Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

3 Sumber Makanan Diet Sehat dan Alami Untuk Imunitas Tubuh

Kebaikan AirHidup Sehat | 01 September 2021
3 Sumber Makanan Diet Sehat dan Alami Untuk Imunitas Tubuh

Kesehatan tubuh Anda merupakan hal yang utama untuk Anda perhatikan, apalagi di tengah pandemi COVID-19. Untuk menghindari terpaparnya virus ini, salah satu cara yang dilakukan adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini bisa didapatkan dengan beberapa cara seperti konsumsi makanan sehat alami yang dan melakukan diet yang sehat dan tidak berpotensi menurunkan imunitas tubuh.

Diet memang menjadi perhatian apalagi di tengah pandemi. Hal ini disebabkan oleh berkurangnya aktivitas sebagian orang karena anjuran untuk stay at home. Namun, apakah melakukan diet di masa pandemi ini aman? Nyatanya, ada tips dan cara khusus dalam menerapkan pola diet yang aman bagi tubuh [1].

Pentingnya Imunitas Tubuh

Kebutuhan tubuh di tengah pandemi memang harus lebih diperhatikan. Terlebih lagi, kebutuhan badan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi menghadapi berbagai macam penyakit serta virus. Ada berbagai nutrisi dari makanan yang sangat penting serta memiliki fungsi guna menunjang sistem imunitas tubuh [1].

Sistem imunitas atau daya tahan tubuh sejatinya punya andil yang sangat besar dalam melindungi tubuh dari bakteri, virus, atau jamur penyebab penyakit. Apabila sistem imunitas tubuh lemah, maka tubuh tidak akan mampu melawan berbagai mikroorganisme penyebab penyakit [2].

Bahkan proses pembentukan kekebalan tubuh pasca vaksinasi kadang bisa menimbulkan beberapa efek samping, seperti nyeri di sekitar lokasi suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, demam, dan mual.

Maka dari itu penting menjaga imunitas tubuh meski sudah menggunakan vaksin hingga 2 dosis. Ada juga beberapa kandungan gizi yang kian penting agar tetap sukses melakukan diet dan juga alami.

3 Kandungan Makanan Bergizi yang Sehat dan Alami

1. Kalsium

Kebutuhan kalsium memang sangat penting, bahkan mineral satu ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan gigi Anda, mengatur kontraksi otot dan masih banyak lagi.

Namun saat diet memang tubuh beresiko kekurangan kandungan kalsium. Produk kaya kalsium, namun rendah lemak dapat membantu mengurangi lemak tubuh, meskipun masih belum dinilai efektif mengurangi berat badan. 

Sebenarnya sumber makanan dan minuman yang mengandung kalsium termasuk banyak seperti susu dan keju, atau dari yogurt. Bahkan kalsium juga dapat ditemukan di sayuran berdaun hijau seperti brokoli, tahu, kacang kedelai, dan ikan sarden [2].

2. Serat

Kandungan gizi dari makanan yang lebih banyak serat diklaim mampu menurunkan berat badan secara sehat dan alami. Hingga sekarang dipercaya bahwa mereka yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki berat badan yang sehat. 

Selain itu juga diyakini bahwa makan lebih banyak serat tanpa mengubah banyak komponen mampu menurunkan berat badan hampir sebanyak yang dihasilkan oleh diet rendah lemak ramah jantung. Metode ini merupakan salah satu cara diet yang direkomendasikan oleh American Heart Association [2].

Makanan tinggi serat juga cenderung lebih mengenyangkan daripada makanan rendah serat. Dengan begini, metode diet Anda akan lebih efektif karena kenyang lebih lama dan cenderung makan lebih sedikit. Selain itu, makanan tinggi serat cenderung rendah kalori yang berarti Anda tidak perlu takut menjadi gemuk dengan mengonsumsi makanan kaya serat [2].

Beberapa makanan yang kaya akan serat adalah jagung, alpukat, kacang-kacangan, gandum, brokoli, tomat, hingga beras merah [3].

3. Protein

Protein juga merupakan gizi penting untuk imunitas tubuh. Makanan tinggi protein ternyata dapat membantu mengendalikan berat badan Anda. Dilansir dari studi di Harvard, makan satu porsi yang kaya protein seperti kacang polong, atau buncis bisa membuat kenyang.

Namun ada baiknya cermat memilih makanan yang mengandung protein. Jangan terlalu banyak atau sering makan daging merah atau daging olahan karena berpotensi menaikkan berat badan Anda dalam program diet [3]. 

Justru lebih dianjurkan agar mengonsumsi protein dari kacang-kacangan, biji-bijian, telur, susu rendah lemak, kedelai, makanan laut, dan daging tanpa lemak.

Tentunya selain mengonsumsi makanan yang baik juga perlu diimbangi dengan konsumsi air minum yang teratur. Memilih air yang sehat dan kaya akan mineral juga dapat membantu menyukseskan program diet sehat dan alami [3].

Untuk air minum berkualitas selalu pilihlah AQUA, karena kesegarannya tetap terjaga, setiap tetes kemurniannya melalui lebih dari 400 cek kualitas, dan dikemas langsung dari sumbernya. AQUA juga terpercaya lebih dari 48 tahun menghadirkan kesehatan dari tiap tetes air mineral gunung vulkanis.

AQUA juga memiliki Tiga Perlindungan, yaitu; melindungi ekosistem sumber airnya, menjaga kealamian mineralnya, serta diproses secara saksama untuk menjaga keasliannya sampai ke tangan Anda.

Mulai rencana diet Anda dengan AQUA! Pilihan air mineral terbaik untuk tunjang program ideal diet sehat dan alami!

Referensi:

1. https://hellosehat.com/nutrisi/diet/cara-diet-sehat/
2. https://www.alodokter.com/jangan-lupakan-3-nutrisi-ini-ketika-diet
3. https://www.halodoc.com/artikel/6-makanan-berserat-terbaik-untuk-kesehatan
4. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/