Logo AQUA

Pantai Kuta Mandalika: Aktivitas Menarik dan Tips Berkunjung

Bagikan:

Pantai Kuta Mandalika: Aktivitas Menarik dan Tips Berkunjung

Berlibur ke Lombok tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Pantai Kuta Mandalika. Terletak di selatan Pulau Lombok, pantai ini menawarkan pesona alam memukau dan berbagai aktivitas menarik untuk mengisi waktu liburan Anda. 

Berbagai aktivitas menarik yang dapat Anda coba, seperti berenang, berjemur, bersepeda, hingga snorkeling. Selain itu, bagi pecinta kuliner, jangan lupa juga untuk mencicipi makanan khas Lombok yang lezat.

Ingin menjelajahi keindahan Pantai Kuta Mandalika lebih lanjut? Yuk, simak panduan lengkapnya di artikel ini!

Mengenal Pantai Kuta Mandalika 

Pantai Kuta Mandalika, terletak di selatan Pulau Lombok, menawarkan hamparan pasir putih yang luas dan garis pantai bergelombang. Keindahan pantai ini semakin lengkap dengan jajaran terumbu karang yang sehat dan air laut jernih.

Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 kilometer. Di sebelah baratnya, terdapat Bukit Mandalika, sebuah bukit yang menyimpan legenda Putri Mandalika. Konon, sang putri melompat ke laut dari bukit ini untuk menghindari lamaran pangeran yang tidak ia cintai.

Saat ini, Bukit Mandalika menjadi spot terbaik untuk menikmati panorama pantai dari ketinggian. Dari puncak bukit, pengunjung dapat menyaksikan hamparan pantai dengan jernihnya air laut dan gugusan terumbu karang yang indah.

Jam Operasional dan Lokasi Pantai Kuta Mandalika

Pantai Kuta Mandalika buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 hingga 17.00 WITA. Waktu yang direkomendasikan untuk berkunjung ke pantai di Mandalika adalah sore hari menjelang matahari terbenam. Di waktu ini, Anda dapat menikmati momen sunset yang romantis.

Lokasi Pantai Kuta Mandalika terletak di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 18 kilometer dari Bandara Internasional Lombok dan dapat ditempuh sekitar 30 menit dengan mobil atau motor.

Pantai Kuta Mandalika dapat diakses dari dua lokasi utama, yaitu Kota Mataram dan Bandara Internasional Lombok. Berikut panduan singkat untuk mencapai pantai ini:

Dari Kota Mataram:

  1. Perjalanan memakan waktu sekitar 1-1,5 jam dengan jarak tempuh sekitar 50 km.
  2. Ikuti jalan Gajah Mada hingga Monumen Mataram Metro.
  3. Pilih jalan lurus ke Tembok Pelangi Mataram.
  4. Ikuti jalan bypass Bandara Internasional Lombok dan pilih Jalan Raya Tanak Awu.
  5. Terus ikuti jalan hingga ke Jalan Kuta Lombok, Jalan Pariwisata.
  6. Di bundaran, pilih Jalan Pariwisata Pantai Kuta.
  7. Luruslah hingga menemukan area Pantai Kuta.

Dari Bandara Internasional Lombok:

  • Perjalanan lebih singkat, sekitar setengah jam.
  • Ikuti Jalan Raya Tanak Awu lalu menuju Jalan Kuta Lombok.
  • Pilih Jalan Pariwisata hingga ke bundaran.
  • Belokkan kendaraan ke Jalan Pariwisata Pantai Kuta.

Baca juga: 7 Tips Mengatur Rencana Liburan Akhir Tahun, Hemat & Seru!

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta Mandalika 

Pantai Kuta Mandalika menawarkan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Hal ini karena pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Adapun biaya parkir di Pantai Kuta Mandalika adalah:

  • Motor: Rp5.000.
  • Mobil: Rp10.000.
  • Bus: Rp20.000.

Pantai ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti:

  • Tempat parkir luas.
  • Area bersantai.
  • Toilet umum.
  • Warung makan.
  • Musala.
  • Penjual aksesoris.
  • Fasilitas air bersih.
  • Spot foto menarik.
  • Pusat informasi wisata.
  • Hotel dan minimarket di sekitar pantai.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Pantai Kuta Mandalika

Di Pantai Kuta Mandalika, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas seru, mulai dari bersantai di tepi pantai, berenang, bermain air, hingga mencoba berbagai olahraga air yang menantang. Berikut adalah beberapa aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di Pantai Kuta Mandalika.

1. Melihat Sunset

Liburan ke pantai tak lengkap tanpa momen menikmati sunset atau matahari terbenam. Di Pantai Kuta Mandalika, Anda dapat menyaksikan panorama sunset yang memukau. Rasakan semilir angin sepoi-sepoi dan debur ombak yang menenangkan saat detik-detik matahari terbenam. Duduklah santai di tepi pantai bersama orang-orang tercinta dan nikmati momen istimewa ini.

2. Bersepeda

Bagi Anda yang ingin beraktivitas santai di pantai, bersepeda di sekitar Pantai Kuta Mandalika bisa menjadi pilihan tepat. Tersedia tempat penyewaan sepeda dengan harga terjangkau, sekitar Rp30.000 per jam. Anda dapat bersepeda mengelilingi pantai sambil menikmati pemandangan air laut biru dan udara yang segar.

3. Bermain Jet Ski

Bagi pecinta aktivitas air yang penuh adrenalin, bermain jet ski di Pantai Kuta Mandalika bisa menjadi pilihan tepat. Dengan jet ski, Anda dapat menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitar pantai dan menikmati pemandangan yang menakjubkan. Pastikan untuk menggunakan jaket pelampung yang disediakan untuk memastikan keamanan selama bermain jet ski.

4. Bermain Banana Boat

Banana boat adalah wahana air seru yang wajib dicoba saat berkunjung ke Pantai Kuta Mandalika. Aktivitas ini cocok dinikmati bersama teman-teman atau keluarga. Anda akan duduk di atas perahu karet berbentuk pisang yang ditarik oleh perahu motor. 

Sensasi terombang-ambing di atas air dan terpapar angin kencang akan memacu adrenalin Anda. Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan laut yang indah dari sudut pandang berbeda.

Baca juga: 11 Ide Liburan Akhir Tahun & Tipsnya agar Lebih Menyenangkan

5. Snorkeling

Pantai Kuta Mandalika menawarkan wisata bawah laut dengan aktivitas snorkeling. Air lautnya yang jernih memungkinkan Anda untuk melihat berbagai terumbu karang dan pemandangan bawah laut lainnya. Biasanya, tersedia paket wisata yang sudah termasuk peralatan snorkeling dan pemandu.

6. Menyaksikan Festival Nyale

Festival Bau Nyale adalah acara tahunan di Lombok Selatan untuk menghormati cacing Nyale, yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Bau berarti menangkap dan Nyale adalah cacing laut berwarna-warni yang muncul setahun sekali di pantai Kuta Mandalika. 

Festival ini biasanya diadakan sekitar Februari dan Maret di Pantai Seger atau sepanjang pantai selatan Lombok Tengah. Pengunjung juga bisa mencicipi masakan cacing Nyale yang dimasak oleh warga setempat.

Tips Berkunjung ke Pantai Kuta Mandalika

Berlibur ke pantai memang menyenangkan, namun membutuhkan persiapan yang matang. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mempersiapkan diri sebelum mengunjungi Pantai Kuta Mandalika:

  • Bawa dan gunakanlah pakaian yang nyaman serta menyerap keringat.
  • Gunakan tabir surya, kacamata hitam, dan topi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang terik.
  • Jika Anda ingin mengunjungi pantai lain di sekitar Kuta Mandalika, seperti Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, dan Gua Aan, rencanakan itinerary yang efisien untuk menghemat waktu.
  • Sewa kendaraan pribadi adalah pilihan yang tepat karena transportasi umum menuju Pantai Kuta Mandalika masih terbatas.
  • Pilih waktu yang tepat, idealnya pada bulan Juli-Agustus saat gelombang laut ideal untuk berselancar.
  • Jika Anda ingin mencoba olahraga air, lakukan aktivitas fisik secara rutin jauh-jauh hari untuk mempersiapkan diri. 
  • Buanglah sampah pada tempatnya dan jagalah kebersihan pantai agar tetap asri.

Itu dia panduan lengkap untuk menjelajahi keindahan Pantai Kuta Mandalika. Dengan pasir putihnya, air laut biru jernih, dan berbagai aktivitas menarik, Pantai Kuta Mandalika merupakan destinasi wisata bahari yang bisa dijadikan pilihan untuk liburan tak terlupakan.

Jadi, sudah siapkah Anda untuk menjelajahi keindahan Pantai Kuta Mandalika? Jika sudah, yuk ikuti Program AQUA 100% Murni 100% Petualangan Indonesia yang berlangsung dari 29 Mei hingga 30 September 2024. 

Cukup dengan membeli produk AQUA, Anda sudah berpeluang untuk menjelajahi keindahan Indonesia secara gratis! Lalu, bagaimana caranya? Mudah saja, cukup beli produk AQUA apapun, kemudian kirimkan bukti pembeliannya ke Whatsapp AQUA di 087878700048. 

Semakin banyak Anda membeli AQUA, semakin besar pula kesempatan untuk memenangkan liburan gratis ke berbagai destinasi wisata menarik di Indonesia, seperti Labuan Bajo, Wakatobi, Danau Toba, dan tentunya Mandalika.

Tunggu apalagi? Beli AQUA sekarang dan jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Indonesia bersama AQUA!

Baca juga: Ini Dia 8 Manfaat Liburan untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .