Hidup SehatKebaikan Air

Sebelum Beraktivitas, Kenali Dulu 6 Gejala Dehidrasi Berikut

Di tengah zaman serba cepat akibat kemajuan teknologi, banyak orang yang telah menjalankan gaya hidup dinamis. Keseharian mereka diisi oleh aktivitas yang beragam dan menuntut ‘kelincahan’ yang lebih. Kini, tidak jarang kita menemukan orang yang bisa berperan sebagai pebisnis profesional di satu hari, lalu berubah menjadi ahli petualang di keesokan harinya.

Sayangnya, seringkali di tengah padatnya aktivitas, kita melupakan hal-hal esensial bagi tubuh. Salah satunya adalah meminum air mineral. Padahal, air adalah bagian yang amat penting bagi tubuh. Diketahui bahwa 60% tubuh manusia mengandung air, yang berarti, kinerja organ-organ seperti otak, hati, jantung, dan ginjal bergantung pada air. Dengan kata lain, agar performa tubuh tetap optimal, kita membutuhkan banyak energi yang tentu bisa didapat dari tercukupinya cairan tubuh.

Kekurangan cairan atau dehidrasi jika dibiarkan berlarut-larut akan berakibat fatal bagi tubuh. Maka sangat penting bagi kita untuk mengenal ciri-ciri atau gejala dehidrasi, supaya dapat dicegah sebelum terjadi. Berikut 6 gejala dehidrasi menurut para ahli:

1. Bau Napas Tak Sedap

Ketika kita mengalami dehidrasi, produksi ludah atau saliva pada mulut juga akan berkurang. Sedangkan, tugas dari saliva selain untuk mencerna makanan juga menyediakan antibodi untuk melawan bakteri. Akibatnya, bakteri pun ‘nyaman’ berkembang biak dalam mulut, yang menghasilkan nafas kita berbau tidak sedap. Sebagai seseorang yang menjalankan hidup aktif dan bertemu banyak orang, Anda tentu tidak ingin merasakan gejala dehidrasi ini, bukan? (2)

2. Kulit Kering dan Kusam

Salah satu fungsi air adalah menjaga kesegaran kulit. Maka ketika kulit Anda terasa kering atau kusam, mungkin saja itu adalah gejala dehidrasi yang harus ditanggulangi. Cara lain untuk memastikannya adalah dengan mencubitnya secara perlahan. Bila kulit Anda butuh waktu lebih lama untuk kembali ke keadaan semula, berarti segeralah minum air mineral.

3. Suhu Tubuh Meningkat

Jika tahap dehidrasi Anda sudah cukup parah, maka biasanya suhu tubuh akan meningkat. Anda pun lalu merasa menggigil atau gemetar berlebihan. Itulah sebabnya, ketika Anda menderita demam, sangat dianjurkan untuk meminum air lebih banyak, agar suhu tubuh terjaga.

Baca Juga: Anjuran Minum Air Putih Agar Hidup Semakin Sehat

4. Sakit Kepala

Sakit kepala seringkali menjadi gejala dehidrasi yang dapat langsung dirasakan. Karena ketika tubuh kita kekurangan cairan, keseimbangan cairan tubuh dan Natrium terganggu. Kondisi ini tentu sangat mengganggu apalagi bagi Anda yang punya segudang agenda. Segeralah minum air agar kondisi otak kembali seperti semula.

5. Keinginan Mengonsumsi Makanan Manis

Hati atau liver membutuhkan asupan air yang cukup untuk memproduksi glikogen, yang merupakan hasil akhir dari pengolahan gula dalam tubuh, ke dalam darah. Dehidrasi akan membuat proses ini terhambat, mengakibatkan tubuh kita kekurangan glukosa yang penting untuk pembentukan energi. Tubuh kita lalu merespon kejadian tersebut dengan merasa lapar dan ingin mengonsumsi makanan manis.

Segera minum air karena bisa jadi itu hanyalah gejala dehidrasi semata. Ingat, terlalu banyak memakan makanan manis dapat meningkatkan resiko terkena diabetes. (3)

6. Keram Otot

Gaya hidup aktif terkadang membuat kita berkeringat dan mengeluarkan lebih banyak cairan. Jika Anda tidak segera mengisi kembali, akan berdampak pada kurangnya cairan tubuh yang dapat mengganggu kinerja otot menjadi cepat keram, umumnya timbul ketika tubuh kehilangan air 6-8%

Itulah 6 gejala yang dapat terjadi akibat dehidrasi. Untuk menghindarinya, jangan lupa untuk selalu minum air mineral sebanyak 8 gelas (setara kurang lebih 2 liter) setiap harinya. Untuk hal ini, pilihan terbaik ialah Aqua, yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas.

Pelopor di Indonesia, AQUA.

 

Source:

  1. Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017
  2. https://www.idntimes.com/health/fitness/lina-2/cepat-minum-air-ini-6-gejala-dehidrasi-yang-jarang-disadari-c1c2/full
  3. https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/tanda-tanda-dehidrasi