6 Penyebab Pusing Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Hidup Aktif | 03 Juni 2022

Bagikan:

6 Penyebab Pusing Setelah Olahraga dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda merasa sakit kepala atau pusing setelah olahraga? Meskipun terkadang mengganggu dan menghambat aktivitas, namun kondisi ini sebetulnya tidak perlu Anda khawatirkan secara berlebih. Mungkin saja penyebab pusing setelah olahraga yang Anda alami merupakan tanda dehidrasi. Untuk mengatasi pusing penyebab dehidrasi, segeralah minum air putih yang cukup setelah berolahraga.

Namun, bukan cuma karena dehidrasi, ada sejumlah kemungkinan lain yang bisa mengakibatkan Anda pusing setelah berolahraga. Untuk selengkapnya, yuk simak ulasan mengenai berbagai penyebab dan cara mengatasi pusing setelah olahraga di bawah ini!

Penyebab Pusing Setelah Olahraga & Cara Mengatasi

Kepala pusing setelah olahraga biasanya bukanlah gejala dari suatu kondisi serius. Berikut beberapa faktor penyebab pusing yang Anda alami.

1. Terlalu Lama Terpapar Sinar Matahari

Jika Anda berolahraga di luar ruangan, mungkin saja penyebab sakit kepala atau pusing yang Anda alami ialah karena terlalu lama terkena paparan sinar matahari. Bahkan ketika tidak berolahraga sekalipun Anda bisa merasa sakit kepala jika berada di bawah teriknya matahari dalam jangka waktu lama.

Jika Anda sudah cukup lama terpapar sinar matahari, cobalah pindah ke lokasi teduh dan beristirahat sebentar. Anda sebaiknya membawa handuk dingin yang lembab untuk diletakkan di dahi dan atas mata selama beberapa menit. Atau, Anda juga bisa menggunakan kaca mata hitam dan topi ketika berolahraga di luar ruangan, supaya tidak terkena sinar langsung.

2. Teknik Olahraga Kurang Tepat

Penyebab pusing setelah olahraga lainnya adalah karena teknik olahraga yang kurang tepat. Ya, ketika Anda salah melakukan gerakan, Anda mungkin saja mengalami tegang otot pada leher dan bahu. Hal inilah yang kemudian menyebabkan sakit kepala tersebut.

Maka dari itu, jika Anda masih pemula dalam olahraga tertentu, cobalah minta bantuan instruktur olahraga profesional untuk memandu Anda melakukan teknik olahraga secara tepat. Atau, Anda bisa menonton panduannya di berbagai video youtube. Lalu, jangan lupa lakukan pemanasan sebelum dan pendinginan setelah selesai berolahraga.

Baca juga: 7 Penyebab Sakit Pinggang, Kenali Gejala dan Pencegahannya!

3. Berkurangnya Aliran Oksigen ke Otak

Kliyengan atau kepala pusing setelah berolahraga sering kali terjadi ketika seseorang melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau angkat beban. Biasanya, Anda akan sulit mengambil napas atau bahkan tersengal-sengal. Bukan tanpa sebab, hal ini sebetulnya merupakan pertanda kurangnya oksigen di otak [1].

Penggunaan kekuatan tubuh yang berlebihan akan mendorong jantung bekerja dengan keras. Akibatnya, suplai darah ke otak menjadi berkurang hingga menyebabkan sakit kepala. Padahal, tubuh memerlukan lebih banyak oksigen dibanding biasanya selama berolahraga.

Di sisi lain, kondisi ini juga bisa dikarenakan teknik bernapas Anda kurang tepat. Maka dari itu, penting untuk menyesuaikan pola napas dengan kemampuan tubuh dan jenis olahraga yang dilakukan.

Misalkan, ketika sedang jogging di pagi hari, Anda dapat menyelaraskan pola napas dengan langkah kaki. Caranya, ambil napas melalui hidung setiap empat langkah, lalu keluarkan lewat mulut.

Atau, cobalah istirahat sejenak dan atur pola napas Anda selama beberapa menit. Tarik napas panjang dan hembuskan secara perlahan beberapa kali hingga akhirnya napas Anda terasa lebih baik. Sebaiknya, hindari olahraga berat jika belum terbiasa karena kapasitas paru Anda belum beradaptasi.

4. Gula Darah Menurun

Salah satu alasan kenapa kepala pusing setelah olahraga bisa jadi lantaran menurunnya kadar gula darah secara drastis. Pada kondisi ini, Anda biasanya akan mengalami gemetar, keringat dingin, atau lemas. Adapun penyebab gula darah turun tiba-tiba salah satunya ialah karena Anda berolahraga dalam keadaan perut kosong. 

Bagaimana tidak, olahraga tanpa makan sebelumnya akan membuat tubuh kekurangan sumber energi utamanya yaitu glukosa. Oleh sebab itu, jangan heran saat Anda mendadak merasakan pusing disertai berkunang-kunang pasca berolahraga jika Anda belum makan. Namun, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berat karena berisiko menyebabkan abdominal discomfort (kram perut, mual, muntah).

Baca juga: Yuk, Ketahui Kapan Waktu Olahraga yang Baik untuk Tubuh!

Adapun cara mengatasi pusing setelah olahraga akibat gula darah rendah ialah dengan mengonsumsi makanan tinggi protein dan karbohidrat setidaknya 2 jam sebelum pergi berolahraga. Hal ini akan membantu Anda memiliki energi sehingga kadar gula darah tetap terjaga dengan baik.

5. Tekanan Darah Rendah

Penyebab pusing setelah olahraga berikutnya ialah tekanan darah rendah. Ketika berolahraga, jantung bekerja lebih keras dan mempompa darah lebih banyak. Hal ini membuat pembuluh darah melebar guna menampung kelebihan darah yang ada.

Namun, saat Anda selesai berolahraga dan jantung mulai kembali berdetak dengan normal, pembuluh darah memerlukan waktu lebih lama untuk menyesuaikannya. Akibatnya, Anda pun mengalami penurunan tekanan darah hingga membuat tubuh terasa lemas, pusing, dan sakit kepala.

Kondisi sebetulnya cukup wajar dan bisa Anda atasi dengan beristirahat sejenak. Atau, Anda bisa menaruh kaki anda lebih tinggi dari posisi jantung anda sambil tidur terlentang. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan aliran darah balik ke jantung. Jangan lupa lakukan gerakan pendinginan setelah olahraga untuk membantu mengembalikan kondisi tubuh secara perlahan.

6. Dehidrasi

Penyebab pusing setelah olahraga yang paling umum terjadi ialah karena dampak dehidrasi, yaitu kondisi ketika tubuh Anda kekurangan cairan. Biasanya, saat Anda berolahraga, tubuh akan lebih banyak mengeluarkan keringat hingga membuatnya kehilangan cairan dalam jumlah besar. Hal ini juga sekaligus meningkatkan asupan cairan yang harus Anda penuhi.

Apabila tidak cukup minum, maka Anda pun berisiko mengalami dehidrasi yang kemudian menyebabkan pusing atau sakit kepala. Di samping itu, air juga memegang peran krusial dalam mempertahankan fungsi otak dan organ-organ lainnya.

Baca juga: Ketahui 6 Cara Mengatasi Dehidrasi yang Benar dan Efektif

Nah, mengingat pentingnya minum air putih, pastikan Anda selalu sedia #AQUADULU di rumah agar kebutuhan cairan keluarga tetap terpenuhi. AQUA menawarkan air mineral galon terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau. Kemasan air galon AQUA bahkan dirancang khusus agar menjadi ramah lingkungan dan aman digunakan.

Apabila Anda ingin berolahraga di luar, AQUA juga tersedia dalam berbagai kemasan yang mudah dibawa dan cocok untuk menemani aktivitas Anda. Bahkan, AQUA juga memiliki kemasan Click & Go 750ml dengan sports cap yang memudahkan Anda untuk minum air saat berolahraga.

Dalam proses pengemasannya, AQUA menerapkan sistem integrasi menyeluruh melalui 400 tahap uji kualitas sebelum akhirnya sampai ke tangan Anda. Sehingga, kualitas dan kemurniannya tak perlu Anda ragukan lagi.

Demikianlah ulasan mengenai penyebab pusing setelah olahraga dan tips mengatasinya. Meskipun umumnya kondisi tersebut bukan hal berbahaya, namun tidak menutup kemungkinan pula jika Anda mengalami masalah medis tertentu. Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter apabila gejala pusing dan sakit kepala tak kunjung mereda atau bahkan semakin parah.

Referensi:

1. What Causes Dizziness After A Workout? - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.