Logo AQUA

Plastik Biodegradable: Arti, Manfaat, Serta Penggunaanya

Bijak Berplastik | 22 Mei 2024

Bagikan:

Plastik Biodegradable: Arti, Manfaat, Serta Penggunaanya

Plastik biodegradable adalah salah satu jenis plastik yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang sudah diketahui, plastik konvensional memerlukan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai secara sempurna.

Seperti yang telah diketahui, plastik biodegradable memiliki waktu penguraian lebih singkat sehingga bisa membantu pengelolaan sampah plastik jadi lebih efektif. Melihat dari manfaat tersebut, kini plastik biodegradable mulai digunakan dalam berbagai produk menggantikan plastik konvensional. Untuk Anda yang masih asing dengan istilah plastik biodegradable, simak artikel ini sampai akhir.

Apa itu Plastik Biodegradable?

Seiring bertambahnya waktu, penggunaan plastik kini semakin meningkat. Hal tersebut bisa terjadi karena plastik sangat praktis untuk digunakan dan memiliki harga yang terbilang murah. Namun, seperti yang sudah diketahui, plastik yang terbuat dari bahan dasar minyak bumi sangat sulit untuk diuraikan.

Maka dari itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut diciptakanlah jenis plastik baru, yakni plastik biodegradable. Plastik biodegradable adalah plastik yang terbuat dari bahan alami, yakni selulosa, protein, lipid, dan kolagen yang didapatkan dari ekstrak hewan maupun tumbuhan. 

Waktu penguraian plastik biodegradable adalah kisaran beberapa bulan saja. Hal tersebut tentunya berbanding jauh dengan plastik biasa yang masa urainya sampai puluhan bahkan ratusan tahun.

Manfaat Plastik Biodegradable

Meskipun memiliki harga yang relatif lebih mahal daripada plastik biasa, plastik biodegradable memiliki manfaat lain. Manfaat tersebut tentunya sepadan dengan harganya yang lebih mahal. Adapun manfaat plastik biodegradable adalah sebagai berikut:

1. Dapat Terurai Lebih Cepat

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, plastik biodegradable adalah plastik yang dapat terurai dengan cepat. Karena terbuat dari ekstrak hewan maupun tumbuhan, plastik ini bisa diuraikan oleh organisme. Diperkirakan, plastik biodegradable dapat terurai dengan sempurna dalam waktu 12-24 bulan. 

Namun, hal tersebut tidak berlaku apabila plastik berada di kondisi yang tidak mendukung, seperti berada di tengah laut. Jika di tengah laut, plastik biodegradable juga akan bersifat seperti plastik biasa. 

Jadi, pada intinya plastik biodegradable ini tidak bisa menjadi solusi jika masih banyak orang yang membuang sampah sembarangan. Selain menggunakan plastik biodegradable, Anda juga bisa menerapkan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) untuk bantu memperlancar proses pengelolaan sampah plastik.

Baca juga: Menjadi Kreatif dengan Kerajinan dari AQUA Gelas

2. Tidak Mengandung Zat Berbahaya

Plastik biodegradable adalah plastik yang terbuat dari ekstrak hewan atau tumbuhan. Maka dari itu, plastik ini tidak mengandung zat berbahaya yang bisa mencemari lingkungan. Hal tersebut tentu berbeda dengan plastik biasa. Plastik biasa memiliki kandungan zat berbahaya, seperti bisphenol A, styrene tremen, dan beberapa zat berbahaya lainnya.

Penggunaan Plastik Biodegradable 

Setelah mengetahui beberapa manfaat plastik biodegradable di atas, tentunya hal tersebut mulai menarik minat banyak orang untuk mengganti penggunaan plastik biasa dengan plastik biodegradable. Karena masih memiliki sifat yang sama dengan plastik biasa, yakni praktis dan mudah dibentuk, maka penggunaanya juga diterapkan pada hal-hal serupa. Penggunaan plastik biodegradable adalah sebagai berikut.

1. Alat Makan Sekali Pakai

Ketika membeli makanan di kedai pinggir jalan maupun makan di restoran cepat saji, Anda pasti sering menemukan alat makan sekali pakai. Sama seperti namanya, alat makan tersebut hanya bisa digunakan sekali saja dan langsung dibuang. Sebelumnya, alat makan sekali pakai terbuat dari plastik biasa yang tentunya sulit untuk diurai.

Namun, sekarang hal tersebut mulai berganti. Alat makan sekali pakai kini mulai menggunakan plastik biodegradable sebagai bahan dasarnya. Mulai dari sendok, garpu, sedotan, hingga piring sekali pakai kini sudah menggunakan plastik biodegradable. Dengan begitu, tentunya akan mempermudah proses pengelolaan sampah karena plastik biodegradable lebih mudah terurai.

2. Kantong Plastik

Jika Anda menyadarinya, kini minimarket atau supermarket mulai menambahkan tagihan untuk kantong plastik yang digunakan. Hal tersebut bisa terjadi karena minimarket atau supermarket tersebut sudah mengganti bahan kantong plastik mereka menjadi biodegradable.

Karena harganya yang lebih mahal, mereka jadi menambahkan tagihan untuk penggunaan kantong plastik yang sebelumnya gratis. Ditambah lagi, penambahan tagihan untuk penggunaan kantong plastik juga dinilai bisa mengurangi pemakaian plastik.

Perlu diketahui, ada juga beberapa minimarket atau supermarket yang sama sekali tidak menyediakan kantong plastik, baik yang biasa atau biodegradable. Mereka menyediakan paper bag atau tas belanja dari kain sebagai gantinya. Dengan ini, pembeli juga disarankan untuk membawa kantong belanja sendiri.

Hal tersebut bisa menjadi solusi selain menggunakan plastik biodegradable. Perlu diketahui menggunakan tas belanja dari kain lebih hemat jika dibandingkan dengan plastik biodegradable karena tas belanja dari kain lebih kuat dan bisa digunakan berulang kali.

Baca juga: 7 Kerajinan dari Botol Plastik yang Mudah Dibuat & Bermanfaat

4. Kemasan Makanan

Penggunaan lain dari plastik biodegradable adalah sebagai kemasan makanan. Seperti yang sudah diketahui, kemasan plastik sangat mudah dibentuk dan didesain semenarik mungkin. Maka dari itu, kemasan plastik menjadi pilihan utama para produsen makanan untuk mengemas produk makanan mereka.

Meskipun pada awalnya menggunakan plastik biasa, kini kemasan makanan mulai beralih menggunakan plastik biodegradable. Sering kali, makanan yang menggunakan kemasan plastik biodegradable akan diberi tanda khusus yang menandakan kemasan tersebut lebih ramah lingkungan.

Itulah informasi mengenai plastik biodegradable yang perlu Anda ketahui. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, plastik biodegradable adalah plastik yang dapat terurai dalam waktu yang tidak lama. Jadi, dengan menggunakan jenis plastik ini, proses pengelolaan sampah bisa berjalan lebih mudah.

Selain itu, Anda juga perlu #BijakBerplastik juga ketika memilih air mineral. AQUA senantiasa berupaya untuk menjaga lingkungan dengan menghadirkan galon air yang dapat digunakan berkali-kali. AQUA merupakan produk asli Indonesia yang terjamin kualitasnya. Hal tersebut dibuktikan dengan sertifikat halal serta sesuai standar SNI dan BPOM. 

AQUA terasa dingin alami karena diambil dari sumber air 19 pegunungan pilihan di Indonesia yang memiliki lapisan pelindung sehingga bebas dari pencemaran dan membuat AQUA terasa dingin alami. Maka dari itu, pastikan selalu pilih #AQUADULU untuk memenuhi kebutuhan air mineral Anda. AQUA 100% Indonesia, 100% halal, 100% murni.

Baca juga: Cara Daur Ulang Sampah Plastik dan Manfaatnya Bagi Lingkungan

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .