Posisi Duduk yang Benar dan Sehat untuk Cegah Sakit Punggung

Hidup Aktif | 30 Mei 2022

Bagikan:

Posisi Duduk yang Benar dan Sehat untuk Cegah Sakit Punggung

Jika Anda harus bekerja di depan layar laptop atau melakukan aktivitas lainnya seperti menulis atau membaca buku dalam waktu lama, maka menjaga posisi duduk yang benar adalah suatu kewajiban. Pasalnya, memposisikan tubuh dengan cara tidak tepat sepanjang hari bisa menjadi salah satu penyebab sakit punggung atau bahkan masalah kesehatan lainnya.

Tak dapat dipungkiri, hampir segala bentuk pekerjaan maupun aktivitas kini telah beralih menggunakan internet dan dilakukan secara online. Hal ini membuat Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk dan berkutat dengan perangkat elektronik.

Sayangnya, tak banyak orang mengetahui bahwa menjaga posisi duduk yang benar adalah hal penting untuk diperhatikan. Alhasil, kesehatan tubuh pun menjadi korbannya. Nah, untuk menghindari dampak negatif tersebut, yuk simak dengan saksama bagaimana posisi duduk yang benar dan sehat berikut ini!

Pentingnya Menjaga Postur Tubuh

Perlu Anda ketahui, mengatur postur tubuh agar selalu dalam posisi duduk yang benar adalah salah satu cara menjaga kesehatan. Ya, walaupun terdengar sepele, namun nyatanya hal tersebut bisa memberikan sejumlah manfaat terhadap tubuh.

Adapun pentingnya mengatur posisi duduk yang benar adalah sebagai berikut.

  • Menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang belakang
  • Mencegah kelelahan otot
  • Menurunkan risiko ketegangan otot dan ligamen
  • Mengurangi keausan pada sendi, otot, maupun ligamen
  • Menjaga tulang dan sendi tetap pada tempatnya
  • Mencegah arthritis dan penyakit kardiovaskular

Bagaimana Posisi Duduk yang Benar dan Sehat?

Maksud dari posisi duduk yang benar adalah ketika bagian-bagian penting dari tubuh Anda disejajarkan dan didukung oleh jumlah ketegangan otot secara tepat [1]. Ini merupakan kebiasaan penting untuk diperhatikan karena memiliki dampak terhadap kesehatan tubuh.

Lantas, bagaimana posisi duduk yang benar dan sehat? Berikut langkah-langkah dan tipsnya.

1. Gunakan Kursi Meja yang Mendukung Tulang Punggung

Langkah pertama ketika ingin mengatur posisi duduk yang benar adalah mempertimbangkan kursi maupun meja kerja Anda. Gunakanlah kursi dan meja ergonomis yang memang khusus dirancang untuk menopang tulang punggung dengan baik. Pilih meja paling memadai yaitu meja yang memberi ruang cukup luas untuk kaki Anda.

Namun jika Anda tidak memiliki cukup budget untuk membelinya, tak perlu khawatir sebab Anda masih bisa mencoba cara lain, misal dengan memanfaatkan bantal kecil sebagai penyangga punggung bagian bawah. Selain itu, handuk kecil yang digulung juga bisa menjadi alternatif lainnya.

2. Sesuaikan Ketinggian Kursi

Langkah berikutnya dalam mengatur posisi duduk yang benar adalah menyesuaikan ketinggian kursi. Cobalah atur kursi ke atas atau ke bawah hingga lengan Anda kontak dengan meja dan bukan cuma pergelangan tangan saja. Sedangkan kaki sejajar dengan lantai dan lutut sejajar dengan pinggul.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Stres Agar Lebih Tenang dan Bahagia

3. Perhatikan Posisi Tubuh Bagian Atas

Setelah menyesuaikan ketinggian kursi, cobalah perhatikan postur tubuh bagian atas. Adapun posisi duduk yang benar adalah punggung tegak lurus, bokong menyentuh bagian belakang kursi, dan bahu ke belakang. Kemudian, turunkan dagu sedikit dan pertahankan posisi leher serta kepala tetap lurus. Pastikan seluruh bagian tubuh Anda merasa nyaman dan rileks.

4. Perhatikan Posisi Tubuh Bagian Bawah

Memperhatikan postur tubuh bagian bawah juga tak kalah penting. Posisikan kaki Anda menapak lantai agar berat badan terdistribusi secara merata di pinggul. Apabila kaki tidak bisa menyentuh lantai, Anda bisa menggunakan sandaran kaki atau benda lainnya sebagai ganjalan.

Lalu, jika Anda sedang mengenakan sepatu tinggi seperti high heels, maka Anda disarankan melepasnya ketika akan duduk untuk waktu yang cukup lama. Selain itu, cobalah hindari kebiasaan menyilangkan kaki saat duduk. Pasalnya, hal tersebut bisa mengakibatkan nyeri punggung dan berisiko menghambat kelancaran aliran darah..

5. Atur Jarak Layar dan Pandangan Mata

Ketika Anda menggunakan laptop dalam waktu lama, maka posisi duduk yang benar adalah mengatur jarak layar perangkat Anda kurang lebih sepanjang satu lengan. Usahakan juga layar tersebut berada sejajar dengan mata atau tidak melebihi 5 cm di atas pandangan. Atur posisi laptop sedemikian rupa dengan memiringkan layar laptop agar kepala Anda tidak menunduk.

Sebab, leher dan mata akan menjadi mudah lelah apabila perangkat berada terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Tipsnya, Anda bisa memanfaatkan buku sebagai tumpuan untuk menyesuaikan ketinggian layar laptop.

6. Atur Posisi Mouse dan Keyboard

Bukan laptop saja, Anda juga perlu mengatur posisi peralatan kerja lainnya, seperti mouse dan keyboard. Letakkan keyboard di depan perangkat komputer, lalu sisakan sedikit jarak sekitar 10 cm guna memberikan ruang untuk pergelangan tangan agar dapat beristirahat sejenak ketika Anda  mengetik.

Pastikan juga posisi mouse yang Anda gunakan tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau. Ketika menggunakannya, lengan atas Anda harus berada di samping dan sedikit di bawah siku [1].

7. Istirahat Secara Berkala

Hal terakhir dalam mengatur posisi duduk yang benar adalah mengambil istirahat secara berkala. Apalagi jika Anda duduk dalam waktu yang begitu lama, hal ini akan membuat aliran darah berkurang hingga menyebabkan kelelahan otot.

Maka untuk mencegahnya terjadi, Anda dianjurkan untuk beristirahat sejenak setiap 20 sampai 30 menit. Atau, cobalah sesekali beranjak dari kursi, berjalan, atau melakukan stretching agar aliran darah tetap lancar.

Selain beristirahat dari segi posisi duduk, penting juga untuk mengistirahatkan mata Anda. Cobalah berhenti melihat layar secara berkala, setiap 20 sampai 30 menit juga. Palingkan pandangan Anda kepada hal atau objek lain yang jaraknya jauh, atau bisa juga pejamkan mata Anda selama beberapa kali.

Baca juga: Mengenal 13 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh dan Kulit

Well, sekarang Anda sudah tahu kan bagaimana posisi duduk yang benar dan sehat? Dari penjelasan di atas, bisa dikatakan bahwa menjaga posisi duduk yang benar adalah kebiasaan penting dan sangat wajib Anda perhatikan.

Selain hal-hal di atas, jangan lupa mengambil air putih untuk mencegah terjadinya dehidrasi dan memastikan tubuh tetap dapat berfungsi dengan baik. Ini juga termasuk kebiasaan yang tak kalah penting ketika Anda duduk dalam waktu lama. Cukup minum air putih akan membantu tubuh mengalirkan darah dengan baik sehingga Anda pun tidak cepat merasa lelah.

Nah, mengingat perannya yang begitu penting, ada baiknya Anda selalu sedia #AQUADULU kapanpun dan dimanapun Anda berada. AQUA sendiri mengandung air mineral berkualitas yang kemurnian dan kealamiannya dijamin terjaga selama lebih dari 49 tahun. Sebelum akhirnya tiba di tangan Anda, AQUA telah melalui 400 pengecekkan kualitas sehingga keasliannya tak perlu Anda ragukan lagi.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa membeli AQUA jenis kemasan botol di berbagai supermarket terdekat. Atau, Anda dapat menggunakan layanan pesan antar AQUA galon dengan mengunjungi AQUA Home Service (AHS). Hubungi via WhatsApp untuk menemukan AHS terdekat dari rumah Anda dengan harga galon AQUA resmi.

Referensi:

1. What’s the Best Sitting Position for Good Posture? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.