Website ini menggunakan cookie untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik. Pelajari lebih lanjut.

Teliti Memilih Sumber Air Minum Agar Terhindar Dari Penyakit

Kebaikan AirHidup Sehat | 08 September 2021
Teliti Memilih Sumber Air Minum Agar Terhindar Dari Penyakit

Kesehatan tubuh menjadi hal terpenting di tengah pandemi yang sedang terjadi saat ini. Padatnya aktivitas di dalam ruang gerak yang terbatas membuat orang mencari segala cara agar tetap produktif dan memastikan kesehatan tubuh tetap terjaga. Hal paling sederhana namun sangat penting adalah memastikan tubuh kita terhidrasi dengan baik.

Kita mungkin sudah tahu bahwa air putih memberi banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu yang terpenting adalah menjaga agar tubuh tidak terkena dehidrasi yang tentunya dapat mengganggu kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat air putih bagi kesehatan tubuh:

  • Mencegah dehidrasi
    Dehidrasi atau kekurangan cairan umumnya terjadi dikarenakan asupan cairan pada tubuh manusia berkurang. Mungkin terlihat bukan sebuah masalah besar, akan tetapi jika dibiarkan saja dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal [2].

  • Menurunkan berat badan
    Berbeda dengan minuman dengan pemanis buatan, air putih justru dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga memudahkan tubuh dalam membakar lemak serta memperlancar pencernaan [2].

  • Memelihara kesehatan kulit
    Pastinya bagi wanita berkurangnya elastisitas kulit merupakan sebuah mimpi buruk. Agar hal tersebut tidak terjadi, manfaat minum air putih yang satu ini merupakan solusinya. Umumnya kulit menjadi kering karena kurangnya cairan tubuh untuk itu agar kulit tetap terhidrasi serta menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit rutinlah mengonsumsi air putih [2].

  • Menjaga kesehatan pencernaan
    Jika Anda sering terserang sembelit, bisa jadi merupakan tanda tubuh kekurangan cairan. Untuk itu rutinlah mengonsumsi air putih [2].

Dalam menunjang kesehatan tubuh, dibutuhkan sekitar 2 liter perhari atau setara dengan 8 gelas air putih [5] yang membantu menjaga kesehatan organ dalam tubuh, mengatur suhu tubuh, hingga mendistribusikan zat-zat gizi ke berbagai bagian tubuh.

Tanpa kita sadar, air yang kita minum sehari-hari bisa jadi mengandung makhluk mikroskopis yang tak dapat dilihat oleh mata manusia secara langsung. Mikrobiota yang terdapat dalam air minum belum tentu berbahaya bagi manusia, jika sumber air nya tidak tercemar. Namun, bisa juga terdapat mikrobiota yang berbahaya bagi kesehatan kita, yang dikelompokkan sebagai mikrobiota pembawa penyakit yang ditularkan melalui air minum. Yuk kita pelajari lebih dalam!

Mengutip Panduan Air Minum yang dikeluarkan oleh WHO, terdapat beberapa jenis bakteri, virus, dan protozoa yang dikelompokkan sebagai mikrobiota yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia, atau disebut patogen. Terdapat 11 spesies bakteri yang perlu diwaspadai, seperti bakteri E.coli, S.dysenteriae, V.cholerae, yang dapat menyebabkan penyakit seperti diare, disentri, hingga kolera. Sementara disebutkan bahwa terdapat 6 kelompok virus yang dapat menyebar lewat air minum, contohnya Hesperiidae yang menyebabkan penularan penyakit Hepatitis E dan Rotavirus (Rotavirus) penyebab gangguan & infeksi pencernaan. Juga terdapat 6 jenis protozoa yang juga merupakan patogen di dalam air minum, contohnya Entamoeba histolytica yang merupakan parasit pada saluran pencernaan yang dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan seperti diare, kram, hingga melukai dinding saluran pencernaan, yang dapat berdampak lebih serius untuk kesehatan. Selain itu, juga terdapat 1 jenis cacing yang termasuk dalam patogen, yaitu cacing Guinea (D.medinensis). Larva cacing ini dapat masuk ke dalam tubuh manusia lewat rantai makanan dan air minum, kemudian berkembang biak di dalam tubuh manusia [4]

Yuk pilih air minum yang sudah terjamin aman, diambil dari sumber terlindungi, diproses dan dikemas dengan teliti, seperti AQUA yang punya 3 perlindungan, yaitu:

  • AQUA melakukan serangkaian upaya untuk melindungi kealamian ekosistem di sekitar sumber airnya. Seperti, menanam lebih dari 2,5 juta pohon dan melestarikan 1.500 jenis flora dan fauna.
  • Mineral AQUA terbentuk secara alami di sumber airnya yang terlindungi, dan senantiasa terjaga hingga sampai ke tangan Anda.
    AQUA juga diproses dengan sistem terintegrasi menyeluruh, tanpa
  • tersentuh tangan dengan 400 cek kualitas.
    Jadi, jangan ragu lagi!

Pilih AQUA yang dukung hidrasi sehatmu dan keluarga.

 

Sumber:

http://research.eng.ui.ac.id/news/read/47/sumber-air-baku-untuk-air-minum
https://www.alodokter.com/jangan-remehkan-manfaat-air-putih
https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-minum-air-putih/
Guidelines for Drinking Water Quality. 2017. World Health Organization
Air Bagi Kesehatan, Santoso B., Hardinsyah, Siregar P, Pardede S. 2017