Tips Memilih Air Kemasan yang Baik

Kebaikan AirHidup Sehat | 17 Maret 2021
Tips Memilih Air Kemasan yang Baik

Di tengah banyaknya sumber air minum, air kemasan menjadi salah satu yang paling banyak dipilih karena praktisnya. Air menjadi salah satu komponen penting dalam tubuh yang diperlukan untuk menjalankan fungsinya secara maksimal. Untuk itu penting bagi kita memperhatikan kualitas dari air kemasan tersebut.

Sebelum kita mengetahuinya, penting untuk mengetahui juga 4 ciri air minum yang sudah tercemar [1]:

1. Warna air tidak bening

Pada umumnya air yang bagus itu tidak berwarna, jernih dan bening. Bila Anda menemukan air yang berwarna kecoklatan bisa saja berasal dari karet di pipa air.

2. Air Berbau

Air akan dikatakan beracun dan sangat berbahaya jika dikonsumsi apabila air tersebut berbau menyengat.

3. Air Memiliki Rasa

Air yang layak untuk minum adalah yang pH-nya netral, yaitu sekitar 7. Apabila Anda merasakan air seperti logam kemungkinan memiliki pH yang rendah.

4. Terdapat Endapan

Jadi, apabila Anda memiliki air minum yang ada endapannya, bisa jadi bisa saja merupakan bahan kimia beracun.

Lalu bagaimana cara memilih air kemasan yang aman dan sehat. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan [2]:

  • Perhatikan informasi terkait sumber airnya
    Air minum kemasan terbagi menjadi beberapa jenis yaitu gelas, botol dan galon. Air mineral yang berkualitas berasal dari sumber air bawah tanah atau mata air pegunungan.

    Selain itu, proses pengolahan dalam produksi air mineral juga perlu untuk Anda perhatikan. Agar kandungan mineralnya tetap terjaga dan tidak terkontaminasi oleh kuman maupun bahan kimia berbahaya.

  • Sesuai standar yang ditentukan pemerintah
    Anda harus pastikan apakah produk air minum kemasan yang Anda pilih memiliki logo SNI (Standar Nasional Indonesia). Tidak hanya itu, produk air minum kemasan juga harus mendapat izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

  • Perhatikan kondisi kemasannya
    Kemasan yang rusak berarti menandakan produk tersebut sering terpapar suhu panas dalam jangka waktu lama atau bahkan terpapar zat kimia berbahaya, sehingga sudah dipastikan kualitas air dan keamanannya tidak lagi terjamin.

  • Perhatikan warna, rasa, dan bau airnya
    Seperti yang telah dijelaskan di ciri-ciri air minum yang sudah tercemar diatas. Air yang aman dikonsumsi adalah air yang tidak berwarna atau terlihat jernih, tidak berbau dan tidak memiliki rasa. Karena hal tersebut bisa berbahaya bagi kesehatan dan menimbulkan penyakit.

  • Cek masa kedaluwarsa
    Tanggal kadaluarsa dapat Anda temukan tertera pada kemasan. Air yang sudah terlalu lama dalam kemasan mungkin saja sudah menurun kualitasnya dan tidak layak untuk dikonsumsi.

Itulah cara terbaik untuk memilih air minum kemasan yang layak untuk dikonsumsi. Hal tersebut tentunya memiliki tujuan yaitu agar Anda tidak salah dalam memilih yang nantinya akan berdampak pada kesehatan Anda, karena air yang tercemar akan masuk kedalam tubuh kita nantinya.

Dalam memilih air kemasan yang terpercaya, pilihlah AQUA yang telah lebih dari 17 mata air Lebih dari 17 mata air pegunungan di Indonesia dari Sabang sampai Merauke telah melalui uji klinis dan penelitian oleh para ahli hidrogeologi dan geologi. AQUA menerapkan 3 perlindungan pada proses produksinya; dari saat pengambilan air, AQUA melindungi ekosistem di sekitar sumber air serta melindungi kealamian mineral yang terkandung di dalam air, hingga saat dikemas AQUA melakukan proses seksama dan melakukan pengemasan khusus dan terlindung agar sampai ke tangan konsumen dengan aman.

AQUA tetap terpercaya memenuhi kebutuhan air mineral berkualitas hingga lebih dari 48 tahun, hal ini menjadi bukti bahwa AQUA adalah pilihan terbaik untuk konsumsi air mineral masyarakat Indonesia [3].

Sudahkah Anda minum AQUA hari ini?

 

Sumber:

 

Pesan sekarang