Apa itu Pickleball? Kenali Aturan dan Cara Bermainnya

Hidup Aktif | 11 Oktober 2023

Bagikan:

Apa itu Pickleball? Kenali Aturan dan Cara Bermainnya

Pickleball adalah olahraga unik yang merupakan gabungan dari tiga macam permainan bola kecil, yaitu bulu tangkis, tenis, dan pingpong.

Permainan yang dimainkan oleh dua orang ini dilaksanakan di lapangan. Sama dengan tenis, pickleball bisa dimainkan di dalam atau luar ruangan.

Pickleball adalah salah satu jenis olahraga yang berisiko rendah yang bisa dimainkan oleh semua orang dari berbagai kalangan dan usia.

Sebelum mempersiapkan diri untuk bermain pickleball, pahami dulu aturan dan cara bermainnya. Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Pickleball?

Pickleball adalah jenis olahraga bola kecil yang menggabungkan unsur bulu tangkis, tenis, dan pingpong.

Awalnya, olahraga ini dikembangkan oleh tiga ayah yang mencoba mencari hiburan untuk anak-anaknya ketika hujan di Bainbridge Island, Washington, Amerika Serikat.

Pada tahun 1976, pickleball diakui oleh organisasi olahraga dunia. Hingga sekarang, terdapat berbagai turnamen dan komunitas pickleball yang tersebar di seluruh dunia.

Adapun permainan pickleball bisa dimainkan secara tunggal, satu lawan satu, maupun ganda, dua lawan dua.

Lapangan pickleball sendiri menyerupai lapangan tenis namun ukurannya lebih kecil. Alat yang digunakan pun juga berbeda dengan raket tenis.

Alat-alat utama dalam permainan pickleball adalah dayung (paddle) yang menyerupai bet dan bola plastik dengan lubang di permukaannya.

Manfaat Bermain Pickleball

Pickleball adalah permainan bola kecil yang memiliki popularitas tinggi di Amerika Serikat. Hingga saat ini, peminatnya pun semakin bertambah.

Bahkan, pickleball sudah masuk dalam kurikulum pendidikan jasmani, tidak hanya di Amerika Serikat, namun juga di belahan dunia lain, seperti Australia.

1. Baik untuk Kesehatan Tubuh

Pickleball adalah permainan bola kecil yang dapat membantu melatih keseimbangan, ketangkasan, koordinasi tangan dan mata, serta refleks tanpa memaksa otot tubuh untuk bekerja lebih.

Di sisi lain, bermain pickleball dapat membantu Anda membakar kalori. Namun, perlu diingat bahwa kalori yang dapat dibakar di sini bisa bervariasi tergantung dengan intensitas permainan dan usia pemain.

Adapun bermain pickleball selama 1 jam secara rutin disinyalir dapat meningkatkan tekanan darah dan kebugaran kardiorespirasi.

2. Bisa Dilakukan oleh Berbagai Kalangan

Permainan bola kecil ini dapat dilakukan oleh semua orang dengan skill yang berbeda. Baik itu pemula yang hanya ingin berolahraga ringan ataupun olahragawan profesional, semua kalangan bisa bermain pickleball.

3. Mendorong Interaksi Sosial

Lapangan pickleball yang berukuran lebih kecil dari lapangan tenis membuat pemain bisa berinteraksi atau bercakap dengan lebih mudah.

Hal tersebut yang membuat pickleball menjadi olahraga pilihan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman dekat.

Baca juga: 7 Teknik Dasar Bola Basket yang Perlu Diketahui Pemula

Peraturan Pickleball yang Perlu Diketahui

Sebelum masuk ke cara bermain pickleball, terdapat beberapa aturan permainannya yang perlu diketahui.

Pertama, pastikan untuk mencari lapangan pickleball terdekat terlebih dahulu. Sebagai alternatif, Anda pun bisa menggunakan lapangan bulu tangkis untuk bermain pickleball.

Secara garis besar, aturan permainan pickleball sama dengan tenis. Adapun beberapa aturan dalam permainan pickleball adalah:

  • Untuk melakukan servis, bola harus dipukul secara diagonal melintasi lapangan dengan tangan bawah dan di bawah pinggang. Kemudian, bola perlu memantul sebelum lawan dapat memukulnya kembali.
  • Poin didapatkan hanya setelah servis.
  • Saat poin didapatkan, tim yang melakukan servis akan bertukar posisi di mana tim server akan berpindah dari kanan ke kiri.
  • Terdapat area atau zona yang bernama no-volley atau kitchen di mana terletak sekitar 2 meter dari net. Bola yang diservis tidak boleh menyentuh area tersebut.
  • Permainan pickleball berakhir dengan 11 poin. Adapun pemenang ditentukan ketika ada selisih 2 poin pada titik akhir permainan.

Cara Bermain Pickleball

Seperti bulu tangkis, tenis, dan pingpong, permainan pickleball dilakukan dengan servis bola ke area lawan terlebih dahulu.

Secara sederhana, cara bermain pickleball dapat dijabarkan menjadi beberapa poin berikut:

  • Servis dilakukan oleh salah satu pemain atau tim.
  • Bola diservis atau dilempar melewati net.
  • Kedua pemain atau tim bergiliran melempar bola.
  • Lawan mengembalikan bola. Jika tidak dapat mengembalikan bola, maka poin akan didapatkan oleh pemain atau tim tersebut.
  • Poin juga bisa didapatkan jika lawan memukul bola di area atau zona non-volley.
  • Pemain atau tim pertama yang mendapatkan 11 poin dan unggul 2 poin dari lawan akan menjadi pemenang.
  • Jika salah satu pemain atau tim mendapatkan skor 11 poin tanpa unggul 2 poin dari lawan, maka permainan perlu dilanjutkan hingga didapatkan pemenang dengan skor tertinggi yang berselisih 2 poin dari lawan.

Itulah informasi singkat tentang permainan pickleball, termasuk aturan dan cara bermainnya. Olahraga ringan ini bisa dilakukan oleh berbagai kalangan dan dapat menyehatkan tubuh.

Nah, jika tertarik untuk mencoba permainan ini, sebaiknya siapkan perlengkapan yang diperlukan terlebih dahulu. Tapi ingat, jangan lupa AQUA DULU ya, karena tidak semua air itu AQUA.

AQUA merupakan air mineral alami dari 19 pegunungan terpilih di Indonesia yang memiliki lapisan pelindung, sehingga airnya terbebas dari pencemaran dan AQUA aman dikonsumsi.

Karena hal itu pula, AQUA terasa dingin alami tanpa harus didinginkan sehingga bisa menyegarkan tubuh Anda di tengah serunya bermain pickleball.

Yuk, #AQUADULU sebelum berangkat menuju lapangan pickleball. AQUA, diciptakan oleh alam, 100% MURNI air mineral pegunungan tanpa tambahan apapun, sebagaimana alam ingin Anda meminumnya.

Baca juga: Permainan Bola Kasti: Kenali Sejarah dan Teknik Dasarnya 

Referensi:

  1. Olahraga Pickleball 101: Pengertian, Aturan, dan Cara Bermain - Buka 
  2. What Is Pickleball? Here's How to Play This Fun, Fast-Growing Sport - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .