Logo AQUA

6 Sayuran Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet, Yuk Simak!

Hidup Sehat | 04 Desember 2023

Bagikan:

6 Sayuran Rendah Kalori yang Cocok untuk Diet, Yuk Simak!

Sayuran rendah kalori seperti bayam, selada hingga wortel menjadi pilihan paling umum bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Hal tersebut berikaitan dengan kandungan kalori yang lebih rendah daripada daging atau nasi. Oleh karena itu, sayuran jenis ini lebih banyak diminati untuk menjadi menu makanan orang yang sedang diet.

Kalori merupakan asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan dapat diperoleh dari beragam jenis makanan. Akan tetapi, kebutuhan kalori harian juga perlu diperhatikan agar tidak kurang atau lebih. 

Hal tersebut menjadi alasan mengapa sayuran rendah kalori tinggi serat menjadi pilihan populer untuk mencukupi kebutuhan kalori yang sehat. 

Artikel ini akan memberikan daftar sayuran rendah kalori beserta penjelasannya. Yuk, simak sampai akhir, ya!

Sayuran Rendah Kalori

Mengurangi asupan kalori merupakan langkah efektif bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan. 

Hal tersebut dapat didukung dengan menjalankan diet untuk mengurangi konsumsi produk hewani atau olahan lainnya.

Sayuran dengan kalori rendah tergolong jenis sayuran yang memiliki kandungan mendekati nol kalori namun mengandung gizi seimbang. Hal tersebut menjadi alasan mengapa sayur rendah kalori sangat tepat untuk diet. 

Berikut adalah daftar sayuran rendah kalori yang bisa Anda konsumsi:

Baca Juga: 11 Sayur yang Bagus untuk Diet, Bantu Turunkan Berat Badan!

1. Sayur Bayam

Daftar yang pertama adalah sayur bayam yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Sayuran hijau ini populer akan kandungannya yang kaya akan nutrisi. Tidak hanya sedikit kalori namun juga vitamin dan mineral.

Dalam takaran satu cangkir atau sekitar 30 gram, bayam hanya mengandung 7 kalori. Selain itu, bayam merupakan daftar sayuran rendah kalori yang diperkaya vitamin K, provitamin A, folat, dan senyawa biokatif lainnya yang juga baik untuk kesehatan mata.

2. Selada

Sayur selada tentu menjadi opsi populer untuk konsumsi salad saat diet. Faktanya, selada memang menjadi salah satu sayuran rendah kalori tinggi serat dengan kandungan sekitar 18 kalori. Selain itu, kandungan mineral pada selada juga tidak kalah tinggi.

Teksturnya yang berserat juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Oleh karena itu, selada merupakan sayuran rendah kalori dengan sumber nutrisi baik, termasuk vitamin K, provitamin A, dan folat. 

Baca juga: 13 Vitamin untuk Tubuh Agar Tetap Fit dan Dukung Imun Kuat

3. Sayur Brokoli

Sayur brokoli juga bisa menjadi opsi lain untuk Anda yang ingin mengurangi asupan kalori dengan konsumsi sayuran. Brokoli adalah salah satu makanan tinggi vitamin C.

Secangkir brokoli yang sudah dimasak (155 gram) hanya mengandung 54 kalori dan kaya akan vitamin C yang mencukupi kebutuhan nutrisi harian.

Salah satu jenis sayuran rendah kalori tinggi serat ini juga kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker payudara dan usus besar. Brokoli juga diperkaya oleh sejumlah mineral dan vitamin baik untuk tubuh.

4. Kubis

Ekonomis, renyah, dan manis. Kubis menjadi pilihan mudah untuk mengonsumsi sayuran rendah kalori dengan kandungan nutrisi yang baik. 

Sayur kubis hanya mengandung 22 kalori per cangkir (89 gram). Anda bisa mengonsumsinya bersama sayuran salad lainnya atau dalam hidangan fermentasi.

Sebagaimana sayuran rendah kalori lainnya, kubis juga mengandung banyak vitamin, serat, mineral, dan kandungan lainnya yang bermanfaat untuk mencegah kanker. 

5. Sayur Wortel

Sayuran dengan tekstur renyah dan rasa manis ini juga cukup populer sebagai pilihan sayuran rendah kalori untuk diet.

Wortel juga banyak dikenal akan kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan, seperti serat, kalium, dan vitamin A dalam bentuk beta karoten.

Memiliki beragam warna, mulai dari putih, ungu, dan jingga, wortel memiliki kalori yang rendah, yaitu 50 kalori per cangkir (122 gram). 

Tidak heran jika sayuran rendah kalori satu ini menjadi opsi populer, baik untuk salad maupun jus.

6. Mentimun

Sayuran menyegarkan satu ini tentu tidak pernah ketinggalan dalam daftar isian salad. Kandungannya yang kaya akan air membuat sayuran rendah kalori ini hanya memiliki 8 kalori untuk porsi 52 gram. 

Tidak hanya itu, kandungannya yang kaya akan air juga akan membantu tubuh Anda terhindar dari dehidrasi saat menjalankan diet. 

Mentimun dapat dikonsumsi bersama hidangan salad ataupun disajikan dalam bentuk minuman.

Baca juga: Cara Defisit Kalori yang Benar untuk Menurunkan Berat Badan

Itulah daftar sayuran rendah kalori yang dapat Anda pilih untuk menemani diet menurunkan berat badan. 

Pada dasarnya, sayuran rendah kalori paling banyak ditemukan pada sayuran dan buah. Selain rendah kalori, mereka juga kaya akan nutrisi lain, seperti vitamin dan mineral.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa tujuan utamanya adalah mengurangi asupan kalori dalam jumlah yang masih memenuhi kebutuhan harian Anda. Kalori merupakan sumber energi dan tubuh pasti membutuhkannya untuk beraktivitas.

Oleh karena itu, pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi memberikan nutrisi seimbang dan bergizi untuk kesehatan tubuh optimal. 

Selain itu, pastikan bahwa cairan tubuh juga telah terpenuhi dengan mengonsumsi cukup air.

Memilih air minum yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan untuk mendapatkan kualitas dan kemurnian yang asli, seperti AQUA. 

Selama lebih dari 49 tahun, AQUA berkomitmen memproduksi air minum dari sumber air terpilih dan menjaga kemurniannya sampai di tangan pelanggan.

AQUA juga hadir dalam beragam ukuran kemasan yang memudahkan Anda untuk menemani setiap jenis aktivitas, baik di dalam maupun luar rumah. 

Jadi, pastikan untuk menyediakan #AQUADULU untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda.

Referensi:

  1. 9 Makanan Rendah Kalori untuk Menurunkan Berat Badan - Buka
  2. 5 Sayuran Ini Kalorinya Hampir Nol, Ampuh Turunkan Berat Badan - Buka
  3. 33 Foods That Are Very Low in Calories - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .