Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Syarat Penting Air Minum yang Baik dan Aman

Syarat Penting Air Minum yang Baik dan Aman

Air minum merupakan salah satu bagian penting dari kehidupan kita. Mengonsumsi air setiap hari memang perlu untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, Anda juga harus memerhatikan kandungan yang ada di dalam air yang diminum. Faktanya tidak semua sumber air minum bisa dikonsumsi dan baik untuk tubuh.

Memilih air minum yang aman dan baik merupakan salah satu faktor yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan. Karena tidak hanya untuk minum, air mineral juga dipakai untuk kebutuhan lain, seperti untuk memasak. Sehingga, air dengan kondisi yang baik dan bersih sangat penting untuk tersedia di publik.

WHO mengatakan bahwa air untuk kebutuhan publik merupakan salah satu indikator penting hidup layak. Dan menurut sidang umum PBB pada tahun 2010, air bersih merupakan salah satu hak asasi manusia yang wajib terpenuhi.
Tentu saja air minum yang baik dan aman memiliki ciri-ciri yang berbeda, tergantung dari sumber air dan proses pengolahannya. Maka, penting untuk memahami syarat air minum yang baik dan aman dikonsumsi.

 

Dampak Buruk Konsumsi Air Kotor

Air minum yang bersih memang penting dan tentunya bila bersih maka sangat aman untuk kesehatan tubuh. Sebaliknya, dampak buruk dari konsumsi air kotor bisa memberikan efek yang sangat buruk bagi tubuh.

Penyakit yang akan menyerang berpusat pada sistem pencernaan karena bakteri yang terkandung pada air minum tidak layak konsumsi sangat beresiko. Penyakit seperti kolera, disentri, diare, hepatitis A, hingga keracunan timbal bisa berdampak langsung.

Memilih air minum yang bersih kian menjadi prioritas, apalagi penyakit di sistem pencernaan membutuhkan proses yang cukup lama. Selain itu proses penyerapan nutrisi, vitamin, dan gizi ke tubuh akan terganggu. Gejala awal dari konsumsi air yang tidak bersih adalah diare dan mual. Lalu efek berikutnya akan memberikan demam tinggi dan bila masih berlanjut sangat dibutuhkan penanganan khusus di rumah sakit terdekat. Kita hendaknya mulai waspada apabila gejala tersebut muncul.

 

Tidak Hanya Jernih, Ini Syarat Penting Air Minum

Memang kesehatan tubuh kian penting apalagi dengan asupan air minum yang dibutuhkan tubuh. Setidaknya manusia dewasa membutuhkan air minum sekitar 2 liter atau 8 gelas per hari.

Hal ini diperlukan mengingat tubuh manusia didominasi dengan air, begitu juga kebutuhan tubuh akan kualitas air yang baik. Namun air yang bersih nyatanya tidak hanya jernih, masih banyak syarat yang perlu dipahami untuk menentukan air minum yang baik dan aman.

  1. Tidak Berwarna
    Air minum yang ideal seharusnya jernih, tidak memiliki bau, maupun memiliki rasa. Air yang sudah tercemar tentu akan terlihat kotor dan keruh, namun warna bisa menjadi indikasi berat akan kualitas sebuah air minum.
    Contohnya, air berwarna kuning, jingga, hingga cokelat memiliki indikasi bahwa terdapat zat-zat berbahaya di dalamnya. Warna kuning sendiri bisa mengindikasikan kehadiran chromium-6 yaitu zat kimia penyebab kanker.
    Warna keruh lain seperti jingga atau cokelat bisa menandakan bahwa terdapat kandungan logam atau karat di air tersebut.
  2. Tidak Ada Rasa
    Air minum yang baik seharusnya tidak memiliki rasa, namun kontaminasi zat-zat asing bisa menjadi salah satu alasan mengapa air minum memiliki rasa dan cenderung tidak enak. Kandungan logam bisa menjadi salah satu alasan mengingat proses penyaluran air dari pipa maupun besi. Cek selalu apakah ada rasa yang tidak biasa dalam konsumsi air mineral anda.
  3. Tidak Berbau
    Selain rasa dan warna, bau juga bisa menjadi salah satu indikator penting untuk mengetahui apakah air minum layak dikonsumsi atau sebaliknya, memberikan efek negatif kepada tubuh. Bau sendiri bisa mengindikasikan beberapa hal seperti kandungan gas hidrogen sulfida bila air memiliki bau seperti telur busuk.
    Ada juga kandungan barium yaitu zat kimia yang membuat air memiliki bau amis. Kandungan gas ini juga bersifat sulfat dan berpotensi menimbulkan penyakit seperti dehidrasi atau diare.
  4. Bebas Bakteri
    Agar air layak dikonsumsi, maka sudah sepatutnya tidak mengandung bakteri penyebab penyakit di saluran pencernaan seperti bakteri golongan E. coli, Salmonella typhi dan Vibrio cholera.
    Untuk memenuhi ketiga kriteria tersebut, dibutuhkan proses pengolahan air yang layak untuk diminum dengan menyesuaikan beberapa prosedur. Dengan demikian, air yang dihasilkan sehat dan layak untuk dikonsumsi.

 

Sumber Air Minum Terbaik

Air merupakan komponen utama penyusun tubuh. Asupan air dalam jumlah yang cukup amat diperlukan untuk berfungsi dengan baik. Riset yang dilakukan European Food Safety Authority menyebutkan bahwa air berkontribusi menjaga fungsi fisik, kognitif, hingga temperatur tubuh tetap normal.

Maka dari itu dibutuhkan sumber air minum yang baik untuk tubuh. Air pegunungan kerap menjadi salah satu sumber utama dalam mengonsumsi air yang baik. Alasannya karena air pegunungan terlebih dahulu melalui proses penyaringan yang panjang sebelum layak diminum. Selain itu air pegunungan berasal dari sumber air di area yang masih alami. Lingkungannya masih asri dan terjaga sehingga air terbebas dari kontaminasi. Tentu ini sangat menentukan kualitas air. Dengan demikian zat polutan dan bakteri yang merugikan tubuh dipastikan tidak ada.

AQUA secara konsisten menghasilkan air minum dari pegunungan dengan kualitas terbaik hingga sampai ke tangan konsumen. Ada 9 kriteria dan 5 tahapan seleksi yang melibatkan para ahli geologi dan geohidrologi untuk memilih mata air, dan selanjutnya melakukan tahapan uji klinis. Setidaknya butuh 1 tahun penelitian untuk menjalankan semua proses tersebut.

AQUA juga melakukan tiga perlindungan. Pertama, AQUA melindungi keseimbangan ekosistem di sekitar sumber air, sehingga kualitas dan keberlangsungan air terjaga. Kedua, AQUA melindungi kealamian mineral yang terkandung di air, dengan mineral alami dari pegunungan vulkanik. Ketiga, AQUA melakukan proses pengemasan dengan seksama tanpa sentuhan tangan manusia, sehingga kebersihan produk tidak perlu diragukan lagi.

Oleh karena itu, pilihlah AQUA untuk memenuhi hidrasi anda dan keluarga, air minum kemasan yang sudah terjamin kualitasnya, dengan sumber yang terlindungi, untuk menjaga kemurnian mineralnya serta, diproses dengan ketat untuk memberikan air minum terbaik untuk keluarga Anda.

 

Referensi:
1. http://www.pdamtirtabenteng.co.id/berita/ini-dia-7-dampak-buruk-bagi-kesehatan-akibat-pencemaran-air
2. https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3635841/ciri-ciri-air-minum-yang-tercemar-dan-bahayanya-untuk-tubuh
3. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/drinking-water
4. https://www.sehataqua.co.id/ini-syarat-syarat-air-bersih-yang-perlu-anda-perhatikan/
5. https://www.sehataqua.co.id/inilah-keunggulan-air-minum-dari-sumber-air-pegunungan/
6. Air Untuk Kesehata, Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017