Tips Ramadhan

Perhatikan 4 Kunci Lancar Berolahraga Saat Puasa

By Tips Ramadhan | May 23, 2019 No Comments
olahraga saat puasa

Menjalankan ibadah puasa di bulan, terutama di bulan Ramadan, bukan menjadi halangan untuk tetap melakukan olahraga demi menjaga kebugaran tubuh. Olahraga saat puasa juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk lebih banyak membakar lemak sehingga tubuh menjadi sehat sekaligus menurunkan berat badan.[2]

Olahraga tentunya merupakan sebuah aktivitas positif. Namun, karena kondisi yang berbeda di bulan Ramadhan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Tentukan olahraga yang tepat

Memerhatikan jenis olahraga yang akan dilakukan merupakan salah satu hal paling utama.

Dalam keadaan perut kosong ketika berpuasa, pilihlah olahraga dengan intensitas rendah hingga sedang (low impact) seperti yoga, skipping, jogging, atau bersepeda di dalam ruangan, dengan durasi kurang dari 1 jam.[5]

Hindari olahraga dengan intensitas tinggi yang justru mengakibatkan Anda terlalu lelah dan mengganggu kelancaran ibadah puasa.

2. Pilih waktu yang tepat untuk berolahraga

Ada tiga waktu yang tepat untuk melakukan olahraga. Pertama, ialah ketika sore hari, sekitar 30 hingga 60 menit menjelang waktu berbuka puasa tiba.[2]

Berolahraga pada sore hari dianggap tepat karena Anda tidak perlu menunggu lama hingga waktu berbuka tiba. Saat berbuka puasa, Anda bisa segera mendapatkan manfaat minum air mineral dan menyantap kurma, lalu melanjutkan dengan hidangan lain untuk mengembalikan dahaga dan energi yang hilang saat berolahraga.

Kedua, waktu yang dianggap tepat untuk berolahraga selama bulan Ramadan ialah malam hari setelah berbuka puasa, karena tubuh telah mendapatkan energinya kembali dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.[3]

Ketiga, ialah saat setelah sahur. Setelah sahur. tubuh Anda baru saja menerima energi dari makanan yang Anda konsumsi sehingga tubuh lebih kondusif untuk melakukan olahraga.[3]

Jangan lupa, Anda masih butuh banyak energi untuk melanjutkan aktivitas seharian penuh sampai tiba waktu berbuka. Jadi jangan melakukan olahraga yang berlebihan jika Anda memilik untuk berolahraga di pagi hari.

Sebagai tambahan, hindarilah berolahraga di siang hari karena selain panas, rentang waktu yang berjauhan dengan waktu berbuka puasa dapat membuat tubuh menjadi relatif lebih mudah lemas.

Baca Juga: Ikuti 3 Tips Puasa Ini Agar Tubuh Tetap Bugar dan Sehat

3. Konsumsi makanan yang tepat

Saat Ramadan, Anda hanya memiliki dua waktu utama untuk mengonsumsi makanan, yaitu pada saat berbuka dan saat sahur.

Ketika hendak mengonsumsi makanan, upayakan untuk mengonsumsi dalam takaran yang  tidak berlebih dan juga tidak kekurangan. Pilih makanan bergizi yang mengandung zat gizi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan tubuh.[2]

Jika Anda memilih untuk berolahraga saat berpuasa, salah satu kandungan yang penting untuk diperhatikan adalah makanan dengan kandungan protein tinggi. Zat ini diperlukan untuk pertumbuhan dan juga sebagai zat pembangun, sehingga dapat membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.[2]

4. Penuhi konsumsi air mineral

Selain makanan, sangat penting untuk memerhatikan konsumsi air mineral. Seringkali orang minum saat merasa haus, padahal haus adalah salah satu tanda bahwa tubuh sudah mengalami dehidrasi ringan.[6]

Intensitas olahraga yang Anda lakukan saat berpuasa, bisa menyebabkan tubuh dehidrasi. Oleh karena itu sangat penting untuk mencukupi kebutuhan hidrasi harian dengan mengonsumsi air mineral untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh akibat berolahraga setelah berbuka puasa sampai sahur.[4]

Kebutuhan air mineral yang disarankan adalah sekitar 2 liter per hari (setara dengan 8 gelas). Hindari dehidrasi dengan pola minum 242. Artinya, minum dua gelas air mineral saat waktu berbuka puasa, 4 gelas saat makan malam hingga menjelang tidur malam hari, dan 2 gelas lagi saat sahur.

Pastikan untuk selalu pilih air mineral yang dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Hanya AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya dan melewati lebih dari 400 cek kualitas sehingga kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya.

 

Referensi:

  1. https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4538846/6-olahraga-saat-puasa-yang-bisa-kamu-lakukan
  2. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/tips-olahraga-saat-puasa/
  3. https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/3-pilihan-waktu-olahraga-saat-puasa/
  4. https://www.parenting.co.id/dunia-mama/dehidrasi-saat-olahraga-ini-akibatnya
  5. https://doktersehat.com/olahraga-saat-berpuasa-sebaiknya-dilakukan-di-sore-hari/
  6. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017