Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

7 sarapan sehat dan rendah kalori untuk diet turunkan berat badan

Kebaikan AirHidup Sehat | 22 November 2021
7 sarapan sehat dan rendah kalori untuk diet turunkan berat badan

Banyak orang yang masih percaya bahwa dengan melewatkan sarapan ketika diet akan membuat berat badan lebih cepat turun. Namun, pada dasarnya sarapan memiliki manfaat penting bagi tubuh.

Manfaat sarapan antara lain memberikan energi untuk memulai hari baru, mengendalikan berat badan dan meningkatkan konsentrasi dalam aktivitas sepanjang hari. Bayangkan saja jika Anda melewatkan sarapan, tentunya Anda akan merasa lemas dan pastinya akan sering menguap ketika sedang bekerja atau beraktivitas.

Jika membahas soal menu sarapan saat diet, banyak yang salah kaprah dengan menu yang hendak dikonsumsi, misalnya porsinya sengaja dibuat sangat sedikit agar tidak mengganggu program diet. Oleh karena itu, berikut adalah menu sarapan untuk diet sehat yang bisa Anda dapat jadikan referensi:

1. Edamame

Pertama, kamu bisa mengkonsumsi edamame. Kacang kedelai muda satu ini mempunyai banyak sekali manfaat. Salah satu di antaranya adalah sebagai cemilan ketika program diet. Hal ini dikarenakan kacang tersebut mempunyai kandungan lemak yang cukup rendah. Selain itu, edamame juga kaya akan protein dan juga serat. Terlebih, Kacang ini menjadi satu-satunya jenis sayuran yang memiliki 9 jenis asam amino esensial yang bermanfaat untuk tubuh [1].

2. Telur rebus

Menu diet sehat berikut ini juga cukup terkenal dikalangan mereka yang sedang melakukan diet. Telur rebus merupakan sumber lemak dan protein yang baik untuk tubuh. Kandungan protein di dalamnya akan membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak akan makan berlebihan saat siang hari.

Menariknya lagi, telur juga mampu mempertahankan massa otot selama dalam masa penurunan berat badan atau diet[2].

3. Sereal

Makanan satu ini bisa sangat mengenyangkan apabila dicampurkan dengan susu rendah lemak. Anda bisa menambahkan beberapa buah-buahan agar rasanya lebih nikmat [1].

4. Pisang dan roti

Pisang menjadi buah yang paling digemari mereka yang sedang diet. Karena buah ini dapat membuat anda kenyang lebih lama [1]. Lalu Anda juga bisa tambahkan satu lembar roti gandung sebagai pelengkap sarapan pagi Anda.

5. Oatmeal

Oatmeal menjadi salah satu biji-bijian paling digemari di dunia karena bebas gluten dan menjadi sumber vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang tinggi. Supaya lebih nikmat, santap oatmeal dengan menambahkan topping beberapa buah segar. Seperti stroberi, apel ataupun pisang[2].

6. Ikan salmon

Salah satu jenis ikan ini mengandung minyak ikan yang berguna untuk membantu insulin dalam transpirasi glukosa dari aliran darah ke dalam sel. Hal ini akan membantu tubuh mengurangi ketergantungan terhadap gula secara berlebihan [1]. Cobalah untuk mengolahnya dengan direbus atau dipanggang.

7. Yoghurt

Pilihan produk susu rendah lemak lainnya yang bisa Anda jadikan menu sarapan adalah yoghurt. Pilih plain yoghurt, karena bebas gula dan kalorinya tidak akan mengganggu berat badan Anda [2].

Selain makanan diatas, mengonsumi air mineral secara teratur ternyata dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut penjelasan dari dr. Fereydoon Batmanghelidj yang merupakan pengarang dari buku berjudul “You’re Not Sick, You’re Thirsty!”, menyebutkan bahwa dengan minum air mineral, kita dapat menurunkan berat badan dengan sangat efektif [3].

Menurut dr. Batmanghelidj, setidaknya ada tiga alasan mengapa hal itu dapat terjadi. Yang pertama, dengan mengkonsumsi air mineral dapat mengurangi kelaparan, kedua tak ada kalori pada air mineral, dan ketiga minum air dapat meningkatkan energi, energi ini berguna untuk membantu proses metabolisme dan menurunkan berat badan pada tubuh kita [3].

Untuk itu, pilihlah air mineral yang baik dengan melihat pemilihan sumber airnya. Air mineral yang berasal dari pegunungan dan terjaga ekosistem alaminya merupakan pilihan yang baik karena memiliki kandungan mineral alami.

AQUA, terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kebaikan air mineral pegunungan dari tiap tetes airnya. kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis. Selain segar, beragam kandungan baik seperti magnesium, kalsium, zinc, silica, dan zat lainnya mampu menyehatkan organ tubuh. Mineral yang terkandung di dalam AQUA juga merupakan mineral yang terlindungi, karena AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air dan sumber air itu sendiri.

 

Sumber:
https://www.halodoc.com/artikel/7-resep-sarapan-sehat-dan-rendah-kalori-saat-diet
https://www.ussfeed.com/menu-sarapan-diet-sehat/
https://www.medicalnewstoday.com/articles/322296#six-reasons-why-drinking-water-may-help-you-lose-weight