Hidup SehatKebaikan Air

Puasa Air Putih Berikan Berbagai Manfaat bagi Kesehatan

puasa air putih

Puasa merupakan salah satu hal yang sering dikaitkan secara erat sebagai ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim ketika bulan Ramadan tiba.

Puasa sendiri dapat diartikan lebih luas asal dalam arti yang sama, yaitu menahan. Terutama menahan lapar dan dahaga. Selain puasa di bulan Ramadan, ada ‘jenis’ puasa yang bisa dilakukan, salah satunya ialah puasa air putih.

Bukannya menahan diri untuk tidak minum air putih, justru sebaliknya, puasa air putih adalah puasa yang mengondisikan agar kita tidak mengonsumsi makanan atau bahkan cairan apapun kecuali air putih saja. Jadi dapat dikatakan tidak ada asupan gizi apapun yang masuk ke dalam tubuh.

Mungkin dari sini terlihat bahwa puasa dengan jenis ini dapat membahayakan kondisi kesehatan tubuh.

Tetapi hasil penelitian mengatakan bahwa hal ini tidak sepenuhnya benar, karena apabila tubuh kita kondusif untuk menjalankan puasa air putih, maka dapat muncul berbagai dampak positif bagi kesehatan.

Kira-kira apa saja manfaat tersebut? Mari simak di artikel berikut.

Relaksasi organ tubuh bagian dalam

Tidak hanya tubuh saja yang membutuhkan relaksasi, organ yang ada di dalam tubuh sebenarnya selalu bekerja keras seperti mesin tanpa henti. Seperti halnya mesin yang butuh waktu untuk beristirahat sejenak agar segera dapat bekerja dengan optimal kembali, organ tubuh juga membutuhkan waktu untuk beristirahat sehingga terhindar dari penyakit dan dampak negatif lainnya yang dapat menyerang tubuh.

Ketika kita sedang makan, tidur, makan perlahan atau melakukan berbagai kegiatan lainnya sistem pencernaan akan bekerja dengan lebih cepat.

Sedangkan apabila kita bergerak cepat, saluran pencernaan akan beristirahat dan bersantai, di saat inilah pekerjaan organ-organ lain dapat terpenuhi kebutuhan energinya lewat cadangan sel.

Dengan memberikan asupan air putih saja setidaknya seminggu sekali, Anda akan membantu memberikan waktu istirahat dan relaksasi bagi organ-organ di dalam tubuh Anda, terutama lambung.

Memperpanjang usia

Untuk memperpanjang usia dengan memelihara tubuh yang sehat, Anda bisa menerapkan puasa air putih. Dinyatakan bahwa mereka yang melakukan puasa air putih dapat meningkatkan usia hidupnya hingga 25 tahun atau lebih.

Selain itu, puasa air putih juga dikatakan dapat membuat kita terhindar dari resiko penyakit darah tinggi, obesitas, diabetes, dan lain sebagainya.

Meningkatkan kesehatan otak

Otak merupakan bagian tubuh yang begitu penting jadi kesehatannya sangat perlu untuk diperhatikan sehingga perlu dilakukan berbagai langkah dalam menjaganya.

Salah satunya adalah dengan melakukan puasa air putih yang dapat meningkatkan perlindungan kesehatan terhadap otak. Fungsinya, untuk meningkatkan autophagy syaraf, mengatur proses jalannya pikiran, memperbaiki sel-sel otak dan mengatur memori, pembelajaran, serta fungsi kognitif yang lebih tinggi.

Mencegah stres

Penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat membantu menurunkan kadar ketegangan, kecemasan dan normalisasi fungsi kardiovaskuler. Puasa meningkatkan emosional dan spiritual seseorang dan merupakan teknik manajemen stres yang sangat baik.

Detoksifikasi tubuh

Tubuh Anda biasanya bekerja terburu-buru dalam menyerap nutrisi, sehingga seringkali virus atau lemak ekstra ikut terserap. Nah, dengan melakukan puasa air putih ini, Anda dapat membersihkan sistem pencernaan, membuang racun serta kelebihan lemak sehingga tubuh menjadi bersih.

Tingkat pemulihan kesehatan dengan puasa air putih ini juga lebih cepat karena dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh dan meningkatkan fungsi setiap sel.

Membantu proses penyembuhan penyakit

Puasa air putih dikatakan efektif dalam membantu pengobatan berbagai penyakit kronis. Seperti misalnya saja diabetes tipe II, yang bahkan berhasil disembuhkan dengan cara puasa air putih ini.

Beberapa penelitian lain juga menunjukkan bahwa ada beberapa penyakit kronis lain yang berhasil disembuhkan lewat puasa air putih.

Seperti epilepsi, pankreatitis akut, asma, sakit kepala kronis, psoriasis, eksim, fibroid rahim, tumor jinak, dan lain sebagainya.

Puasa air putih sendiri berfungsi menginduksi tindakan anti inflamasi sehingga membuat kulit juga menjadi lebih bersih dan jauh dari jerawat.

Itulah tadi berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari puasa air putih. Namun sebelum menjalankannya perlu diingat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama, konsultasi terlebih dahulu kepada ahli mengenai seberapa kondusif tubuh Anda untuk menjalankan puasa air putih.

Kedua, untuk hasil yang maksimal pastikan Anda mengonsumsi air putih dengan kualitas terbaik.

Salah satunya, memilih asupan air mineral hanya dengan air mineral berkualitas, seperti AQUA. Hanya AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya dan melewati lebih dari 400 cek kualitas sehingga kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya

Referensi:
https://www.fimela.com/beauty-health/read/3727148/puasa-pakai-air-putih-banyak-lho-manfaatnya-ladies
https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-1197187/puasa-air-ala-mahatma-gandhi-berani-coba
https://www.healthline.com/nutrition/water-fasting#section3
https://www.medicalnewstoday.com/articles/319835.php