Logo AQUA

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Mandalika yang Unik dan Menarik

Bagikan:

7 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Mandalika yang Unik dan Menarik

Selain menonton MotoGP Mandalika 2024 dan menikmati berbagai tempat wisata, Anda juga perlu berburu oleh-oleh khas Mandalika untuk dijadikan buah tangan ketika kembali ke daerah asal. 

Perlu diketahui, selain olahan khas laut seperti abon ikan, masih ada beberapa oleh-oleh Mandalika lainnya yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang belum mengetahui oleh-oleh khas Mandalika apa saja yang patut untuk dibeli, baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui rekomendasinya.

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Mandalika

Mandalika merupakan salah satu daerah yang berada di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain terkenal dengan sirkuit Mandalika dan destinasi wisata alam, seperti pantai Kuta Mandalika, di tempat ini juga terdapat berbagai pernak-pernik maupun kuliner yang bisa Anda jadikan oleh-oleh khas Mandalika. 

Adapun beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Mandalika yang patut Anda beli adalah sebagai berikut.

1. Dodol Rumput Laut

Oleh-oleh khas Mandalika yang pertama adalah dodol rumput laut. Di daerah pesisir pulau Lombok terdapat banyak tempat budidaya rumput laut dan salah satu produk olahan dari tempat tersebut adalah dodol rumput laut. Dodol rumput laut ini memiliki rasa yang manis serta tekstur yang kenyal.

Selain itu, dodol ini juga tersedia dalam berbagai macam rasa, mulai dari sirsak hingga rasa jagung. Perlu diketahui, dodol rumput laut ini juga memiliki manfaat kesehatan untuk tubuh, salah satunya adalah dapat memperlambat penyebaran kanker payudara pada wanita.

2. Aksesoris Mutiara

Bagi para pecinta aksesoris, sepertinya oleh-oleh khas Mandalika yang satu ini akan cocok untuk Anda. Di pulau Lombok, terdapat banyak sekali pengrajin aksesoris dari mutiara yang bisa Anda kunjungi. Banyaknya jumlah pengrajin membuat variasi desain aksesoris yang beragam untuk dijadikan oleh-oleh. Pada umumnya, setiap pengrajin memiliki desain khas tersendiri.

Perlu diketahui, ada dua jenis mutiara yang digunakan dalam pembuatan aksesoris tersebut, yakni mutiara air laut dan mutiara air tawar. Mutiara air laut memiliki harga yang relatif lebih tinggi dari mutiara air tawar karena untuk mendapatkannya terbilang sangat sulit.

Baca juga: 5 Manfaat Liburan Bersama Teman & Ide Kegiatannya yang Seru 

3. Abon Ikan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, abon ikan merupakan salah satu oleh-oleh khas Mandalika. Abon ikan merupakan salah satu makanan pelengkap yang populer di Mandalika. Dengan cita rasanya yang gurih, abon ikan cocok disantap dengan berbagai macam hidangan bahkan dikonsumsi dengan nasi putih saja sudah enak.

Perlu diketahui, ikan yang digunakan sebagai bahan dasar abon bermacam-macam. Pada umumnya, bahan dasar abon ikan akan menggunakan ikan tongkol, ikan nila, dan ikan tuna. Untuk bisa mendapatkan abon ikan ini, Anda bisa mengunjungi toko oleh-oleh yang berada di sekitar kawasan wisata Mandalika.

4. Kain Tenun

Kain tenun merupakan oleh-oleh khas Mandalika yang selanjutnya. Kain tenun adalah kerajinan tekstil yang menjadi ikon khas Lombok. Perlu diketahui, terdapat beberapa desa di Pulau Lombok yang memproduksi kain tenun secara tradisional. Pada umumnya, kain ini akan ditenun secara tradisional dengan motif-motif unik oleh para perempuan penduduk desa tersebut.

Untuk bisa mendapatkan kain tenun tersebut, Anda bisa mengunjungi desa-desa yang ada di Pulau Lombok, salah satunya adalah Desa Sade. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan kain tenun ini di pasar tradisional yang ada di Pulau Lombok.

5. Peyek Kangkung Rumput Laut

Selain diolah menjadi dodol, rumput laut yang dibudidayakan di pesisir Pulau Lombok juga sering kali diolah menjadi peyek kangkung rumput laut. Peyek kangkung rumput laut ini memiliki cita rasa yang gurih dan juga tahan lama sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Mandalika.

Selain itu, peyek kangkung rumput laut juga tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti seledri, pedas, hinga teri pedas. Peyek kangkung rumput laut ini sangat cocok untuk dimakan secara langsung atau disantap bersama dengan hidangan lain sebagai pelengkap.

6. Terasi Bakar Lombok

Oleh-oleh Mandalika selanjutnya yang patut Anda beli adalah terasi bakar lombok. Rasanya yang kuat dan khas membuat bumbu masak yang satu ini menjadi populer di kalangan wisatawan yang sedang liburan di Mandalika. Terasi bakar lombok ini juga sering digunakan di beberapa makanan khas Lombok, seperti ayam bakar taliwang. 

Baca juga: 11 Ide Liburan Akhir Tahun & Tipsnya agar Lebih Menyenangkan 

7. Minyak Gosok

Perlu diketahui, di Provinsi Nusa Tenggara Barat terdapat sebuah produk minyak gosok yang terkenal dengan khasiatnya dalam meredakan pegal-pegal akibat kelelahan dan beragam penyakit lainnya. Minyak gosok ini terbuat dari beragam rempah-rempah khas Sumbawa, seperti akar lawang yang dapat memberikan sensasi hangat ketika digosokkan ke tubuh. 

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk membeli minyak gosok ini sebagai buah tangan. Anda bisa menggunakannya untuk merilekskan tubuh dan meredakan rasa lelah setelah liburan ke Mandalika.

Liburan ke Mandalika Gratis Bareng AQUA

Bagi Anda yang tertarik ingin liburan ke Mandalika tapi tidak punya banyak persiapan maupun budget, tenang saja Anda bisa mengikuti salah satu program dari AQUA untuk mendapatkan paket liburan gratis ke Mandalika. Program AQUA 100% Murni 100% Petualangan Indonesia memberikan kesempatan bagi Anda untuk mendapatkan paket liburan gratis ke Mandalika atau destinasi wisata lainnya di Indonesia. 

Cara untuk mengikutinya sangat mudah, Anda hanya perlu membeli produk AQUA di minimarket atau online shop (Astro, Gomart, Grabmart, klik Indomaret, Midi Kring, Alfamart) lalu kirim struk pembelian produknya ke nomor WhatsApp resmi AQUA 087878700048. Program ini dimulai pada tanggal 29 Mei hingga 30 September 2024, jadi jangan sampai kelewatan ya.

Itulah beberapa informasi mengenai oleh-oleh khas Mandalika yang patut Anda beli. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Anda bisa pergi liburan ke kawasan wisata Mandalika gratis dengan mengikuti program AQUA 100% Murni 100% Petualangan Indonesia. Ayo, segera ikut program ini dan menangkan paket liburan ke Mandalika dan berbagai destinasi wisata lainnya di Indonesia.

Baca juga: Ini Dia 8 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .