7 Ide Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Sehat & Rendah Kalori

Hidup Sehat | 29 Maret 2022

Bagikan:

7 Ide Menu Sarapan Pagi untuk Diet yang Sehat & Rendah Kalori

Banyak orang yang masih percaya bahwa dengan melewatkan sarapan ketika diet akan membuat berat badan lebih cepat turun. Padahal, nyatanya sarapan memiliki manfaat penting bagi tubuh. Hal ini seharusnya bukan menjadi masalah sebab ada berbagai jenis menu sarapa pagi untuk diet yang bisa dicoba.

Adapun manfaat sarapan antara lain memberikan energi untuk memulai hari baru, mengendalikan berat badan, dan meningkatkan konsentrasi dalam setiap aktivitas sepanjang hari. Namun, hal ini tentunya juga harus disertai kebiasaan minum air putih. 

Yup, selain memenuhi kebutuhan nutrisi, penting juga bagi kita semua untuk memastikan kebutuhan cairan tubuh tercukupi. Maka dari itu, pastikan selalu bawa dan minum #AQUADULU kapanpun dan dimanapun berada. Minum air putih juga diketahui dapat membantu menurunkan berat badan secara efektif, lho!

Berbicara soal menu sarapan pagi untuk diet, banyak yang salah kaprah dengan aturannya. Misalkan, porsi makanan sengaja dibuat sangat sedikit agar tidak mengganggu program diet. Agar tak kebingungan, yuk langsung saja simak kumpulan menu sarapan pagi untuk diet sehat berikut ini!

Menu Sarapan Pagi Untuk Diet Sehat

Sarapan pagi adalah hal penting bagi tubuh untuk membantu mempersiapkan energi tubuh sepanjang hari.Bayangkan saja jika Anda melewatkan sarapan, tentunya Anda akan merasa lemas dan pastinya akan sering menguap ketika sedang bekerja atau beraktivitas, bukan?

Nah, agar program diet Anda berjalan lancar tanpa harus melewatkan pentingnya sarapan, berikut beberapa daftar sarapan pagi untuk dietyang bisa Anda jadikan referensi.

1. Edamame

Sarapan untuk diet yang pertama adalah edamame. Kacang kedelai muda satu ini mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satu di antaranya adalah sebagai cemilan ketika program diet. Hal tersebut dikarenakan kacang edamame mempunyai kandungan lemak yang cukup rendah.

Selain itu, edamame juga kaya akan protein dan juga serat. Terlebih, Kacang ini menjadi satu-satunya jenis sayuran yang memiliki 9 jenis asam amino esensial yang bermanfaat untuk tubuh [1].

2. Telur rebus

Sarapan pagi untuk diet selanjutnya ialah telur rebus. Ya, menu sehat berikut ini juga cukup terkenal dikalangan mereka yang sedang melakukan diet. Telur rebus merupakan sumber lemak dan protein yang baik untuk tubuh.

Kandungan protein di dalamnya akan membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak akan makan berlebihan saat siang hari. Menariknya lagi, telur juga mampu mempertahankan massa otot selama dalam masa penurunan berat badan atau diet [2].

Baca juga: 6 Resep Menu Bekal Makan Siang Praktis, Sehat, dan Enak

3. Sereal

Sereal juga sering menjadi pilihan sarapan pagi untuk diet yang paling disukai. Makanan satu ini bisa sangat mengenyangkan apabila dicampurkan dengan susu rendah lemak. Anda bisa menambahkan beberapa buah-buahan agar rasanya lebih nikmat [1].

4. Pisang dan roti

Salah satu menu sarapan pagi untuk diet yang bisa Anda coba adalah pisah dan roti. Pisang menjadi buah paling digemari oleh mereka yang sedang diet, karena buah ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama [1]. Lalu, Anda juga bisa tambahkan satu lembar roti gandung sebagai pelengkap sarapan untuk diet.

5. Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu biji-bijian paling digemari di dunia karena bebas gluten dan menjadi sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi. Supaya lebih nikmat, santap oatmeal dengan menambahkan topping beberapa buah segar, seperti stroberi, apel ataupun pisang [2].

6. Ikan salmon

Salah satu menu sarapan pagi untuk diet sehat satu ini mengandung minyak ikan yang berguna untuk membantu insulin dalam transpirasi glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Hal tersebutakan membantu tubuh mengurangi ketergantungan terhadap gula secara berlebihan [1]. Cobalah untuk mengolahnya dengan direbus atau dipanggang.

7. Yogurt

Pilihan produk susu rendah lemak lainnya yang bisa Anda jadikan menu sarapan pagi untuk diet adalah yogurt. Pilih plain yogurt, karena bebas gula dan kalorinya tidak akan mengganggu berat badan Anda [2].

Itu dia sarapan pagi untuk diet yang bisa Anda jadikan sebagai daftar menu harian. Selain berbagai menu sarapan untuk diet di atas, mengonsumi air mineral secara teratur ternyata dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan, lho.

Menurut penjelasan dari dr. Fereydoon Batmanghelidj yang merupakan pengarang dari buku berjudul “You’re Not Sick, You’re Thirsty!”, menyebutkan bahwa dengan minum air mineral, kita dapat menurunkan berat badan dengan sangat efektif [3].

Baca juga: 15 Manfaat Minum Air Hangat Rutin untuk Kesehatan Tubuh

Menurut dr. Batmanghelidj, setidaknya ada tiga alasan mengapa hal itu dapat terjadi. Yang pertama, dengan mengkonsumsi air mineral dapat mengurangi kelaparan, kedua tak ada kalori pada air mineral, dan ketiga minum air dapat meningkatkan energi, energi ini berguna untuk membantu proses metabolisme dan menurunkan berat badan pada tubuh kita [3].

Untuk itu, pilihlah air mineral yang baik dengan melihat pemilihan sumber airnya. Air mineral yang berasal dari pegunungan dan terjaga ekosistem alaminya merupakan pilihan yang baik karena memiliki kandungan mineral alami.

AQUA, terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kebaikan air mineral pegunungan dari tiap tetes airnya. kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silica, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh.

Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

Referensi:

  1. 7 Resep Sarapan Sehat dan Rendah Kalori saat Diet - Buka
  2. 18 Menu Sarapan untuk Diet Sehat, Penuh Gizi dan Rendah Kalori - Buka
  3. Can water help you lose weight - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.