Hidup Sehat

Pentingnya Minum Air Putih Bagi Kesehatan Anak

By Hidup Sehat | January 23, 2020 No Comments

Pentingnya minum air putih perlu disadari semua pihak. Sekitar 70% bagian tubuh manusia mengandung cairan. Inilah yang membuat manusia membutuhkan asupan air yang cukup agar dapat menjaga kesegaran dan kebugaran (1). Hal itu tidak hanya berlaku bagi orang dewasa, namun juga bagi anak.

Sebagai orang tua pasti ingin menjaga kesehatan anaknya. Namun, selama ini banyak dari kita yang hanya fokus pada kebutuhan zat gizi yang harus dipenuhi oleh anak dan melupakan kebutuhan cairan anak yang tidak kalah penting. Sekitar 70% hingga 80% kebutuhan air anak didapatkan dari minum air dan sisanya berasal dari makanan. Hal tersebut mengharuskan anak wajib minum air putih secara berkala demi pemenuhan kebutuhan cairan hariannya (2). Perlu diketahui, pemenuhan kebutuhan cairan harian berpengaruh positif bagi anak seperti lebih mudah konsentrasi, tidak mudah lelah, dan masih banyak lagi.

 

KEBUTUHAN CAIRAN ANAK

Untuk menentukan takaran air putih yang pas bagi anak tidaklah rumit.  Pada dasarnya, kebutuhan air anak setiap hari tak jauh berbeda dengan dewasa. Prinsip sederhana dengan meminum delapan gelas air sehari bisa diterapkan. 

Namun, orang tua juga bisa mengikuti rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI. Disebutkan bahwa kebutuhan cairan anak yang berumur di atas satu tahun terus meningkat. Inilah rekomendasinya:

  • 1-3 tahun: membutuhkan cairan sebanyak 1200 ml (4-5 gelas) per hari.

  • 4-6 tahun: membutuhkan cairan sebanyak 1500 ml (6 gelas) per hari.

  • 7-9 tahun: membutuhkan cairan sebanyak 1900 ml (7-8 gelas) per hari.

  • 10-18 tahun: membutuhkan cairan sebanyak 2000 ml (8 gelas) per hari. (3)

Orang tua bisa menjadikan rekomendasi tersebut sebagai patokan. Namun, takaran itu tidak berlaku bagi bayi yang masih menyusu. Untuk bayi, orang tua bisa memenuhi kebutuhan cairannya dalam jumlah berikut ini:

  • 175-200 ml/kgBB/hari pada tiga bulan pertama setelah kelahiran.

  • 150-175 ml/kgBB/hari ketika bayi berusia 4-6 bulan.

  • 130-140 ml/kgBB/hari pada bayi berusia 7-9 bulan.

  • 120-140 ml/kgBB/hari saat bayi berusia 10-12 bulan (2).

Angka-angka yang dipaparkan merupakan kebutuhan minimal yang harus dipenuhi si kecil. Namun jika aktivitas anak lebih banyak, maka asupan air yang perlu dikonsumsi pun harus ditambah (4).

Hal ini dikarenakan aktivitas yang banyak akan membuat anak mengeluarkan lebih banyak cairan. Dengan demikian air untuk menggantikannya juga bertambah besar. 

Selain intensitas aktivitas, orang tua juga bisa melihat sejumlah faktor lain yang memengaruhi kebutuhan air minum anak. Beberapa contohnya seperti berat badan dan suhu udara. Jika berat anak lebih besar dan cuaca sedang panas maka otomatis jumlah cairan yang diperlukan anak lebih banyak (5).

Apabila anak kurang minum air putih, berbagai masalah akan muncul misal untuk dehidrasi ringan saja bisa menyebabkan gangguan konsentrasi pada anak ketika sedang belajar. Kondisi lebih buruk dapat dialami saat tingkat kekurangan cairan jauh lebih tinggi. Perkembangan otak anak bisa terhambat (2).  Orang tua mana pun pasti tidak ingin buah hatinya mengalami hal tersebut.  Oleh karena itu, pentingnya bagi kita sebagai orang tua untuk memerhatikan kualitas dan kuantitas air yang diminum oleh anak.

 

PILIH AIR BERKUALITAS

Solusi untuk hal tersebut adalah dengan memberikan air mineral AQUA yang berasal dari pegunungan terpilih di Indonesia, mengandung sejumlah mineral yang bermanfaat untuk tubuh, dan kualitasnya terjaga serta bebas dari kontaminasi.

AQUA juga melakukan lebih 400 cek kualitas untuk memastikan kemurnian air. Berkat itu, kesegarannya akan tetap terjaga hingga ke tangan konsumen. Pentingnya minum air putih akan semakin terbukti nyata jika minum AQUA. Sudahkah anak Anda minum AQUA hari ini?

 

Referensi:

  1. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/viewFile/5701/4926

  2. https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/kebutuhan-anak-minum-air/

  3. https://peraturan.bkpm.go.id/jdih/userfiles/batang/PMK%20No.%2075%20ttg%20Angka%20Kecukupan%20Gizi%20Bangsa%20Indonesia.pdf  

  4. https://kidshealth.org/en/kids/water.html

  5. http://www.idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/kebutuhan-air-pada-anak