7 Tips Mengatur Rencana Liburan Akhir Tahun, Hemat & Seru!

Hidup Aktif | 29 November 2022

Bagikan:

7 Tips Mengatur Rencana Liburan Akhir Tahun, Hemat & Seru!

Akhir tahun sudah semakin dekat nih, apakah Anda sudah merencanakan liburan? Ya, rencana liburan akhir tahun perlu disiapkan dari sekarang lho!

Pasalnya, jika semakin mepet, maka harga akomodasi seperti hotel atau pesawat akan lebih mahal. Belum lagi jika harus berebut dengan banyak orang.

Ada banyak ide liburan bersama teman dan keluarga yang bisa Anda lakukan, namun agar lebih seru dan tertata, ada baiknya merencanakan dari jauh hari, yuk simak tipsnya!

Tips Menyusun Rencana Liburan Akhir Tahun

Apabila Anda berencana melakukan liburan akhir tahun, maka tidak ada salahnya untuk mempersiapkannya lebih awal. Mulai dari pencarian akomodasi, destinasi, dan budget.

Lantas, dalam menyusun rencana liburan akhir tahun dimulai dari mana? Tak perlu bingung, berikut tips-tipsnya untuk Anda.

1. Memilih Jadwal yang Pas

Liburan akhir tahun biasanya akan di mulai pada akhir bulan. Nah, cobalah untuk menghubungi teman atau keluarga untuk berdiskusi mengenai jadwal yang pas.

Apabila Anda menghendaki libur lebih lama, maka bisa mengajukan cuti. Karenanya menentukan tanggal cukup penting, agar lebih banyak waktu mempersiapkannya.

Tapi, perlu diingat bahwa menjelang akhir tahun cukup banyak orang yang ingin berlibur, sehingga sering kali menyebabkan kemacetan.

Untuk menghindari kemacetan, Anda mungkin bisa berangkat lebih awal, atau tidak mepet dengan pergantian tahun.

2. Menyiapkan Budget

Liburan akhir tahun merupakan musim puncak di mana setiap orang ingin keluar dari rumah untuk bersenang-senang.

Maka dari itu, harga tiket masuk di tempat wisata, bahkan akomodasi biasanya akan meningkat dari harga normal. Sehingga, Anda perlu menyiapkan budget dari sekarang.

Kelola dana dengan baik sehingga bisa digunakan saat nanti berlibur, jangan lupa juga siapkan dana darurat, ya!

Baca Juga: 10 Tips Liburan Bersama Anak agar Lebih Seru & Menyenangkan

3. Menabung dari Jauh Hari

Mengingat harga-harga tempat wisata yang umumnya lebih tinggi saat akhir tahun, maka pada liburan kali ini ada baiknya Anda menabung dari jauh-jauh hari.

Agar nantinya juga tidak terlalu terbebani, Anda dapat menyisihkan uang belanja atau gaji setiap bulannya khusus untuk budget liburan.

Tips liburan akhir tahun yang satu ini banyak diterapkan oleh orang-orang yang sudah menyiapkan rencana liburan akhir tahun. 

4. Mencari Destinasi Wisata

Setelah menentukan berapa budget liburan Anda, maka penyusunan rencana liburan akhir tahun dilanjutkan dengan pemilihan destinasi wisata.

Anda dapat memilih destinasi lokal maupun luar negeri, tergantung dari rencana awal dan budget yang dimiliki.

Ada baiknya untuk mulai menentukan secara pasti tujuan wisata Anda dari sekarang agar tidak kehabisan tiket, mengingat liburan akhir tahun merupakan peak season.

5. Cari Tahu Regulasi di Lokasi yang Akan Dikunjungi

Ketika Anda sudah menentukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi, maka ada baiknya Anda juga melakukan riset mengenai regulasi di tempat tersebut.

Setiap daerah pasti memiliki regulasi masing-masing, terlebih jika Anda berkunjung ke luar negeri. Siapkan apa saja yang diperlukan, misalnya visa, paspor, dan sebagainya.

Selain itu, tidak ada salahnya mempelajari budaya daerah yang akan Anda kunjungi untuk lebih mengenal lingkungannya.

6. Menyiapkan Akomodasi Lebih Awal

Satu hal yang tidak boleh terlewatkan saat menyusun rencana liburan akhir tahun adalah menyiapkan akomodasi lebih awal. 

Tidak hanya tiket masuk tempat wisata, hotel, tiket pesawat, atau kendaraan lain juga mengalami kenaikan permintaan atau high demand. Sehingga, seringnya tiket transportasi habis atau hotel-hotel akan penuh pesanan pada masa ini.

Nah, maka tipsnya, Anda bisa mencari hotel dan tiket transportasi lebih awal setelah memastikan destinasi wisata.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga yang Seru, Wajib Coba!

7. Menjaga Kesehatan

Tips liburan akhir tahun selanjutnya dan yang paling penting adalah menjaga kesehatan. Tujuan dari berlibur adalah bersenang-senang, namun bila tubuh dalam keadaan tidak baik, maka rencana tersebut akan sia-sia.

Maka dari itu, selalu jaga kesehatan, baik sebelum atau saat sedang dalam masa liburan, agar Anda dapat bermain dengan puas dan tetap dalam keadaan sehat hingga pulang kembali.

Terlebih di masa pandemi yang belum pulih sepenuhnya seperti sekarang, jangan lupa untuk membawa masker, hand sanitizer, dan obat-obatan lain yang diperlukan.

Tak boleh ketinggalan, cukupi juga kebutuhan cairan tubuh demi menghindari dehidrasi selama berlibur. Salah satu caranya adalah dengan membawa air putih ke mana pun tujuan Anda.

Nah, Anda bisa mengandalkan AQUA untuk hal ini. Dengan berbagai kemasan botol, mulai dari 330 ml, 600, hinggal 1500 ml, air mineral ini cukup praktis dibawa ke mana saja.

Selain itu, kemurnian AQUA didapatkan dari sumber mata air terpilih yang memiliki tiga perlindungan. Jadi, kesegarannya pun tetap terjaga sampai ke tangan Anda.

So, jangan lupa untuk menyediakan #AQUADULU di aktivitas berlibur Anda, ya!

Baca Juga: 5 Tempat Liburan saat Musim Hujan, Ini Rekomendasi & Tipsnya!

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.