehatan Tubuh, Simak di Sini!

Referensi:

  1. Paralayang Adalah Olahraga Pemacu Adrenalin yang Bisa Jadi Sumber Inspirasi - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.