Logo AQUA

7 Penyebab Tidak Keluar Keringat saat Olahraga dan Tipsnya

Hidup Sehat | 08 Juli 2024

Bagikan:

7 Penyebab Tidak Keluar Keringat saat Olahraga dan Tipsnya

Olahraga tentunya menjadi ajang untuk mengeluarkan keringat. Baik olahraga di rumah maupun di gym dapat membantu tubuh berkeringat lebih daripada aktivitas harian pada umumnya, seperti makan dan bekerja di depan layar laptop. Lantas, bagaimana jika Anda tidak berkeringat saat olahraga?

Faktanya, terdapat beberapa penyebab tidak keluar keringat saat olahraga yang bersumber dari kondisi tubuh tertentu. Keringat yang seharusnya menjadi respon alami tubuh ketika berolahraga tidak bisa diproduksi karena faktor-faktor dari dalam tubuh.

Untuk memahami penyebab tidak keluar keringat saat olahraga dengan lebih baik, mari simak pembahasan berikut ini.

Penyebab Tidak Keluar Keringat saat Olahraga

Umumnya, keringat akan otomatis keluar ketika suhu tubuh meningkat karena aktivitas olahraga. Berkeringat merupakan cara tubuh untuk melepaskan panas dan menjaga keseimbangan suhu tubuh. Dengan keluarnya panas dari dalam tubuh yang berevaporasi menjadi keringat, Anda pun akan merasakan efek sejuk secara alami.

Lalu, bagaimana jadinya jika ada olahraga tidak berkeringat? Fenomena ini disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

1. Aktivitas Kurang Mengerahkan Tenaga

Tidak berkeringat saat berolahraga dapat mengindikasikan bahwa Anda tidak mengeluarkan energi secara optimal. Dengan kata lain, intensitas dari aktivitas yang dilakukan bisa menjadi penyebab tidak keluar keringat saat olahraga. Hal ini terjadi ketika Anda melakukan olahraga yang terlalu ringan sehingga tubuh tidak mengeluarkan keringat sesuai dengan harapan.

Sebagai gambaran, stretching atau pemanasan yang sudah biasa dilakukan tidak lagi membantu Anda berkeringat karena metabolisme tubuh sudah menyesuaikan dengan kegiatan tersebut. Untuk berkeringat lebih, Anda dapat menambah intensitas aktivitas, dengan jogging atau bersepeda.

2. Suhu Udara Tidak Melebihi Suhu Tubuh

Salah satu penyebab tidak keluar keringat saat olahraga adalah suhu lingkungan atau ruangan. Kebanyakan orang berkeringat lebih saat berada di ruangan yang panas dan lembap daripada di tempat dingin dan kering.

Ketika suhu ruangan lebih tinggi dari suhu tubuh, maka keringat pun akan lebih mudah keluar. Sebaliknya, berolahraga di ruangan dengan suhu di bawah suhu tubuh berpotensi mengurangi produksi keringat.

Hal ini disebabkan pada saat berada di lingkungan dengan suhu yang panas, tubuh yang sedang berolahraga akan berusaha menurunkan suhu tubuh dengan produksi keringat. 

Sedangkan pada lingkungan dengan suhu dingin, suhu tubuh terbantu berada pada suhu ideal sehingga produksi keringat tidak terlalu banyak.

3. Cairan dalam Tubuh Tidak Mencukupi

Kekurangan cairan dalam tubuh atau dehidrasi menjadi salah satu penyebab tidak keluar keringat saat olahraga yang perlu diperhatikan. Ketika tidak ada cairan yang dapat dikeluarkan lagi, maka tubuh pun akan memproduksi keringat dalam jumlah sedikit. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kurangnya konsumsi air sebelum atau setelah aktivitas olahraga.

Baca juga: Masalah Kesehatan Jika Tubuh Kurang Cairan

4. Efek Samping Obat

Mengonsumsi obat-obat tertentu dapat menekan produksi keringat saat olahraga. Adapun obat yang menjadi penyebab tidak keluar keringat saat olahraga adalah antikolinergik, yaitu obat untuk menghambat kerja neurotransmiter sebagai pengirim sinyal dalam sel saraf dan otak. Selain itu, antikolinergik juga dapat menyebabkan mulut dan tenggorokan kering.

5. Fungsi Saraf Terganggu

Penyebab tidak keluar keringat saat olahraga yang perlu menjadi perhatian adalah gangguan pada fungsi saraf. Ketika terjadi cedera atau gangguan pada saraf otonom, produksi keringat pun akan terganggu. Terganggunya fungsi saraf ini bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi medis, termasuk diabetes melitus, penyakit Parkinson, dan sindrom Ross.

6. Kondisi Kulit Tertentu

Tidak keluarnya keringat saat olahraga juga bisa disebabkan oleh kondisi kulit tertentu. Untuk itu, penderita penyakit kulit yang menyumbat saluran keringat perlu penanganan medis khusus. Beberapa jenis penyakit yang dapat mengurangi atau menyumbat keluarnya keringat adalah ruam panas, psoriasis, dan skleroderma.

Di samping penyakit-penyakit tersebut, penyebab tidak keluar keringat saat olahraga lain yang bisa diantisipasi adalah luka atau cedera pada kulit. Luka bakar derajat tiga hingga keracunan senyawa pada obat oles bisa menimbulkan luka pada kulit yang membuat keringat tidak mampu keluar melalui pori-pori kulit.

7. Kondisi Genetik

Faktor penyebab tidak keluar keringat saat olahraga yang membutuhkan perhatian khusus adalah kondisi genetik tertentu. Penderita kondisi kelainan genetik spesifik memiliki kelenjar keringat yang tidak mampu bekerja dengan optimal.

Ketika lelah setelah olahraga, tubuhnya bahkan tidak bisa bergerak seperti kebanyakan orang. Penderita kondisi genetik turunan yang disebut sebagai displasia ektodermal hipohidrotik ini biasanya jarang berkeringat atau bahkan tidak bisa berkeringat sama sekali.

Tips Berolahraga dengan Aman saat Tidak Berkeringat

Bagi yang tidak memiliki kondisi medis khusus, masalah tidak berkeringat saat olahraga bisa diatasi dengan mencoba beberapa cara berikut:

1. Mengurangi Waktu Olahraga di Bawah Terik Matahari

Cobalah untuk berolahraga di ruangan dengan suhu yang terkontrol. Pilihlah aktivitas olahraga di dalam ruangan apabila memungkinkan. Jika harus berolahraga di luar, kenakan pakaian yang tidak mengekang hawa panas.

2. Menggunakan Pakaian yang Sesuai dengan Aktivitas

Hindari pakaian yang terlalu ketat ketika berolahraga agar panas dalam tubuh bisa keluar dengan lebih leluasa. Sebaiknya, pilihlah pakaian yang longgar dan ringan untuk mempermudah keluarnya panas akibat pembakaran dalam tubuh.

3. Mencukupi Kebutuhan Hidrasi Tubuh

Kurangnya produksi keringat saat olahraga bisa disebabkan karena kebutuhan cairan tubuh yang tidak tercukupi. Maka dari itu, siapkan botol air sebelum memulai aktivitas olahraga. Dengan begitu, Anda bisa minum air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama aktivitas olahraga berlangsung.

Itulah beberapa penyebab tidak keluar keringat saat olahraga dan tips penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Produksi keringat dalam jumlah kecil bisa mengindikasikan kondisi medis tertentu. Namun, umumnya keringat tidak keluar karena cairan dalam tubuh tidak mencukupi.

Agar dapat mencegah dehidrasi saat olahraga, Anda bisa menyiapkan AQUA DULU. AQUA terasa dingin alami meski tidak didinginkan sehingga dapat memberikan kesegaran saat berolahraga. Tapi, ingat ya, tidak semua air itu AQUA.

AQUA mengandung mineral alami yang berasal dari 19 sumber pegunungan terpilih di Indonesia. Diambil dari sumber pegunungan terdalam yang memiliki lapisan pelindung alami, AQUA terjamin bebas dari pencemaran. Selain itu, AQUA bersertifikat Halal, BPOM, dan SNI sehingga aman dikonsumsi.

Jadi, jangan lupa #AQUADULU ya. AQUA produk asli Indonesia untuk menemai setiap aktivitas Anda. AQUA 100% Indonesia, 100% Halal, dan 100% Murni.

Baca juga: 4 Manfaat Minum Air bagi Tubuh Manusia, Yuk Simak!

Referensi:

  1. Tidak Berkeringat Saat Olahraga, Apa Saja Penyebabnya? - Buka 
  2. Apa Penyebab Tidak Berkeringat saat Olahraga? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .