Rekomendasi Menu Makan Siang disaat Diet

Kebaikan AirHidup Sehat | 06 Desember 2020
Rekomendasi Menu Makan Siang disaat Diet

Diet sering diartikan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan. Sesungguhnya diet merupakan pola makan seimbang yang dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu. Sebagian orang melakukan diet untuk mendapatkan berat badan yang ideal tetapi ada pula yang melakukannya untuk menjaga kesehatan tubuh atau memulihkan kondisi badan setelah sakit.

Untuk Anda yang sedang menjalani program diet, Anda perlu membuat daftar menu diet sehari-hari yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, menu diet sehat Anda harus mengandung berbagai nutrisi esensial yang sangat diperlukan tubuh.

Nutrisi esensial itu sendiri adalah nutrisi yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh kita, sehingga harus dipenuhi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut.

Nutrisi esensial yang harus ada dalam menu diet sehat dibagi menjadi dua kategori, yakni makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien merupakan zat gizi yang diperlukan tubuh dalam jumlah besar untuk memberikan energi bagi tubuh. Makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Sedangkan mikronutrien adalah zat gizi yang menunjang kinerja tubuh, dan cukup dikonsumsi dalam jumlah kecil saja. Yang termasuk mikronutrien adalah vitamin dan mineral.

Baca Juga: 5 Sarapan Sehat Anti Repot

Untuk memenuhi nutrisi esensial yang Anda butuhkan selama program diet berlangsung. Berikut ini referensi menu makan siang yang dapat Anda buat dirumah.

1. Salad

Menu makan siang praktis ini sudah terkenal untuk yang ingin menjalankan program diet. Salad yang cocok untuk dijadikan menu makan siang disaat diet adalah salad yang sebagian besar bahan bakunya berwarna hijau agar asupan serat semakin banyak. Contoh sayuran berdaun hijau adalah baby spinach dan selada atau makanan berwarna hijau lainnya seperti timun dan alpukat. Untuk mendapat gizi lain Anda bisa menambahkan potongan ayam atau ikan rebus sebanyak 30-40 gram.

Jika ingin menambahkan karbohidrat, Anda bisa memilih kentang dalam porsi kecil, 50-70 gram. Pilih dressing salad yang sehat, yaitu minyak biji-bijian atau mayones rendah lemak.

2. Sandwich

Agar sandwich Anda tetap sehat, pilihlah roti gandum yang tinggi akan serat, perbanyak porsi sayuran hijau, hindari memilih sosis atau daging olahan kemasan. Anda bisa menggunakan daging panggang atau ikan asap sebagai penggantinya. Jangan lupa tambahkan saus tomat atau mayones rendah lemak.

3. Sup sayuran

Membuat perhitungan yang tepat pada bahan-bahan dalam membuat sup sayuran akan menjadikannya menu makan siang diet yang enak dan tinggi akan gizi. Dalam setiap sajian mengandung kadar lemak rendah sekitar 1,9 gram dan mengandung 78 kkal. Jangan lupa masukan brokoli dalam sup sayuran. Dalam satu gelas penuh brokoli hanya mengandung 30 kalori saja. Sementara kandungan seratnya sebanyak 5 gram yang bisa membantu Anda lebih kenyang.

4. Ayam lemon

Menu makanan yang berprotein tinggi tapi tidak berlebihan kadar lemaknya. Hal ini menjadikan ayam lemon menu makan siang saat diet yang sangat cocok untuk dibuat.

Dalam satu porsi terdapat 39,8 gram protein, 292 kkal dengan kadar lemak hanya 9,7 gram. Cara membuatnya, goreng ayam terlebih dahulu hingga warna coklat, kemudian tumis bawang dan jamur serta masukkan air kaldu. Kecilkan api kemudian tambahkan adas. Setelah itu, masukkan parutan kulit lemon, air perasan lemon, lada hitam dan seledri. Didihkan hingga air berkurang setengahnya. Kemudian masukkan ayam kedalam panci. Masak selama 15-20 menit sampai ayam matang.

5. Kentang

Jika Anda sering merasa lemas dan pusing itu merupakan salah satu ciri dari orang yang mengalami darah rendah atau sedang menjalankan diet. Solusi dari keluhan tersebut adalah Anda cukup menambahkan kentang ke dalam menu makan siang Anda. Karena kentang merupakan sumber kalium yang baik, bahkan jumlahnya lebih banyak daripada buah pisang.

Menu makan siang saat diet diatas merupakan menu yang mengandung nutrisi esensial yaitu makronutrien. Bagaimana untuk memenuhi nutrisi esensial yang kedua yaitu mikronutrien?

Jawabannya adalah pilihlah AQUA. Karena didalamnya terkandung sejumlah mineral esensial yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa diantaranya adalah sodium, kalium, fluoride, kalsium, dan magnesium. Kandungan mineral tersebut ada di dalam AQUA secara alami. Hal itu dimungkinkan karena AQUA mendapatkan air dari 17 sumber air pegunungan terpilih di Indonesia dan semua air tersebut diambil melalui proses higienis tanpa campur tangan manusia. Secara alamiah, berbagai mineral yang diperlukan tubuh sudah ada di sana.

Jadi, jangan ragu lagi tambahkan AQUA kedalam menu diet harian Anda.

 


Referensi:
https://www.alodokter.com/contekan-menu-diet-sehat-untuk-santap-pagi-siang-dan-malam-hari
https://doktersehat.com/ide-menu-makan-siang-untuk-diet/
https://www.sehataqua.co.id/segera-minum-air-mineral-untuk-kesehatan-tubuh/