Logo AQUA

Ketahui Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan dengan Tepat

Hidup Sehat | 08 Juli 2024

Bagikan:

Ketahui Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan dengan Tepat

Fenomena pingsan bukanlah sesuatu yang baru. Pingsan atau sinkop adalah kondisi sementara di mana seseorang tiba-tiba kehilangan kesadaran secara singkat. Hal ini disebabkan oleh penurunan sementara aliran darah ke otak yang mengakibatkan gangguan pasokan oksigen. Kehilangan kesadaran sesaat ini dapat dialami oleh siapa pun di mana saja dan kapan saja. Maka dari itu, pertolongan pertama pada orang pingsan menjadi informasi yang penting untuk diketahui secara umum.

Meskipun terlihat biasa, diperlukan perhatian dan kemampuan medis mumpuni ketika menangani orang pingsan. Pasalnya, pingsan bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kondisi medis yang cukup serius.

Terlepas dari penyebabnya, Anda tidak perlu panik saat melihat orang pingsan saat olahraga maupun ketika menjalankan aktivitas lainnya. Jika ingin tahu lebih banyak tentang pertolongan pertama pada orang pingsan yang tepat, simak dulu pembahasan di bawah ini.

Penyebab Orang Pingsan

Sebelum mencoba cara menangani orang pingsan sesuai dengan standar medis, Anda perlu tahu apa saja faktor yang menjadi penyebabnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, orang pingsan bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Namun, penyebab utamanya adalah kurangnya aliran oksigen dan gula darah ke otak.

Di samping itu, pingsan juga bisa terjadi karena kelelahan dan beberapa kondisi medis tertentu, seperti:

  • Serangan panik (panic attack).
  • Gangguan jantung.
  • Hipoglikemia. 
  • Tekanan darah turun drastis karena dehidrasi atau efek samping obat.

Gejala yang Perlu Diperhatikan saat Orang Pingsan

Pada umumnya, orang pingsan bisa bangun atau sadar setelah beberapa waktu. Akan tetapi, pingsan yang disertai dengan gejala berikut membutuhkan penanganan medis khusus di puskesmas atau rumah sakit terdekat:

  • Sesak napas.
  • Bibir terlihat biru.
  • Kulit pucat.
  • Suhu tubuh menjadi lebih dingin.
  • Kejang.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri di bagian dada.
  • Detak jantung tak teratur.
  • Linglung atau terlihat bingung.
  • Pingsan akibat cedera kepala.

Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan

Hal krusial yang perlu dilakukan saat melihat orang pingsan adalah jangan panik. Pastikan Anda tetap tenang dan lakukan pertolongan pertama pada orang pingsan berikut:

1. Amankan Area Kejadian

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika menemukan orang pingsan adalah periksa sekitar untuk memastikan tidak ada bahaya yang mengancam seperti lalu lintas, benda tajam, atau lingkungan yang berpotensi membahayakan.

2. Membaringkan Orang yang Pingsan

Jika orang yang pingsan masih bernapas dengan baik, maka Anda bisa memindahkannya dan membaringkan tubuhnya. Cari tempat yang teduh dan aman sehingga orang tersebut bisa kembali pulih.

3.  Periksa kesadaran

Pemeriksaan derajat kesadaran dapat dilakukan dengan memanggil dengan suara keras, menepuk bahu atau menggoyangkan badan orang yang pingsan. jika orang tersebut tidak merespon lakukan penekanan pada dada bagian tengah untuk merangsang rasa nyeri.

4. Mengecek Nadi dan Pernapasan

Pertolongan pertama pada orang pingsan bisa dilakukan dengan mengecek apakah denyut nadi masih teraba dan orang tersebut masih bernafas. Caranya adalah dengan memeriksa denyut nadi pada karotis leher sembari mengamati pergerakan pada bagian dada dan perut orang yang pingsan. Periksa pula apakah ada sumbatan pada saluran nafas yang menyebabkan orang tersebut kesulitan untuk bernafas

Apabila Anda tidak menemukan denyut nadi dan tanda-tanda pernapasan, sebaiknya segera mula Resusitasi Jantung Paru dan hubungi paramedis atau bawa orang pingsan ke fasilitas kesehatan terdekat. Jika orang pingsan mengalami pendarahan di luar tubuh, maka gunakan kain steril dan tekan di bagian yang luka untuk menghentikan pendarahan selagi menunggu penanganan medis.

5. Menghubungi Puskesmas atau Rumah Sakit Terdekat

Jika orang pingsan tidak bisa dibangunkan setelah beberapa waktu berlalu, maka sebaiknya hubungi puskesmas atau rumah sakit terdekat. Petugas yang datang akan memeriksa kondisi orang tersebut dan memberikan napas buatan dan resusitasi jantung paru-paru (CPR) apabila pernapasan dan denyut nadi tidak bisa dideteksi.

Apabila pada saat pemeriksaan yang anda lakukan tidak ditemukan denyut nadi anda dapat langsung melakukan CPR sembari menunggu petugas datang. Hal ini sangat membantu dalam pertolongan pertama pada pasien pingsan yang disebabkan oleh serangan jantung karena semakin lama dibiarkan, semakin banyak sel otot jantung yang rusak.

Baca juga: Ketahui 5 Penyebab Tubuh Mudah Lelah & Mudah Mengantuk

6. Melakukan Resusitasi Jantung Paru

Pada pasien pingsan yang tidak teraba nadinya maka perlu dilakukan tindakan Resusitasi Jantung Paru. Tindakan ini dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Tentukan titik kompresi (pusat/tengah dada).
  • Lakukan penekanan 30 kali kecepatan 2x/detik
  • Cek nadi pada leher setiap lima ulangan.
  • Bila nadi dan nafas keduanya sudah didapatkan tetapi penderita masih belum sadar lakukan posisi recovery.

7. Menyediakan Tempat yang Kondusif

Apabila berada di jalan, Anda bisa mengamankan orang pingsan beserta barang bawaannya ke tepi jalan. Pastikan ia mendapat udara segar agar kebutuhan oksigen tubuhnya tercukupi. Jangan lupa untuk membaringkan tubuhnya di permukaan datar agar pemulihan bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Untuk membantu pemulihan, Anda pun bisa mengangkat kaki orang pingsan sekitar 30 cm dari dada. Dengan begitu, darah bisa mengalir lebih cepat ke otak. Jangan lupa untuk melonggarkan pakaiannya untuk mempermudah proses pernapasan.

8. Memberikan Minuman Manis saat Sudah Bangun

Menyediakan minuman manis merupakan salah satu bentuk pertolongan pertama pada orang pingsan yang perlu diketahui. Meskipun terlihat sederhana, minuman manis sejatinya dapat  membantu mengembalikan energi dan menaikkan level gula darah di dalam tubuh orang pingsan.

Pemberian minuman manis kepada orang pingsan ini juga berlaku untuk penderita diabetes. Pasalnya, orang yang mengidap penyakit diabetes cenderung mengalami penurunan gula darah yang signifikan akibat konsumsi obat-obatan. Maka dari itu, memberikan minuman manis secukupnya masih terbilang cukup aman.

Sekian informasi seputar pertolongan pertama pada orang pingsan yang perlu diperhatikan. Jadi, tidak perlu panik lagi saat melihat orang pingsan di mana pun Anda berada. Cukup terapkan langkah-langkah di atas dan hubungi tenaga medis terdekat untuk membantu penanganannya.

Selain memberikan minuman manis, Anda pun bisa menyediakan AQUA DULU. AQUA mengandung mineral alami dan aman dikonsumsi. Ingat ya, tidak semua air itu AQUA karena AQUA diambil dari 19 sumber pegunungan terpilih di Indonesia yang memiliki lapisan pelindung alami sehingga bebas dari pencemaran.

AQUA produk asli Indonesia yang bersertifikat Halal, BPOM, dan SNI. Di mana pun Anda berada, AQUA terasa dingin alami sehingga dapat menyegarkan tenggorokan. AQUA 100% Indonesia, 100% Halal, dan 100% Murni.

Yuk, siapkan #AQUADULU untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap waktu!

Baca juga: Ciri-Ciri Kurang Minum Air Putih, Ternyata Ini Alasannya

Referensi:

  1. Pertolongan Pertama Pada Orang Pingsan - Buka
  2. Pertolongan Pertama pada Orang Pingsan yang Perlu Diketahui - Buka
  3. Pertolongan Pertama saat Menolong Orang Pingsan - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .