Apa itu Self Healing? Ini Arti, Tujuan dan Tips Melakukannya

Hidup Sehat | 20 Mei 2022

Bagikan:

Apa itu Self Healing? Ini Arti, Tujuan dan Tips Melakukannya

Anda pasti sudah sering mendengar istilah self healing, bukan? Self healing adalah kata yang berkaitan dengan kesehatan mental, yaitu penyembuhan diri sendiri. Cara self healing setiap orang pun berbeda-beda. Metode ini dinilai efektif guna membuat kondisi mental seseorang kembali membaik.

Lalu, apa itu self healing sebenarnya dan bagaimana cara self healing untuk menghilangkan stres maupun luka batin? Simak penjelasan lebih jelasnya berikut.

Apa itu self healing?

Sebagian besar individu pasti pernah mengalami kelelahan emosional yang tercerminkan melalui berbagai bentuk ekspresi. Seperti cemas terhadap masa depan, gagal meraih sesuatu, mengalami peristiwa yang tidak diinginkan, marah pada kesalahan diri sendiri dan sebagainya. Jika itu terjadi dalam jangka waktu lama, maka bisa berdampak pada aktivitas sehari-hari.

Self healing artinya proses penyembuhan diri. Istilah ini sempat hype beberapa waktu belakangan karena kebutuhan untuk menjaga kesehatan mental sangat diperlukan oleh semua orang.

Self healing adalah proses pemulihan diri dari kesehatan emosional yang buruk. Sebenarnya ini bukanlah istilah yang umum digunakan dalam penelitian psikologi. Namun, proses penyembuhan diri dari hal-hal semacam stres, depresi, dan trauma semakin sering dipelajari.

Self healing juga bisa dikatakan sebagai metode penyembuhan penyakit bukan dengan obat, melainkan menyembuhkan dan mengeluarkan perasaan dan emosi yang terpendam di dalam tubuh.

Bukan hal yang tidak mungkin, siapapun dapat membantu diri sendiri dan membantu menyembuhkan dirinya dengan kekuatan yang dimiliki, di antaranya bagaimana berpikir positif terhadap dirinya sendiri.

Tujuan self healing

Setelah memahami apa itu self healing, Anda juga harus mengetahui tujuannya. Sebenarnya tujuan self healing adalah untuk memahami diri sendiri, menerima segala bentuk ketidaksempurnaan, dan membentuk pikiran positif dari apa yang telah terjadi. Dengan kata lain, self healing adalah cara membantu menyembuhkan jiwa dan raga.

Itu dikarenakan kesehatan mental dan fisik saling berkaitan dan sering berjalan beriringan. Terkadang, kondisi mental yang buruk juga bisa memicu munculnya penyakit fisik lain.

Cara self healing

Jika Anda merasa ada pikiran atau perasaan yang mengganggu aktivitas, mungkin self healing adalah hal yang Anda butuhkan saat ini. Anda bisa melakukan beberapa cara self healing berikut untuk meningkatkan semangat serta mengembalikan kebugaran mental Anda.

1. Berlatih pernapasan

Berlatih pernapasan adalah salah satu cara melakukan self healing yang mudah. Latihan ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, misalnya saat Anda bangun tidur di pagi hari atau istirahat di jam kerja.

Anda bisa mengambil napas melalui hidung, kemudian hembuskan melalui mulut. Lakukan beberapa kali hingga Anda merasa lebih lega. Teknik pernapasan berikut menjadi cara jitu untuk membuat pikiran Anda jadi lebih tenang.

Baca juga: 12 Efek Begadang Bagi Kesehatan Tubuh dan Cara Menyiasatinya

2. Berbicara dengan diri sendiri

Cara lain melakukan self healing adalah dengan berbicara terhadap diri sendiri. Yup, ini merupakan cara terbaik untuk melampiaskan segala perasaan negatif terhadap suatu hal.

Berbicara dengan diri sendiri secara jujur apa yang sebenarnya diinginkan akan berdampak positif terhadap apa yang sedang dipikirkan dan dilakukan. Pasalnya, hanya diri sendirilah yang mampu memahami apakah Anda sedang memiliki problem atau tidak khususnya berkaitan dengan masalah psikologis.

3. Me time

Cara paling efektif untuk self healing adalah me time. Sesuai artinya, me time adalah kegiatan meluangkan waktu bagi diri sendiri.

Waktu tersebut dapat Anda habiskan untuk tidur, sekedar berefleksi ataupun melakukan hobi, seperti membaca buku, menonton film, jalan-jalan, dan sebagainya. Dengan melakukan me time, Anda bisa lebih rileks, sehingga mental menjadi lebih fresh.

4. Berdamai dengan keadaan

Kadang pengalaman buruk bisa jadi membekas di pikiran seseorang. Anda boleh saja terluka karena hal tersebut. Namun, cobalah untuk berdamai dengan keadaan. Jangan menyalahkan diri terus-menerus. Berusahalah menerima setiap keadaan yang terjadi, dan jadikan itu sebagai pembelajaran untuk ke depannya.

5. Meditasi

Beberapa orang memilih meditasi sebagai cara melakukan self healing. Kegiatan ini dinilai bisa membantu meningkatkan kesadaran diri, fokus, hingga mengurangi emosi negatif. Anda dapat melakukan meditasi di tempat yang sepi dan tenang dalam suasana santai.

Misalnya, matikan lampu kamar, ambil posisi yang nyaman, letakkan kaki di tanah, ambil napas dalam, kemudian keluarkan secara perlahan.

6. Menulis jurnal

Cara melakukan self healing berikutnya ialah dengan menulis jurnal. Cara ini efektif bagi Anda yang ingin menuangkan segala perasaan yang Anda alami. Tenang saja, Anda tak perlu memperhatikan bahasa, ejaan, maupun tanda baca, cukup tuliskan apapun di pikiran Anda.

Dengan menuliskan segala kekesalan dapat membantu Anda untuk melihat masalah dari sudut pandang yang lain dan secara tidak langsung memberikan keleluasaan bagi diri untuk berekspresi terhadap masalah emosinya.

7. Mindfulness

Self healing adalah proses yang dapat dilakukan dengan banyak cara sederhana, salah satunya mindfulness. Mindfulness adalah berpikir dengan kesadaran penuh, mengelola pikiran, perasaan dan lingkungan untuk menghubungkan titik-titik yang ada didalam pikiran.

Mindfulness bisa membantu mengelola pikiran, perasaan, serta lingkungan di dalam pikiran Anda. Caranya mudah, Anda dapat menutup mata atau menghirup udara yang segar.

8. Olahraga

Cara lain untuk self healing adalah olahraga secara rutin. Pasalnya dengan olahraga akan membuat otot-otot jadi lebih rileks. Tak hanya itu, olahraga juga bisa memicu pelepasan hormon endorfin yang mampu memperbaiki suasana hati sehingga Anda merasa lebih bahagia.

Baca juga: 13 Manfaat Jalan Pagi untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

9. Melakukan hal-hal positif

Melakukan kegiatan positif juga termasuk cara self healing, lho! Sebagai contoh Anda memiliki hobi bersepeda, memancing, berkebun, bermain musik, olahraga, atau fotografi. Lakukan kegiatan positif tersebut sesuka hati agar Anda lebih bahagia dan cepat sembuh dari luka masa lalu.

10. Liburan

Siapa sih yang tak suka berlibur? Yup! Nyatanya tidak sedikit orang memilih liburan sebagai cara melakukan self healing. Selain menyenangkan, kegiatan satu ini juga bisa membantu menenangkan pikiran dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Anda dapat memilih liburan sendiri atau bersama teman maupun keluarga.

Nah, itu tadi beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan apabila sudah merasa lelah atau stres karena pekerjaan maupun masalah lain. Pada dasarnya self healing adalah cara terbaik guna memulihkan diri saat kondisi fisik dan mental sedang down. Oleh karena itu, jangan ragu meluangkan waktu untuk diri sendiri, ya.

Di samping itu, agar tubuh tetap fit dan sehat saat beraktivitas maupun self healing, Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum #AQUADULU setidaknya delapan gelas per hari atau setara dengan dua liter air. Yuk terapkan sekarang juga!

Referensi:

1. Self-Healing: Definition & Tips for Healing Yourself - Buka

Artikel Terkait

Tidak ada artikel.

Pesan AQUA, kami antar. Belanja sekarang!

Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut .