Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Optimalkan Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh dengan Latihan Rutin

Kebaikan AirHidup Sehat | 20 Oktober 2020
Optimalkan Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh dengan Latihan Rutin

Begitu besar manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang signifikan bagi tubuh, sangat disarankan untuk melakukan olahraga yang secara rutin.

Berolahraga seharusnya menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Tidak peduli jenis kelamin atau umurnya, terus aktif bergerak dengan olahraga akan membantu tubuh menjadi lebih bugar.

Banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang bisa diraih. Dari segi fisik misalnya, olahraga akan berguna untuk memperkuat tulang dan otot. Hal itu dikarenakan kegiatan fisik membantu tubuh menyerap asam amino yang diperlukan otot (1).

Selain itu, kepadatan tulang akan terjaga kalau mau berolahraga dengan rutin. Seiring umur, tulang semakin keropos. Akibatnya, risiko terkena osteoporosis pada usia lanjut sangat besar. Namun, gangguan tersebut bisa dihindari dengan berolahraga (1).

Olahraga juga berpengaruh penting dalam mengamankan tubuh dari penyakit kronis. Bukan rahasia lagi, penyakit seperti diabetes, jantung, dan stroke kini mengancam siapa saja. Untuk menghindarinya, berolahraga bisa menjadi cara ampuh.

Dengan olahraga, sensitivitas tubuh untuk menghasilkan insulin kian bertambah. Ini penting bagi pengendalian gula darah. Selain itu, kemampuan kardiovaskular juga membaik. Begitu pula tekanan maupun lemak darah akan berkurang(2). Dua hal tersebut penting untuk menjaga tubuh dari ancaman penyakit kronis.

Namun, manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh tidak hanya di segi fisik. Dari segi mental pun ada kegunaannya. Sebagai contoh rutin berolahraga membantu mengurangi stres, depresi, dan masalah kecemasan.

Hal tersebut dimungkinkan karena olahraga membantu tubuh melepaskan hormon endorphin yang menghadirkan perasaan positif. Selain itu, berolahraga juga merangsang tubuh lebih sensitif terhadap hormon serotonin dan norepinephrine yang membuang depresi (1).

Itu hanya sebagian contoh manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh. Masih banyak lagi kegunaannya, mulai dari mengontrol berat badan, mempermudah relaksasi dan tidur, hingga membantu tubuh lebih energik. Namun, untuk mendapat manfaatnya secara maksimal, jangan berolahraga sesekali saja.

RUTINITAS OLAHRAGA DIPERLUKAN

Banyak yang mengira berolahraga boleh sesekali saja. Berdasar pemikiran tersebut, tidak sedikit yang langsung menggeber tubuh dengan melakukan olahraga berat dalam waktu lama. Misal, hanya sebulan sekali dan sangat keras.

Mereka menyangka bahwa hal itu akan bermanfaat. Padahal, tidak seperti itu. Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh baru akan terasa jika dilakukan secara rutin.

Hal tersebut bisa terlihat dari riset yang dilakukan Oxford University. Pada 2015, mereka meneliti tingkat aktivitas fisik lebih dari satu juta wanita paruh baya di Britania Raya. Saat itu, penelitian menemukan bahwa orang yang berolahraga dua hingga tiga kali sepekan mampu menekan risiko terkena penyakit jantung dan stroke hingga 20 persen. Penurunan itu tidak dirasakan oleh mereka yang tidak aktif sama sekali (3).

Hal ini menunjukkan aktivitas fisik yang teratur sangat berpengaruh bagi tubuh. Intensitas dan lama waktu berolahraga malah tidak begitu berpengaruh. Itu terlihat dari tingkat penurunan risiko penyakit kronis mereka yang berolahraga 4 hingga 6 kali sepekan dibanding dua sampai tiga kali per pekan. Hasilnya ternyata tidak jauh berbeda (3).

Oleh karena itu, segeralah mencari waktu untuk berolahraga. Lakukan secara reguler. Jangan hanya hanya sebulan sekali. Pasalnya, manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh bakal maksimal jika dilakukan secara teratur. Sebaliknya, kalau hanya beraktivitas fisik sesekali dan dalam intensitas tinggi, justru malah berbahaya karena tubuh dipaksa.

Lantas, seberapa sering harus berolahraga? American Heart Association menyarankan orang dewasa setidaknya harus melakukan olahraga dalam intensitas moderat setidaknya 150 menit per pekan. Artinya minimal dalam sehari harus ada aktivitas fisik setidaknya 21 menit per hari (4).

Lakukan secara rutin terlebih dahulu lalu tambah intensitas dan waktunya. Jika ingin mendapatkan manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh yang optimal, patok target berolahraga 300 menit per pekan atau sehari minimal 42 menit (4).

Seperti yang telah dipaparkan di atas, menjalani gaya hidup sehat berarti menjaga keteraturan berolahraga. Satu hal yang harus kita ingat, bahwa ketika kita berolahraga, tubuh akan berkeringat dan itu berarti cairan dalam tubuh juga akan berkurang.

Minum air mineral dengan jumlah sesuai anjuran sebelum, saat, dan setelah berolahraga dapat mencegah dehidrasi, sekaligus meningkatkan daya otot tubuh. Memilih air mineral yang tepat juga penting karena kandungan mineralnya dapat bermanfaat bagi tubuh.

Selalu pilih air mineral AQUA, yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

Jangan lupa untuk menyiapkan 2 botol AQUA 600ml sebelum berolahraga, agar kebutuhan hidrasi Anda saat berolahraga dapat terpenuhi.

Sudah minum AQUA untuk menemani berolahraga?

 

Referensi:
1. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise#section4
2. https://www.healthline.com/nutrition/10-benefits-of-exercise#section5
3. https://www.ndph.ox.ac.uk/news/exercise-2-3-times-a-week-reduces-heart-disease-risk-in-women-says-new-study
4. https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults