8 Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Hidup Aktif | 05 Agustus 2022

Bagikan:

8 Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Kita semua paham bahwa aktivitas fisik seperti olahraga sangat baik bagi kesehatan. Mulai dari meningkatkan mood, mengurangi penumpukan lemak, serta memperkuat jantung dan paru-paru. Salah satu olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru adalah latihan aerobik.

Ketika Anda aktif secara fisik, maka jantung dan paru-paru akan bekerja lebih keras untuk mensuplai oksigen tambahan yang dibutuhkan otot. Sehingga tak hanya otot yang lebih kuat, tapi juga jantung dan paru-paru Anda [1].

Nah, penasaran apa saja jenis olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru? Yuk simak daftarnya berikut!

Jenis Olahraga untuk Kesehatan Jantung dan Paru-Paru

Ahli merekomendasikan orang dewasa setidaknya melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit per minggu atau 75 menit per minggu untuk olahraga intensitas berat, atau kombinasi keduanya [2].

Artinya, Anda bisa berolahraga sebanyak 5 kali dalam seminggu selama 30 menit per hari. Di bawah ini merupakan jenis-jenis olahraga untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru yang dapat Anda lakukan.

1. Aerobik

Aerobik adalah bentuk olahraga kardio yang dapat membuat laju pernapasan dan detak jantung Anda lebih kencang. Jadi, latihan ini bisa meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru Anda. Selain itu, aerobik juga dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Apabila Anda rutin melakukannya, maka sirkulasi darah akan meningkat sehingga memicu penurunan tekanan darah dan detak jantung. 

Contoh olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru ini di antaranya jogging, lompat tali, bersepeda, mendayung, dan sebagainya.

2. Berjalan Kaki

Mungkin berjalan kaki terdengar terlalu mudah jika dikatakan sebagai olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Namun, faktanya jalan kaki terutama jalan cepat adalah cara yang bagus memperkuat jantung dan paru-paru Anda, lho!

Jalan cepat bisa meningkatkan detak jantung dan memudahkan persendian dibanding jenis olahraga lainnya. Selain itu olahraga ini juga low budget serta dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Anda hanya perlu menggunakan sepasang sepatu yang nyaman. Lakukan olahraga jalan kaki singkat saat istirahat jam makan siang atau jalan kaki lebih lama di akhir pekan. Anda juga bisa sambil mendengarkan musik atau jalan bersama teman. Mudah dan menyehatkan!

3. Weight Training

Weight training adalah latihan angkat beban yang bisa meningkatkan kekuatan otot dan menghilangkan lemak menumpuk. Selain itu, latihan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Anda tidak harus pergi ke gym untuk melakukan weight training. Anda bisa melakukannya di rumah dengan berlatih push up, squat, pull up, dan lain-lain.

Baca juga: 5 Makanan Sehat untuk Jantung, Baik Dikonsumsi Sejak Dini!

4. Berenang

Berenang adalah olahraga favorit banyak orang. Selain menyenangkan, berenang juga bisa menjadi full-body workout yang tidak hanya akan memperkuat tubuh, melainkan juga jantung dan paru-paru.

Berenang tidak membebani persendian dan memungkinkan Anda menggerakkan tubuh tanpa rasa sakit. Selain itu, berenang dapat melatih pernapasan karena di dalam air Anda menahan napas.

5. Yoga

Selanjutnya olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru adalah yaitu yoga. Yoga merupakan bentuk latihan kebugaran jasmani yang menggabungkan meditasi, gerakan fisik, dan latihan pernapasan.

Latihan pernapasan dengan yoga selain baik untuk paru-paru juga akan merangsang nervus parasimpatis dan mengatasi keluhan jantung berdebar serta membuat Anda lebih rileks.

Menurut penelitian, manfaat yoga dinilai baik bagi kesehatan jantung pasalnya bisa mengendalikan berbagai faktor yang memicu penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, hingga obesitas.

6. Bersepeda

Bersepeda adalah salah satu olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru yang menyenangkan dan mudah dilakukan oleh siapa saja. Manfaat bersepeda yaitu dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Ketika bersepeda, Anda menggunakan otot besar kaki di mana hal tersebut bisa membantu meningkatkan detak jantung Anda. Terlebih lagi, olahraga ini baik untuk meningkatkan kesehatan mental Anda.

7. Senam Zumba

Berikutnya, olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru adalah senam zumba. Olahraga ini terinspirasi dari gerakan tarian dari Amerika Latin. 

Apabila Anda rutin melakukannya, zumba bisa meningkatkan kebugaran dalam sistem kardiovaskular.

Tidak hanya itu, penelitian juga mengungkapkan bahwa zumba dapat menjadi pilihan olahraga tepat bagi wanita yang berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular.

8. Peregangan

Peregangan atau stretching ialah bentuk olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Tujuan stretching yaitu meregangkan otot-otot sebelum berolahraga atau beraktivitas. 

Penelitian menunjukkan bahwa peregangan dapat meningkatkan aliran darah serta menjaga kesehatan jantung. Bahkan berbagai jenis stretching juga bisa membantu menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Baca juga: 12 Manfaat Olahraga secara Rutin untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Manfaat Olahraga untuk Jantung dan Paru-Paru

Jantung dan paru-paru merupakan dua organ tubuh yang memegang peranan penting dalam menyalurkan darah ke seluruh tubuh. Apabila jantung dan paru-paru senantiasa sehat, maka organ tubuh lainnya juga dapat berfungsi dengan baik.

Olahraga merupakan jalan yang bisa ditempuh untuk memperkuat jantung dan paru-paru. Berikut sejumlah manfaat yang dapat Anda peroleh:

  • Memperkuat jantung secara menyeluruh
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan kekuatan tubuh
  • Mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti jantung, stroke, dan diabetes
  • Menurunkan kadar kolesterol jahat
  • Membantu Anda mencapai dan mempertahankan berat badan ideal
  • Membantu mengelola stres
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Meningkatkan mood dan kepercayaan diri
  • Meningkatkan kekebalan tubuh

Itu dia serangkaian olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Kesimpulannya, latihan untuk kebugaran seperti kardio atau aerobik bisa meningkatkan detak jantung dan pernapasan, sehingga melancarkan aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Hal tersebut dapat menaikkan fungsi dan kinerja jantung, paru-paru, serta sistem peredaran darah.

Sejatinya, apa pun aktivitas fisik yang Anda lakukan baik bagi bagi kesehatan jantung maupun paru-paru. Yang terpenting Anda rutin melakukannya agar manfaatnya bisa Anda rasakan.

Setelah berolahraga, tentunya Anda akan berkeringat dan merasa haus lantaran energi sudah terkuras. 

Untuk itu, Anda perlu segera minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang tersebut.

Pilih AQUA yang menawarkan sejumlah kebaikan air dari pegunungan pilihan. AQUA telah dipercaya menghadirkan air minum berkualitas yang mampu menjaga keaslian dan kemurnian air mineralnya.

Dalam upaya tersebut, AQUA telah berkomitmen melindungi sumber air dan melestarikan ekosistem di sekitarnya. Bahkan, pengemasan AQUA juga sudah melalui lebih dari 400 uji kualitas sebelum sampai ke tangan Anda.

Yuk mulai kebiasaan sehat dengan mengonsumsi #AQUADULU sebelum dan sesudah beraktivitas agar tubuh senantiasa bugar!

Baca juga: 7 Manfaat Treadmill Bagi Kesehatan Fisik Maupun Mental

Referensi:

  1. Exercise and Lung Health - Buka
  2. American Heart Association Recommendations for Physical Activity in Adults and Kids - Buka
  3. 6 Best Exercises to Strengthen Your Heart - Buka
  4. Tips Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Jantung Anda - Buka
  5. 6 Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani untuk Jantung Sehat - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.