Logo AQUA

11 Sayur yang Bagus untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan!

Hidup Sehat | 19 Mei 2022

Bagikan:

11 Sayur yang Bagus untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan!

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan yang selalu direkomendasikan sebagai asupan harian, termasuk ke dalam menu diet sehat untuk bantu turunkan berat badan. Ya, ada begitu banyak pilihan sayur yang bagus untuk diet, mulai dari bayam, kembang kol, dan masih banyak lagi.

Tak dapat dipungkiri, sayuran memang dikenal sebagai sumber nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dan menjadikan program diet Anda lebih bergizi dan seimbang. Bukan hanya karena rendah kalori, jenis makanan ini juga kaya akan serat sehingga mampu membantu mengendalikan berat badan.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas berbagai pilihan sayur yang bagus untuk diet Anda. Yuk simak!

Macam-Macam Sayur yang Bagus untuk Diet

Seperti kita ketahui, sayuran umumnya memiliki kadar vitamin, mineral, maupun serat yang tinggi, tetapi rendah dalam hal energi, lemak, dan karbohidrat. Komposisi

gizi tersebut menyebabkan sayuran sangat baik digunakan sebagai menu diet sehat dan sederhana penurun berat badan.

Lantas, apa saja sayur yang bagus untuk diet? Berikut beberapa di antaranya.

1. Brokoli

Salah satu pilihan sayur yang bagus untuk diet adalah brokoli. Anda bisa memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi harian hanya dengan mengonsumsi 90 gram brokoli, mulai dari kalium, folat, vitamin C, hingga vitamin K [1].

Sayuran ini bahkan memiliki kandungan serat serta kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat tepat Anda jadikan sebagai menu diet. Selain itu, brokoli juga terdiri dari 90% air, yang berkontribusi pada faktor kenyang. Anda bisa tumis atau kukus jika ingin mengonsumsinya.

2. Kembang Kol

Tak jauh berbeda dari brokoli, kembang kol juga termasuk jenis sayur yang bagus untuk diet karena rendah karbohidrat dan bisa Anda jadikan sebagai makanan pengganti nasi. Adapun kandungan nutrisi dalam kembang kol di antaranya vitamin B, vitamin C, vitamin K, serat, kalium, serta folat.

Jika Anda ingin menjadikannya olahan sayur untuk diet, Anda bisa kukus atau tumis sebentar dan mencampurkannya bersama sayuran lain seperti wortel. Satu cangkir kembang kol cincang hanya memiliki 27 kalori dengan 2 gram serat dan 2 gram protein.

3. Wortel

Pilihan sayur yang bagus untuk diet berikutnya adalah wortel. Sayuran ini cocok Anda masukkan dalam daftar menu makan siang karena memiliki lebih banyak serat dibanding sayuran lain namun hanya mengandung sedikit kalori. 

Satu cangkir wortel dapat menghasilkan 3,5 gram serat, yang merupakan tiga kali lipat jumlah serat dalam secangkir sayuran hijau.

Bukan cuma itu, wortel juga sarat akan nutrisi, yakni potassium, vitamin C, vitamin K, vitamin A, serta beta karoten. Menurut penelitian, antioksidan yang terdapat pada wortel diketahui mampu mencegah penyakit kanker [2].

4. Bayam

Mengingat bayam rendah kalori dan karbohidrat, ini tentu cocok Anda jadikan sebagai olahan sayur untuk diet. Bayam juga dikenal sangat padat akan nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin K, dan juga vitamin E. 

Selain itu, sayur ini memiliki dua jenis antioksidan yaitu beta karoten dan lutein yang bisa sekaligus membantu mencegah berbagai penyakit, termasuk menurunkan risiko kanker.

Suatu penelitian bahkan menyebutkan bahwa bayam bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena mampu menurunkan tekanan darah [2].

5. Labu

Jenis sayur yang bagus untuk diet lainnya ialah labu. Layaknya bayam, labu juga rendah kalori namun tinggi serat, sehingga sangat tepat Anda jadikan sebagai pilihan menu sayur untuk diet. Anda bisa mengonsumsinya dengan cara direbus bersama bayam atau jenis sayuran lainnya.

Baca juga: 7 Menu Makan Malam Untuk Diet, Ini Tipsnya Agar Tidak Gemuk

6. Mentimun

Tahukah Anda, mentimun juga merupakan sayur yang bagus untuk diet. Hal ini dikarenakan mentimun mengandung serat sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, mentimun juga memiliki kandungan air sebanyak 96% yang mampu menjadikan tubuh Anda tetap terhidrasi [1].

Nutrisi lainnya yang terdapat dalam mentimun ialah vitamin dan mineral yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Menu sayur untuk diet satu ini dapat Anda masukkan dalam daftar menu sarapan sehat atau juga makan siang.

8. Selada

Selain mentimun, sayur yang bagus untuk diet adalah selada. Bukan cuma karena rendah kalori, selada juga dikenal tinggi nutrisi, seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, serta folat. Berbagai kandungan tersebut diketahui dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung [1].

9. Kol

Jarang diketahui, kol merupakan sayur yang bagus untuk diet karena kandungan nutrisinya sangat beragam, mulai dari vitamin A, B, K, serat, potasium, kalsium, hingga tembaga [2]. Di samping itu, kol juga diketahui sebagai makanan yang mengandung vitamin C tinggi.

Oleh karenanya, bukan cuma sekadar membantu menurunkan berat badan, kol juga sekaligus bisa menurunkan risiko kanker, menjaga daya tahan tubuh, serta mengontrol tekanan darah dan kolesterol [2].

10. Asparagus

Pilihan sayur yang bagus untuk diet berikutnya adalah asparagus. Tak banyak orang tahu, sayuran ini memiliki beragam nutrisi penting bagi kesehatan, mulai dari folat, serat, selenium, tiamin, riboflavin, hingga vitamin A, C dan K [2]. 

Namun yang paling utama, asparagus sangat rendah kalori tetapi mengandung banyak air dan serat, di mana satu cangkirnya bisa memenuhi kebutuhan serat harian sehingga sangat cocok untuk membantu menurunkan berat badan. Sementara, kandungan alkaloid di dalamnya dapat membantu membakar lemak dalam tubuh [2].

Asparagus juga mengandung vitamin E untuk meningkatkan daya tahan kulit dan memiliki antioksidan yang tinggi.

11. Bawang Putih

Selama ini, bawang putih dikenal sebagai rempah dapur dengan berbagai khasiat. Nyatanya, bawang putih tergolong sebagai salah satu jenis sayuran yang juga bisa membantu menurunkan berat badan dan memberikan manfaat kesehatan lainnya. 

Menurut penelitian, bawang putih dapat mengurangi lemak perut, menurunkan tekanan darah, dan menjaga kesehatan jantung [2].

Baca juga: 5 Jenis Makanan Sehat Bergizi dan Manfaatnya Bagi Tubuh

12. Kacang Polong

Terakhir, sayur yang bagus untuk diet adalah kacang polong. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau kecil satu ini berguna melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi sembelit. Pasalnya, kacang polong merupakan jenis makanan tinggi serat.

Tak hanya itu, kacang polong juga memiliki nutrisi penting lainnya, seperti folat, niasin, riboflavin, tiamin, protein, hingga vitamin A, C, juga K. Sehingga, tak hanya cocok sebagai olahan sayur untuk diet, namun juga bisa Anda masukkan dalam daftar menu makan harian keluarga.

Itu dia macam-macam sayur yang bagus untuk diet dan sekaligus menjaga kesehatan tubuh. Pilihlah sayur-sayuran segar minim olahan agar nutrisinya tetap terjaga dan pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Batasi juga penggunaan sayuran kalengan yang umumnya mengandung penambah rasa.

Di samping itu, jangan lupa imbangi dengan rutin minum air putih agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Mengonsumsi air putih bahkan diketahui bisa melancarkan metabolisme sehingga pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Untuk itu, selalu sedia #AQUADULU kapanpun dan dimanapun Anda berada.  Hal ini akan mencegah Anda dari dehidrasi sekaligus membantu menjaga fungsi organ tubuh tetap optimal. Semoga bermanfaat!

Referensi: 

  1. 5 Jenis Sayuran untuk Diet yang Baik Dikonsumsi - Buka
  2. The 14 Most Nutrient-Dense Vegetables - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .