Logo AQUA

Beberapa Penyebab Cegukan Terus Menerus dan Cara Mengatasinya

Hidup Sehat | 18 Juli 2024

Bagikan:

Beberapa Penyebab Cegukan Terus Menerus dan Cara Mengatasinya

 Cegukan adalah kontraksi diafragma atau struktur otot di bawah paru-paru diikuti dengan penutupan dari pita suara yang terjadi secara tak terkendali dan berulang. Tapi, sebenarnya, apa penyebab cegukan? Apakah karena kurang minum?

Cegukan yang juga disebut singultus ini dapat dialami baik oleh bayi maupun orang dewasa dan biasanya ditandai dengan keluarnya bunyi dari mulut tanpa disengaja. 

Nah sejatinya, banyak hal yang dapat menyebabkan cegukan. Mulai dari makan berlebihan, konsumsi minuman berkarbonasi atau alkohol, hingga perubahan suhu secara tiba-tiba. Untuk itu, mari simak penyebab cegukan dan cara mengatasinya di artikel ini.

Penyebab Cegukan Tiba-Tiba

Cegukan terus menerus bisa terjadi di waktu yang tiba-tiba bahkan hanya dalam waktu beberapa menit. Penyebab cegukan tiba-tiba pun belum bisa dipastikan, namun kondisi tersebut bisa dipicu oleh beberapa hal, yaitu.

1. Makan dengan Porsi Besar dan Terlalu Cepat

Rupanya, mengonsumsi makanan dalam porsi terlalu besar dapat menyebabkan lambung meregang berlebihan yang kemudian memicu saraf-saraf diafragma menegang (spasme) dan akhirnya menyebabkan cegukan.

2. Konsumsi Makanan Tertentu

Ada beberapa jenis makanan penyebab cegukan yang disinyalir mampu memicu kondisi ini. Sebut saja makanan pedas dengan kandungan capsaicin. Capsaicin dapat memicu persarafan di diafragma yang memancing terjadinya kontraksi diafragma sehingga menyebabkan cegukan.

Tak hanya itu, makanan kering seperti roti yang tentunya lebih sulit ditelan dan berpotensi mengiritasi lapisan kerongkongan. Hal ini dapat membuat saraf-saraf di kerongkongan terangsang dan mengundang kontraksi diafragma.

3. Adanya Perubahan Suhu Secara Tiba-Tiba

Meski terdengar sepele, nyatanya perubahan suhu mendadak juga dapat memicu terjadinya cegukan. Sebab, naik turunnya suhu secara tiba-tiba bisa merangsang saraf-saraf di kerongkongan dan kontraksi diafragma berlebihan. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh faktor makanan maupun tempat yang sangat panas dan dingin.

4. Perasaan Emosi Berlebih

Perasaan terlalu takut, stress, dan bahagia ternyata dapat menjadi penyebab terjadinya cegukan. Kemungkinan besar, kondisi ini dipicu oleh hormon tertentu seperti kekurangan dopamin yang mengakibatkan terjadinya reaksi pada otot diafragma.

5. Lain-Lain

Selain 4 penyebab utama di atas, terjadinya cegukan juga bisa dipicu oleh beberapa hal berikut ini:

  • Minum minuman berkarbonasi seperti soda. Adanya udara di lambung bagian bawah dapat memicu saraf yang menyebabkan refleks cegukan dengan tujuan mengeluarkan udara tersebut.
  • Mengkonsumsi alkohol.
  • Perut kembung.
  • Merokok .
  • Aerophagia atau kondisi dimana tubuh menelan udara berlebih dan terjadi secara terus menerus [1].

Penyebab Cegukan Terus Menerus

Penyebab cegukan terus menerus bisa terbilang beragam dan cukup serius karena menyangkut masalah kesehatan. Tetapi, Anda perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya. Beberapa faktor yang memicu cegukan terus menerus antara lain.

1. Gangguan Pernapasan

Cegukan bisa disebabkan oleh masalah pernapasan seperti asma, pleuritis, pneumonia dalam beberapa kasus juga dapat memicu terjadinya cegukan dalam jangka panjang. 

2. Gangguan Pencernaan

Bila memiliki masalah di saluran pencernaan dan perut, Anda berpeluang lebih besar untuk mengalami cegukan berkepanjangan. Beberapa gangguan pencernaan ini termasuk adanya luka pada lambung, radang usus, dan gastroesofagus (GERD).

3. Gangguan Sistem Saraf Pusat

Gangguan sistem saraf pusat dapat diakibatkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak yang disebabkan oleh aneurisma atau peradangan pembuluh darah karena SLE (Systemic Lupus Erythematosus). Penyakit tersebut dapat menimbulkan gejala cegukan yang berkepanjangan.

4. Gangguan Metabolisme

Sistem metabolisme tubuh yang terganggu juga bisa menjadi penyebab cegukan terus menerus. Masalah metabolisme ini dapat meliputi gangguan ketidakseimbangan kadar gula dalam darah seperti hipoglikemia dan hiperglikemia. 

5. Gangguan Saraf Vagus

Penyebab cegukan terus menerus selanjutnya yaitu adanya masalah pada nervus vagus akibat radang meninges atau meningitis dan penyakit gondok.

Bisa pula disebabkan karena trauma yang terjadi pada saraf vagus sehingga menyebabkan gastroparesis. Hal ini akan membuat sistem pencernaan kehilangan kemampuan peristaltik dan penumpukan makanan dalam lambung. Nah, peningkatan di dalam perut secara berlebihan berikut dapat memicu terjadinya ketegangan pada diafragma.

Faktor Risiko Cegukan

Sebenarnya, cegukan tidak bisa dihindari oleh siapapun. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena cegukan, yaitu:

1. Jenis Kelamin

Bila dibandingkan wanita, pria lebih berpotensi mengalami cegukan baik jangka pendek maupun panjang terutama mereka dengan berat badan berlebih.

2. Riwayat Medis

Seseorang yang pernah menjalani prosedur pengobatan dengan melibatkan organ perut dan pernah menerima anestesi umum lebih mungkin terkena cegukan.

3. Kondisi Mental

Masalah mental atau emosional seperti kecemasan, stres, dan kegembiraan disinyalir mampu menjadi penyebab gejala cegukan tiba-tiba maupun jangka pendek. 

Baca juga: Kesehatan Keluarga Dimulai dari Air Mineral Berkualitas

Cara Mengatasi Cegukan

Walau belum ada metode pasti untuk mampu mencegah cegukan, sebenarnya ada beberapa cara mengatasi cegukan, yaitu.

  • Makan secukupnya. Dibandingkan makan porsi besar dalam satu waktu, Anda dianjurkan untuk makan dengan porsi kecil namun sering.
  • Kurangi minuman beralkohol dan berkarbonasi seperti soda karena dapat menyebabkan masuknya udara ke dalam saluran pencernaan.
  • Hindari situasi dimana Anda akan mengalami perubahan suhu mendadak.
  • Usahakan untuk tetap tenang demi menghindari reaksi emosional yang terlalu berlebihan.

Penyebab cegukan memang beragam tetapi perlu diketahui bahwa penyebab cegukan itu perlu pemeriksaan yang lebih lanjut apabila terjadinya begitu lama dan di atas 48 jam. Jadi mulai sekarang, cobalah makan perlahan dan utamakan minum air putih untuk menghindari cegukan. Bila Anda mengalami perubahan emosi mendadak pun, coba tenangkan diri terlebih dahulu dengan #AQUADULU. Semoga bermanfaat!

Referensi:

  1. Aerophagia, Saat Tubuh Menelan Udara secara Berlebihan - Buka
  2. Cegukan - Buka
  3. Fakta Penyebab Cegukan, dari yang Ringan Sampai Kronis (Terus-Menerus) - Buka
  4. Everything You Need to Know About Hiccups - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .